Amazing Race 1 (Perancis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Amazing Race 1
Amazing Race France logo.jpg
Pertama tayang 22 Oktober 2012 (2012-10-22)
24 Desember 2012 (2012-12-24)
Tanggal pengambilan film 30 Juni 2012 (2012-06-30)
– 23 Juli 2012 (2012-07-23)
Jumlah episode 10
Pemenang Anthony Martinage & Sonja Sacha
Benua yang dikunjungi 5
Negara yang dikunjungi 7
Kota yang dikunjungi 18
Jarak perjalanan 50.000 kilometer
(31.069 mil)
Jumlah leg perlombaan 10

Musim pertama Amazing Race adalah versi Perancis dari acara realitas Amerika Serikat, The Amazing Race, menghadirkan sembilan tim beranggotakan dua orang dengan hubungan yang sudah ada, dalam balapan keliling dunia untuk memenangkan €50,000.

Alexandre Delpérier adalah pembawa acara ini.

D8 memulai menayangkan acara ini pada Senin, 22 Oktober 2012, dan D17 pada tanggal 23 Oktober 2012, keduanya pada pukul 20:50 CEST (UST+2).[1]

Episode terakhir ditayangkan pada tanggal 24 Desember 2012, dengan teman jejaring sosial Anthony Martinage & Sonja Sacha keluar sebagai pemenang.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Garis awal edisi pertama Amazing Race Perancis terletak di Rond-point de la Balustrade di Parc de Saint-Cloud, Paris.

Pengambilan gambar dimulai pada 30 Juni 2012 di Paris. Selama balapan, para tim mengunjungi 7 negara selama 24 hari, dengan rentang 50.000 km (31.000 mil) melewati lima benua, selesai pada tanggal 23 Juli 2012 di Stade de France.[2][3] Musim ini, mereka mengunjungi Uni Emirat Arab, Thailand, Jepang, Amerika Serikat (membuat versi ini adalah versi luar pertama yang mengunjungi negara ini), Brazil, dan Afrika Selatan. Sebagai ringkasannya, mereka mengunjungi jalanan di Bangkok, bersafari di Afrika, bertamasya ke Air Terjun Iguazu dan pantai di Rio de Janeiro. Para tim juga mengunjungi Tokyo, Dubai, Los Angeles, Hawaii, dan Cape Town.

Seperti versi Amerika, konten acara ini lebih naratif dan informatif, dengan balapan berhenti sekian kali sepanjang episode untuk menyediakan penonton dengan informasi tentang kebudayaan dan kehidupan di tempat yang sedang dikunjungi.[4] Yang membedakan dengan versi tersebut ialah, para tim diberikan petunjuk selanjutnya setelah mereka sampai di Pemberhentian babak sebelumnya. Kadang, para tim sering diberitahu tujuan selanjutnya di Pemberhentian sebelum membuka petunjuk tersebut. Biasanya, para tim ini memulai babak bukan dari Pemberhentian, tetapi langsung dilepas di bandara atau memulai babak dari hotel tempat mereka menginap saat Pemberhentian.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Pendaftaran dimulai pada 16 April 2012 dan ditutup pada tanggal 29 Mei 2012.[5] Pada 27 September 2012, para tim diumumkan di Téle–Loisirs.fr.[6]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Amazing Race tayang perdana di D8 pada 22 Oktober 2012 dan ditayangkan setiap Senin pukul 20:30, dengan tiga kali siaran ulang setiap akhir pekan: dua kali pada hari Sabtu pukul 13:45 dan 22:45, sekali pada hari Minggu pukul 17:35.[7] Siaran ulang itu kemudian dibatalkan karena rating yang rendah.[8] D17 juga menyediakan siaran ulang setiap Selasa mulai tanggal 23 Oktober 2012 pukul 20:50.

