AllSpark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

AllSpark merupakan suatu benda keramat atau dikhususkan bagi para Transformers. Istilah ini merupakan adaptasi film untuk Vector Sigma di G1. AllSpark berbentuk kubus metal raksasa dengan ukiran-ukiran seperti hieroglif Mesir yang berasal dari Cybertron, tapi bisa di'kecil'kan oleh Bumblebee supaya bisa dibawa manusia. Saat konversi, AllSpark terlihat terdiri dari banyak kubus yang lebih kecil, yang bergabung dan terlipat satu sama lain supaya dapat menjadi lebih kecil.

Gambar detil dari AllSpark


Di film Transformers tahun 2007, AllSpark (dieja dengan 2 kata pada film) mampu memberikan kehidupan pada setiap mesin dan barang elektronik menjadi Transformers. Para Autobot dan Decepticon digambarkan sedang mencari AllSpark di film. Para Autobot ingin menggunakan AllSpark untuk mencoba membangun ulang rumah mereka, Cybertron, dan mengakhiri perang. Tetapi para Decepticon ingin menggunakannya untuk membuat tentara dari mesin-mesin Bumi dan menguasai alam semesta.

AllSpark di film merupakan Vector Sigma di serial G1. Meskipun Vector Sigma memberikan kepintaran pada Transformer, tetapi AllSpark tidak. Di naskah awal film, AllSpark ditulis sebagai "Energon cube" (Kubus Energon). AllSpark juga diucapkan sebagai "the Cube" (kubusnya) beberapa kali di film itu sendiri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di komik prekuel, AllSpark dideskripsikan dengan tidak diketahui asalnya, dan alasan kehadiran Transformer dan planetnya, Cybertron. AllSpark juga dideskripsikan sebagai benda suci yang memberikan Transformer kehidupan, rezeki, dan menjaga bangsa mereka supaya tetap hidup dalam damai.

Optimus Prime digambarkan mengirimkan AllSpark ke Junkion untuk menghalangi para Decepticon dari mengendalikannya. Namun entah mengapa, AllSpark berubah haluan, dan menuju ke arah lubang hitam. Megatron mengetahuinya, lalu mengukutinya ke lubang hitam tersebut. Mereka terombang-ambing di dalam lubang hitam, berpindah tempat dan waktu. Itu mengakibatkan Megatron menjadi tidak aktif. Mereka pun keluar dari lubang hitam tersebut pada 4 juta tahun sebelum sekarang, jauh sebelum perang dimulai, di tata bintang muda yang berisi 8 planet, yang ternyata merupakan Tata Surya. Saat itu Cybertron berada dalam masa kepemimpinan 13 Prime original sampai sekitar tahun 16.000 SM. Kehilangan AllSpark menyebabkan Cybertron mati, dan memaksa keduanya, Autobot dan Decepticon, untuk berlomba menemukannya dengan memindai galaksi Bima Sakti. Di Bumi, AllSpark jatuh di daerah Bendungan Hoover, sedangkan Megatron jatuh di Arktik. AllSpark dan Megatron pun disembunyikan didalam bendungan oleh sejenis agen federal bernama "Sector 7".

Di novel dan film, diketahui bahwa Autobot dan Decepticon telah mencari AllSpark selama bermillenium, mengikuti sinyal-sinyal transmisi yang dikeluarkan AllSpark sekali setiap beberapa tahun sekali. Para Autobot mencarinya untuk membangun ulang Cybertron; sampai mereka merasa putus asa. Namun, Optimus lebih memilih untuk menghancurkannya daripada jatuh ke tangan Megatron. Dia percaya bahwa rumah baru dapat dengan mudah dibuat dengan AllSpark ketika Megatron bukan lagi ancaman. Para Decepticon mencari AllSpark and Megatron, berharap untuk mendominasi semua kehidupan dengan kegunaan AllSpark dan dibawah kepemimpinan Megatron. Saat pertarungan antara Optimus dan Megatron, Sam Witwicky meletakkan AllSpark ke dalam dada Megatron, tepat di ruang sparknya, menghancurkan AllSpark dan membunuh Megatron. Sebuat serpihan AllSpark tersisa, dan diambil oleh Optimus Prime sebelum memberikannya ke pemerintah Amerika Serikat untuk mengamankannya.

Dua tahun kemudian, Ravage mencuri serpihan AllSpark dan memberikannya kepada Construction supaya mereka dapat menghidupkan Megatron. Masternya Megatron, the Fallen, memberitahu bahwa kubus itu hanyalah sebuah wadah, dan kekuatan serta pengetahuannya, meskipun hilang dengan kehancurannya, takkan pernah bisa hancur, hanya berubah, karena itu, ada kesempatan untuk mengambilnya. Film kedua juga menunjukkan serpihan AllSpark yang lebih kecil tersangkut di jaket Sam saat ia membunuh Megatron. Serpihan itu memindahkan pengetahuan tentang lokasi Matriks Kepemimpinan (Matrix of Leadership) dalam bentuk penglihatan akan simbol-simbol Cybertron ke pikiran Sam. Sam mempercayakan serpihan itu pada pacarnya, Mikaela Banes, yang meletakkannya di garasi ayahnya. Serpihan tersebut lalu digunakan untuk menghidupkan 'pencari' (Seker) kuno, Jetfire, yang membantu para Autobot dan sekutunya mencari Matriks kepemimpinan.

Efek[sunting | sunting sumber]

Di film, pendekatan ke AllSpark bisa memperbaiki Transformer (terlihat saat Frenzy diperbaiki di film) dan mengubah mesin-mesin Bumi menjadi bangsa Cybertron yang liar. Sebuah Nokia N93i berhasih diubah, tetapi dihancurkan untuk demonstrasi radiasi AllSpark. Di Revenge of the Fallen, bahkan sebagai serpihan kecil, kekuatan AllSpark masih berfungsi, dan mengubah barang-barang dapur Sam menjadi hidup. Robot-robot dapur tersebut akhirnya dihancurkan oleh Bumblebee, bersama dengan kamar Sam.

Di Transformers: The Game, Autobot Campaign dan Decepticon Campaign akan menentukan nasib AllSpark. Jika pemain menyelesaikan Autobot Campaign, Optimus Prime akan menggunakannya untuk membunuh Megatron. Jika pemain menyelesaikan Decepticon Campaign, Megatron akan menyatu dengan AllSpark dan menggunakan kekuatannya untuk membuat kerajaannya sendiri dengan mengubah semua mesin Bumi menjadi pasukan Decepticonnya. Selain itu, AllSpark membuat sejenis serangga kecil bernama "Energon Drones" jika energi dikeluarkan dari AllSpark.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]