Amancio Ortega Gaona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Amancio Ortega

Amancio Ortega
Lahir Amancio Ortega Gaona
28 Maret 1936 (umur 78)
Busdongo de Arbás, León, Spanyol
Tempat tinggal A Coruña, Spanyol
Kewarganegaraan Spanyol
Pekerjaan Pebisnis
Dikenal karena Pendiri grup Inditex, orang terkaya ke-3 di dunia (2013)
Kekayaan bersih US$57 miliar (2013)[1]
Anggota dewan dari Inditex (CEO)
Pasangan
  • Rosalía Mera (cerai)
  • Flora Pérez Marcote (m. 2001–sekarang) «start: (2001)»"Pernikahan: Flora Pérez Marcote dari Amancio Ortega Gaona" Location: (linkback://id.wikipedia.org/wiki/Amancio_Ortega_Gaona)
Anak
  • Sandra Ortega Mera
  • Marcos Ortega Mera
  • Marta Ortega Pérez
Tanda tangan

Amancio Ortega Gaona (pengucapan bahasa Spanyol: [aˈmanθio oɾˈteɣa gaˈona]) (lahir 28 Maret 1936) adalah seorang eksekutif mode asal Spanyol dan ketua sekaligus pendiri grup mode Inditex, yang terkenal karena mewadahi pertokoan ritel pakaian dan aksesoris Zara. Menurut Forbes, kekayaan bersihnya pada tahun 2013 sebesar $57 miliar.[2] Saat ini ia tinggal bersama istri keduanya di sebuah apartemen tertutup di pusat kota A Coruña, Galicia, Spanyol.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ortega lahir di Busdongo de Arbás, León, Spanyol, dan menghabiskan masa kecilnya di León. Ia adalah anak termuda di keluarganya. Ia pindah ke La Coruña pada usia 14 tahun karena profesi yang dijalani ayahnya, seorang pekerja kereta api. Saat masih remaja, Ortega bekerja di toko baju setempat bernama Gala, yang saat ini masih berdiri di tempat yang sama di pusat kota La Coruña.[3] Tahun 1972, ia mendirikan Confecciones Goa (kebalikan dari inisialnya). Toko tersebut menjual jubah mandi tenun yang diproduksi ribuan wanita setempat yang tergabung dalam beberapa koperasi jahit. Pada tahun 1975, ia membuka toko Zara pertamanya. Diberi nama Zara karena nama kesukaannya, Zorba, sudah ada yang punya. Hari ini, Zara merupakan bagian dari grup Inditex (Industrias de Diseño Textil Sociedad Anónima) yang 59,29% sahamnya dipegang Ortega. Inditex memiliki lebih dari 6.000 toko dengan merek Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy's Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear, dan Bershka. Jumlah karyawannya mencapai lebih dari 92.000 orang.[4]

Ortega sangat menutup diri dan bersikap sederhana. Baru pada tahun 1999 foto dirinya diterbitkan. Ia mengunjungi kedai kopi yang sama setiap hari dan makan siang bersama karyawannya di kantin kantor. Ia menolak mengenakan dasi dan biasanya cuma memakai seragam biasa berupa blazer biru, baju putih, dan celana abu-abu. Semuanya bukan produk Zara.[5] Ia juga sangat aktif dalam menangani proses produksi dan desain di perusahaannya.

Ketika Ortega muncul di hadapan publik pada tahun 2000, pers keuangan Spanyol peristiwa ini secara besar-besaran. Saat itu ia menghadiri acara pemanasan sebelum penawaran umum perdana (IPO) Inditex tahun 2001. Ortega seumur hidupnya baru mengizinkan tiga jurnalis untuk mewawancarainya[6] dan rahasia pribadinya mendorong sejumlah orang menulis buku tentang dirinya, seperti Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara).

Pada tahun 2011, Ortega menyatakan pensiun dini dari Inditex, perusahaan induk Zara, dan meminta wakil presiden dan CEO Inditex Pablo Isla menggantikannya sebagai pemimpin raksasa tekstil ini.[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Blanco, Xabier; Salgado, Jesús (2004). Amancio Ortega, de cero a Zara: El primer libro de investigación sobre el imperio Inditex. Esfera de los Libros. hlm. 271. ISBN 978-8-497-34167-7. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan bisnis
Jabatan baru Presiden Inditex
1985–2011
Diteruskan oleh:
Pablo Isla