Pada hari Jumat sebelum penayangan perdana, D8 mengunggah satu jam pertama dari episode perdana melalui Dailymotion.[9]

Hasil[sunting | sunting sumber]

Tim-tim berikut berpartisipasi dalam balapan, dengan hubungan mereka pada saat pengambilan gambar. Perlu dicatat bahwa tabel ini tidak selalu reflektif untuk semua konten yang ditayangkan karena masuk dan keluarnya beberapa data. Hasil-hasil akan disampaikan sebagai berikut:

Tim Hubungan Peringkat (berdasarkan babak) Penghadang
1 2 3 4 5 6 7 83 9 10
Anthony & Sonja Teman Jejaring Sosial 2 52 7 2 1 2 3 4 2 1 Anthony 3, Sonja 2
Hadj & Yacim Teman Masa Kecil 3 3 6 6 4 5 1 3 1 2 Hadj 3, Yacim 2
Stéphanie & Alice Peselancar 5 2 4 3 5 3 4 1 3 3 Stéphanie 3, Alice 2
Heïdi & Michel Pesepeda 1 62 3 1 3 4 2 2 4 Heïdi 1, Michel 4
Francis & Benjamin Ayah dan Anak 7 4 2 5 2 1 5 Francis 1, Benjamin 4
Oucéni & Lassana Saudara Kembar 81 1 1 4 6 Oucéni 1, Lassana 4
Mathilde & Séverine Dari Paris 4 7 5 7 Mathilde 2, Séverine 2
Fabien & Aurélien Perwira Polisi 6 8 Fabien 1, Aurélien 1
Antoine & Héléna Pasangan dari Belgia 9 Antoine 1, Héléna 0
  • Tanda merah pada penempatan tim menujnjukan tim itu dieliminasi.
  • hijau ƒ menunjukkan bahwa tim tersebut memenangkan Percepatan.
  • Tanda garis bawah biru pada penempatan tim menunjukkan bahwa tim tersebut tiba terakhir pada babak non-eliminasi.
  • cokelat ⊃ atau cyan ⋑ menunjukkan bahwa tim tersebut memilih untuk menggunakan Pemutarbalikan; menunjukkan tim yang menerima Pemutarbalikan tersebut.
  1. ^ Oucéni dan Lassana kehilangan kuncinya untuk tugas di Pont des Arts. Mereka mendapatkan kunci baru, tetapi terkena penalti 20 menit setelah mendarat di Dubai.
  2. ^a b  Anthony & Sonja dan Heîdi & Michel awalnya berperingkat ke-5 dan ke-6, tetapi mereka terkena penalti 5 menit karena menaiki taksi ke Wat Arun daripada menaiki feri. Ini tidak mempengaruhi peringkat mereka.
  3. ^ Babak 8 memiliki satu Memutar dan tidak ada Penghadang.

Ringkasan balapan[sunting | sunting sumber]

Peta rute lengkap untuk musim pertama Amazing Race Perancis.
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan Udara   Legenda kolej.svg Kereta Api   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan Bus
Penanda Rute Detour.png Cross Road (Memutar)   RBlock.png Road Block (Penghadang)   U-turn.png Demi-tour (Pemutarbalikan)   TAR-pitstop-icon.png ligne d'arrivée (Pemberhentian)

Babak 1 (Perancis → Uni Emirat Arab)[sunting | sunting sumber]

Babak pertama balapan ini bertempat di Dubai. Di sini, tampak dari salah satu dek observasi tertinggi di dunia terletak di Burj Khalifa, dimana tim harus menemukan petunjuk mereka.

