Alun-alun Piłsudski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Prajurit Tak Dikenal.

Alun-alun Piłsudski (bahasa Polandia: Plac marsz. Józefa Piłsudskiego) adalah alun-alun terluas di Warsawa. Alun-alun Piłsudski terletak di pusat kota Warsawa, Polandia. Alun-alun ini dinamai berdasarkan Marsekal Polandia,Józef Piłsudski, yang berperan penting dalam pemulihan Polandia setelah Perang Dunia I.

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Alun-alun ini telah menjadi tempat bagi banyak peristiwa bersejarah. Parade militer telah diselenggarakan di sini sejak abad ke-19. Tamu penting bagi Warsawa dan Polandia juga sering disambut secara resmi di sini.

Di Alun-alun Piłsudski, pada tahun 1979 Paus Yohanes Paulus II melakukan misa terbuka dalam kunjungannya ke Polandia sehubungan pengangkatannya sebagai paus. Pada April 2005, di alun-alun ini orang-orang berkabung atas kematiannya.

Paus Benediktus XVI juga melakukan misa terbuka di alun-alun ini pada 26 Mei 2006 dalam kunjungan kepausan pertamanya ke Polandia.

Dari tahun 1890-an sampai 1920-an, Katedral Alexander Nevskyl berdiri di alun-alun ini sampai akhirnya dibongkar oleh rakyat Polandia yang baru merdeka

Alun-alun Piłsudski kini menjadi lokasi bagi sejumlah toko barang mewah, misalnya Valentino asal Italia.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]