Tanggal tayang: 22 Oktober 2012

Memutar kali ini harus memilih antara Perles (Mutiara) atau Chameaux (Unta). Di Perles, para tim harus menemukan dan menghitung, dengan bantuan saringan, angka yang tepat untuk jumlah mutiara di sebuah tembikar yang berisi dengan pasir. Jika angka yang diberikan ke penjaga mutiara tersebut benar, ditandai dengan dibawanya semua mutiara yang ada di botol, para tim mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Chameaux, dengan bantuan unta, para tim harus mengambil dua kantung jerami dan mengirimkannya kepada penjaga unta. Ketika satu anggota menaiki untanya, satu anggota lainnya harus memandu unta tersebut sepanjang jalan. Semua anggota tim harus membawa jerami tersebut di atas untanya. Ketika jerami tersebut sudah dibawa kembali, para tim mendapatkan petunjuk selanjutnya dari penjaga unta. Pada Penghadang, para tim harus berkunjung ke lapangan terbang terdekat untuk mendaftar satu dari tiga penerbangan. Anggota tim yang ditunjuk harus naik pesawat tersebut dan terjun 4.000 m (13,000 kaki) secara bersamaan. Jika mereka lompat dalam waktu 10 menit, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya dari instruktur setelah mendarat. Jika tidak, maka mereka harus menunggu penalti 4 jam.

Tugas Tambahan
  • Di Ponts des Arts, para tim harus mencari dari ribuan kunci untuk satu dari ratusan gembok bertandakan bendera Amazing Race yang kuncinya diberikan kepada mereka di amplop petunjuk. Jika mereka menemukan kunci yang tepat, para tim menukarnya dengan petunjuk selanjutnya dari pasangan-pasangan muda.
  • Di Ski Dubai, para tim harus membawa salju dengan bantuan pelampung dan sekop dan membawanya keluar, ketika suhu mencapai 50 °C (122 °F). Kemudian, mereka harus membuat boneka salju setinggi 1m40 sebelum saljunya meleleh, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
Catatan Tambahan
  • Para tim harus berjalan ke biro perjalanan yang terletak di 1, Rue des Mauvais-Garçons untuk memesan satu dari dua penerbangan ke Dubai.
  • Setelah sampai di Dubai, para tim harus menemukan supir taksi tertentu dengan foto mereka di salah satu lapangan parkir bandar udara, yang akan mengantarkan mereka ke gurun.
  • Tiga tim terakhir tidak diberitahu peringkatnya setelah sampai di Pemberhentian. Mereka diberitahu bersama peringkat mereka setelah tim lain sampai setelah gelap.

Babak 2 (Uni Emirat Arab → Thailand)[sunting | sunting sumber]

Di Bangkok, para tim harus menaiki feri menuju Wat Arun dimana nantinya mereka akan menemui Penghadang.

Tanggal tayang: 29 Oktober 2012

Pilihan Memutar kali ini adalah Degustation (Rasa) atau Provisions (Perbekalan). Di Degustation, para tim harus berbagi dan memakan dua mangkuk kuliner Thailand: yang pertama berisi dua kalajengking, dan yang kedua berisi tiga kecoa. Setelah mereka memakan semua serangga yang berada di piring mereka, mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya dari seorang juru masak. Di Provisions, para tim diberikan daftar belanja dalam bahasa Thai dan membelinya dengan uang mereka sendiri, kesepuluh bahan yang tercantum di daftar tersebut. Setelah mereka membawa kembali makanannya, mereka dapat menukarnya dengan petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh seorang perempuan tua. Pada Penghadang, seorang anggota tim harus menaiki tangga Wat Arun sampai ke lantai tertinggi untuk menghitung berapa jumlah patung yang ada di sana. Setelah mereka memberikan jawaban yang benar (100), mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya, diberikan oleh seorang penari Thailand. Jika tidak, maka mereka harus menaiki tangga itu lagi dan menghitung kembali berapa jumlah patung tersebut sebelum kembali memberikan jawaban yang benar.

Tugas Tambahan
  • Di Davis Bangkok Hotel, para tim harus mendaftar di salah satu dari dua jadwal keberangkatan untuk keesokan harinya, 07:30 dan 08:00.
  • Di Wat Pho, para tim harus menemukan seorang siswa muda dekat Phra Chedi Moo Ha. Mereka harus berpikir bahwa ada empat Chedi di sana, dan siswa tersebut berdiri di sebelah salah satunya.
  • Di Elephant Stay Reserve, para tim harus mengendarai gajah turun ke sungai, dimana mereka harus menghapus tanda tradisional yang dilukis di badannya, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 3 (Thailand → Jepang)[sunting | sunting sumber]

Di Perempatan Shibuya, Tokyo para tim harus mencari petunjuk selanjutnya di layar besar tengah kanan yang terletak di bangunan tersebut.

Tanggal tayang: 5 November 2012

Pada Penghadang kali ini, seorang anggota tim harus mengambil petunjuknya dari seorang pesumo ketika bergulat melawannya. Jika seorang anggota tim berdiri di luar lingkaran merah atau jatuh ke tanah sebelum mengambil petunjuknya, maka ia harus menunggu selama 5 menit atau lebih jika ada tim lain yang datang, untuk memulai kembali gulatnya. Pilihan Memutar kali ini antara Nouilles (Mie) atau Poissons (Ikan). Di Nouilles, para tim harus mengantar enam mangkuk mie kepada para pengunjung restoran, yang terletak 150 meter dari garis awal, ketika memakai pakaian tradisional dan sepasang geta untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Ketika diantar, sup yang ada di mangkuk tersebut harus mencapai garis merah, karena kalau tidak, mereka akan mengulang semuanya. Di Poissons, para tim harus menangkap lima belas ikan emas dengan bantuan kertas nasi sebagai tempat mendarat untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas Tambahan
  • Di Perempatan Shibuya, para tim harus menemukan logo Amazing Race pada salah satu dari layar yang ada, yang kemudian menunjukkan mereka sebuah kata kunci yang tertulis dalam bahasa Jepang, ditampilkan 10 detik setiap 2 menit. Para tim harus berpikir bahwa tulisan tersebut berarti Hachikō dan mereka diarahkan ke Patung Hachikō. Seorang pemuda Tokyo yang berada di sebelah patung tersebut akan memberikan petunjuk selanjutnya jika para tim menemukan kata Hachikō.
  • Di Capsule Land Hotel, para tim harus mendaftarkan di salah satu dari berbagai waktu keberangkatan berbeda untuk keesokan harinya, dimana mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya, dengan waktu pertama adalah 08:00 dan terakhir 09:00, masing-masing waktu keberangkatan hanya berbeda 10 menit.
  • Di Jembatan Jingu Bashi, para tim harus menemukan, dengan bantuan gambar karakter yang ada di amplop petunjuk, seseorang yang berdandan seperti Son Goku, protagonis utama dari Dragon Ball. Para tim harus memberikan hadiah berwarna merah muda untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 4 (Jepang → Amerika Serikat)[sunting | sunting sumber]

Untuk Penghadang di Hawaii, salah satu anggota tim harus naik USS Missouri dan menguraikan semaphore bendera.

Tanggal tayang: 12 November 2012

Pada Penghadang kali ini, salah satu anggota tim harus menguraikan petunjuk selanjutnya (Kawela Bay), yang akan dipresentasikan melalui penggunaan semaphore bendera. Para tim diberikan daftar posisi bendera yang mewakili setiap huruf, tetapi mereka harus menghafalkannya sebelum Perwira Angkatan Laut memberikan petunjuk selanjutnya. Di Memutar, para tim harus memilih antara Glace Pilée (Es Hancur) atau Pierre Cassée (Batu Rusak). Di Glace Pilée, para tim harus mengisi sebuah ember dengan es hancur menggunakan jungkat-jungkit tradisional pada sebuah balok es. Di Pierre Cassée, para tim harus mengeluarkan sebuah papan selancar keluar dari pelampung di air (dengan cara tradisional Hawaii, yaitu berdiri tegak lurus di atasnya), mengambil 2kg batu dari bawahnya, dan mengembalikannya ke pantai. Mereka kemudian menggunakan pahat untuk merusak batu tersebut dan mengambil petunjuk mereka selanjutnya dari dalam.

Tugas Tambahan
  • Di Kawela Bay, para tim harus mendaftar pada jadwal keberangkatan keesokan paginya. Empat tim pertama akan berangkat pukul 08:45, sedangkan tiga tim terakhir akan berangkat pukul 09:00. Selama beristirahat, para tim dapat menikmati pantai pribadi dan sebuah luau.

Babak 5 (Amerika Serikat)[sunting | sunting sumber]

Di Los Angeles, para tim harus menemukan pemain saksofon di Gedung Konser Walt Disney yang memainkan salah satu dari lagu-lagu yang diberikan kepada peserta melalui CD, "The Bare Necessities".

Tanggal tayang: 19 November 2012

Memutar kali ini merupakan pilihan antara Pic à Glace (Mengambil Es) atau Picasso. Pada Pic à Glace, para tim harus menjajakan es krim cone kepada warga lokal. Mereka harus mengumpulkan US$30 dan harus menjual setiap cone seharga kurang lebih US$2. Pada Picasso, para tim harus merayu warga lokal untuk melukiskan karikaturnya. Mereka harus menjualnya dan mengumpulkan US$30. Dalam Penghadang, satu anggota tim harus berhasil menampilkan pemadaman dalam mobil pada sebuah latar film.

Tugas Tambahan

Babak 6 (Amerika Serikat → Brasil)[sunting | sunting sumber]

Babak keenam balapan ini membuat para tim mengunjungi Air Terjun Iguaçu, di Parque Nacional do Iguaçu.

Tanggal tayang: 26 November 2012

  • Flight: Los Angeles (Bandar Udara Internasional Los Angeles) ke Foz do Iguaçu, Brasil Bendera Brasil (Bandar Udara Internasional Foz do Iguaçu)
  • Foz do Iguaçu (Taman Nasional Iguaçu – Kemah Hutan) (Istirahat Semalam)
  • Foz do Iguaçu (Taman Nasional Iguaçu – Mirante Garganta do Diabo) >Pemutaran (Connaissance atau Patience)<
  • Foz do Iguaçu (Taman Nasional Iguaçu – Tempat Parkir Sepeda)
  • Foz do Iguaçu (Taman Nasional Iguaçu – Iguaçu River)
  • Foz do Iguaçu (Taman Nasional Iguaçu – Cânion Iguaçu) >Halangan (Siapa ingin menikmati pemandangna tercantik dari Air Terjun Iguaçu?)<
  • Foz do Iguaçu (Taman Nasional Iguaçu – Puerto Macuco) >Pemberhentian (Leg 6)<

Pada Memutar kali ini, para tim harus memilih antara Connaissance (Pengetahuan) atau Patience (Kesabaran). Di Connaissance, para tim harus memilih banyak hal yang mewakili Brasil, Argentina, dan Paraguay, dan dengan tepat memilih lima hal tersebut dari setiap negara. Tetapi, sedikit catatan dari Panama dan sebuah peta dari Cile dimasukkan untuk membingungkan peserta. Di Patience, para tim harus melepaskan ikatan tali besar untuk membebaskan petunjuk mereka yang ada di dalam. Untuk Penghadang ini, satu anggota tim harus menuruni jurang Cânion Iguaçu sepanjang 55 m (180 kaki).

Tugas Tambahan
  • Sepanjang babak, ada bendera berwarna dipasang sebagai panduan para tim di Taman Nasional. Bendera oranye memandu mereka ke kemah, bendera merah memandu ke petunjuk Memutar, merah muda memandu ke Memutar (pilihan Pengetahuan), hijau memandu ke Memutar (pilihan Kesabaran), biru muda mengarahkan mereka ke akhir tempat parkir sepeda, dan kuning memandu mereka ke petunjuk Penghadang.

Babak 7 (Brasil)[sunting | sunting sumber]

Di Rio de Janeiro, para tim mengunjungi Patung Kristus Penebus dan melihat petunjuk selanjutnya.

Tanggal tayang: 3 Desember 2012

Pada Penghadang kali ini, salah satu anggota tim harus menendang bola yang digunakan untuk sepakbola melalui perapian logam kecil sebagai perwakilan golnya, tetapi tidak boleh membiarkan bola itu keluar dari kayu di bawah pembukaan, yang berarti para tim harus menendang bola tersebut di udara. Mereka diberi kesempatan lima kali dan harus berhasil dua kali, atau mereka harus kembali di belakang garis. Di Memutar, para tim harus memilih antara Jeu de Jambes (Permainan Kaki) atau Jeu de Plage (Permainan Pantai). Di Jeu de Jambes, para tim harus mempelajari bagaimana menari Samba dengan benar bersama seorang juri untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Di Jeu de Plage, para tim harus membuat kata Race dalam sebuah patung pasir yang bertuliskan Amazing. Kemudian mereka harus membuat Patung Kristus Penebus dengan pasir basah untuk menyelesaikan patung tersebut. Setelah juri menerima, mereka mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas Tambahan
  • Para tim harus mengikuti bendera dan panah di Kampung Kumuh Cantagalo untuk mencari seseorang bernama João yang membawa petunjuk mereka.
  • Di Largo da Carioca, para tim harus mengadakan survei dengan penduduk Rio de Janeiro sebagai responden. Mereka harus menemukan delapan orang berbeda dari delapan negara bagian di Brasil dan membawanya ke seorang juri, yang akan memverifikasi tanggal lahirnya dan menyetempel survei tersebut.

Babak 8 (Brasil → Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 10 Desember 2012

Pada babak ini, para tim mengunjungi Victoria & Alfred Waterfront di Cape Town dan harus melakukan salah satu dari kedua pilihan Memutar.

Pada Memutar kali ini, para tim harus memilih antara Radio atau Disco (Disko). Di Radio, para tim harus pergi ke Pasar di Waterfront, dimana mereka harus memasang dua radio dengan bahan yang telah disediakan. Di Disco, para tim harus menampilkan tari Gumboot dengan beberapa penari Afrika. Jika mereka telah menampilkan tariannya di depan pemimpin band dengan sukses, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas Tambahan
  • Di District Six Museum, mereka harus menyelesaikan teka-teki balok kayu, yang akan menyatakan dua nama jalan. Para tim harus menggunakan map besar dari District 6 di lantai untuk mendapatkan nama seseorang yang tertulis, dan nama-nama tersebut tinggal di perempatan jalan tersebut sebelum dihancurkan selama apartheid. Mereka harus menemukan orang-orang tersebut untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Setelah tugas di District Six Museum, para tim harus mendapatkan selembar koran Cape Times dan harus mendapatkan petunjuk selanjutnya di dalamnya; menunjukkan di mana mereka harus menemukan mobil mereka dan di mana untuk menemukan petunjuk selanjutnya.
  • Di Panti Asuhan Intyatyambo, para tim berpartisipasi di perayaan Hari Mandela dan membantu panti asuhan tersebut, mengirim hadiah yang tersedia di kendaraan mereka, melakukan pekerjaan mereka, dan membetulkan panti asuhan tersebut, selama 67 menit (mereferensikan ke slogan Hari Mandela) sebelum mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 9 (Afrika Selatan)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 17 Desember 2012

Monumen Huguenot di kota Franschhoek adalah Pemberhentian kesembilan balapan ini.

Para tim memulai babak kesembilan di Protea Hotel Fire and Ice. Pada Memutar, tim harus memilih antara Jeu de la Terre (Permainan Kering) atau Jeu de l'eau (Permainan Basah). Di Jeu de la Terre, para tim menghadapi beberapa pot terhenti dari lengkungan. Pot yang di tengah berwarna hitam, dan harus dihindari. Para tim harus menggunakan klub tribal tradisional untuk mengenai potnya. Jika terkena pot hitam, maka para tim harus menghadapi penalti 10 menit. Di Jeu de l'eau, para tim harus membuka telur burung unta dan mengosongkan isinya. Kemudian mereka menggunakan kulit telurnya untuk mengisi air dan kemudian mengisi sebuah botol untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya. Pada Penghadang kali ini, para tim mengunjungi kebun anggur yang berisi tong seberat 120kg yang memiliki lubang, dan sedang mengeluarkan anggur. Ketika mereka berjalan 200m dengan tong tersebut, tong tersebut harus diisi ulang.

Tugas Tambahan
  • Di Aquila Private Game Reserve, para tim berpartisipasi dalam sebuah safari, dan ketika menggunakan teropong binokular, para tim harus menemukan angka yang ada dalam safari tersebut yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang kehidupan liar yang diajukan di Stone Cottage. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ialah: Kecepatan maksimum singa (50 km/jam), berapa hari seekor badak dapat pergi tanpa minum (5 hari), periode kehamilan gajah (22 bulan), jumlah duri sebuah jerapah (7), berat rata-rata cheetah (60 kg), berapa waktu yang digunakan singa untuk tidur setiap harinya (20 jam), jumlah waktu badak dapat tinggal di bawah air (6 menit), dan harapan hidup badak putih (45 tahun). Jika mereka menjawabnya dengan benar, mereka dapat langsung menuju ke Memutar.

Babak 10 (Afrika Selatan → Perancis)[sunting | sunting sumber]

Tanggal tayang: 24 Desember 2012

Pada Penghadang akhir balapan ini, para tim menaiki kapal ke samudera, dimana satu anggotanya harus turun ke kandang ikan hiu. Kemudian, mereka harus memotret seekor ikan hiu, memotret semua badannya. Setelah mereka menemukan petunjuk selanjutnya di dalam kandang, mereka dapat kembali ke kapal. Jika mereka memotret dengan bagus, maka mereka memulai babak 15 menit lebih awal di bandara Paris. Pada Memutar terakhir, para tim harus memilih antara Crème Fouettée (Susu Kental yang Dikocok) atau Cible Visée (Memburu Target). Di Crème Fouettée, para tim harus menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan untuk membuat sebuah Crème Chantilly untuk seorang juru masak. Di Cible Visée, para tim harus memanah sebuah target menggunakan busur, dan harus mendapatkan dua dari bagian luar biru, dua dari bagian tengah merah, dan dua di bagian tengah kuning.

Tugas Tambahan
  • Para tim mendapatkan petunjuk Penghadang setelah sampai di Pemberhentian babak sebelumnya. Mereka harus menentukan siapa yang melakukannya sebelum sampai di Pelabuhan Cape Town.
  • Di La Mer de Sable, para tim harus menggali pasir untuk menemukan petunjuk selanjutnya. Tetapi, banyak lubang yang berisi petunjuk mengatakan "Coba lagi".
  • Pada tugas terakhir di Chaalis Abbey, para tim harus menandai tempat-tempat yang dikunjungi berisi jarak dalam kilometer di sebelah tujuan yang mereka kunjungi saat balapan, menunjukkan berapa jauh tempat-tempat tersebut dari Paris.
  • Setelah sampai di Stade de France, para tim harus menemukan bintang peringatan untuk Zinedine Zidane, dimana mereka akan menemukan kotak petunjuk yang akan mengizinkannya masuk ke Stadion, dan Garis Akhir.

Rating[sunting | sunting sumber]

Episode Tanggal Tayang Penonton (dalam juta) Pangsa Pasar (Usia 4+) Peringkat
1 22 Oktober 2012 868,000 3.5% #8
2 29 Oktober 2012 634,000 2.5% #9
3 5 November 2012 618,000 2.4% #10
4 12 November 2012 596,000 2.3% #11
5 19 November 2012 587,000 2.3% #9
6 26 November 2012 559,000 2.1% #11
7 3 Desember 2012 445,000 1.7% #12
8 10 Desember 2012 445,000 1.7% #12
9 17 Desember 2012 418,000 1.6% #10
10 24 Desember 2012 220,000 1.5%

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]