Alien vs. Predator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Alien vs. Predator, atau Aliens versus Predator (AvP), adalah sebuah kisah sains fiksi/ horor fiksi dalam beberapa media. Serial ini mengetengahkan perterungan antara dua waralaba film makhluk ekstraterrestrial: Aliens and the Predators.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide penggabungan dua karakter ini sering diduga berasal dari film Predator 2, yang menampilkan tengkorak Xenomorph terlihat di dalam sebuah ruang tempat Predator menyimpan koleksi piala tengkorak, dalam pesawat ruang angkasa Predator, tetapi Dark Horse Comics telah mempublikasikan cerita Alien vs. Predator dalam komik #36 (February 1990), hampir satu tahun sebelum munculnya film Predator 2 pada November 1990. Film ini menyebutkan, ide ini berasal dari Erich von Däniken bahwa Alien telah datang dimasa lampau.

Saat ini, universe Alien vs. Predator berisikan tentang sejumlah beberapa media termasuk komik, novel, video game dan feature film seluruh hak cipta dimiliki oleh pihak 20th Century Fox Studios.

Media[sunting | sunting sumber]

Komik[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Sebuah crossover novel series telah diproduksi berdasarkan dua tokoh waralaba tersebut. Buku lainnya termasuk novel berdasarkan film dan buku-buku lainnya menceritakan latar belakang proses pengerjaan film dengan ADI (perusahaan spesial efek yang telah mengerjakan film Aliens):

Games[sunting | sunting sumber]

Action figures[sunting | sunting sumber]

Kenner mengeluarkan satu koleksi action figure yang diberi judul Aliens vs. Predator pada tahun 1994. Kemudian diikutin dengan dua serial pertama Aliens berdasarkan film serial animasi, Operation: Aliens, yang belum pernah sama sekali disiarkan. Seperti pencantuman Predator sering dianggap ada pada serie ke-3 dan ke-4 dari lini serie Aliens. Koleksi ini memasukkan beberapa Aliens yang menampilkan built-in attack features dan Predator memiliki topeng yang bisa dilepaskan dan senjata tempur seperti tombak dan peluncur misil. Figur ini rata-rata memiliki 5 titik artikulasi dan beberapa terdapat sebuah komik mini keluaran Dark Horse.

Sementara keseluruhan koleksi dikenal sebagai Aliens vs. Predator, kedua karakter itu memiliki card art yang hanya menampilkan keistimewaan para karakter. Sebuah pengecualian terjadi pada Aliens vs. Predator 2-pack. Sejak ada figure prajurit angkasa dimasukan kedalam judul lini Aliens, Predator dipasarkan hanya sebagai musuh alternativ Alien. Cardback figure bertuliskan: It's the gruesome and evil Aliens against the big-game hunter Predator. Who will win... the beast or the hunter? Can the Predator stop the evil Aliens before the galaxy is destroyed?!?!?!"[1][2]

Serial Aliens: Hive Wars telah dirilis pada tahun 1995, termasuk bermacam-macam Alien, Predator dan pesawat ruang angkasa berukuran besar. Figure tambahan adalah Predator betina dan Alien/Predator/Smash Mason 3-pack, didesain untuk serie ini tetapi tidak dirilis sebagai bagian dari lini tersebut.

Enam set Alien dan Predator Micro Machines telah direncanakan juga oleh Galoob pada tahun 1995 tetapi tidak dikeluarkan sama sekali. Dalam serie ini juga dimasukkan Playset LV-426/Outer World Station Action Fleet.

Pada bulan Desember 2002, McFarlane Toys mengeluarkan action figure detail tinggi Alien vs. Predator deluxe set.[3]. Ditahun 2004 mereka memproduksikan sebuah figure serie berdasarkan film Alien vs. Predator. Bagaimanapun juga dalam lini tersebut, dianggap sebagai mainan berkualitas rendah. Banyak bagian dari aksesoris yang aslinya direncanakan ada di dalamnya, tiba-tiba dibetulkan sebelum waktunya rilis, meninggalkan cacat dan tidak lengkapnya bagian aksesoris display base pada figure. Sebagai tambahan, beberapa figure bahkan ada yang patah bagian-bagiannya sewaktu di dalam kemasan. Disamping itu bersamaan dengan dikeluarkannya figure berartikulasi banyak, McFarlane juga mengeluarkan satu set statuesque display, menggambarkan sebuah scene dari film tersebut.

Hot Toys memproduksikan figure dengan kedetailan yang sangat rumit, setinggi 16 inchi untuk setiap filmnya, termasuk Aliens vs. Predator: Requiem ditahun 2007. Pada tahun yang sama, NECA mengeluarkan dua serie dari figure Requiem ini.[4]

Film[sunting | sunting sumber]

Film resmi[sunting | sunting sumber]

Film tidak resmi[sunting | sunting sumber]

Notes[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Duke Nostalgia's Predators Page DukeNostalgia.com. Retrieved February 9, 2008.
  2. ^ Classic Aliens vs Predator Nostalgia ForumPlanet.GameSpy.com (January 5, 2008). Retrieved February 9, 2008.
  3. ^ Crawford, Michael Alien vs. Predator MWCToys.com (December 13, 2002). Retrieved Retrieved February 9, 2008.
  4. ^ Alien Attacks Predator CollectionDX.com (January 12, 2008). Retrieved February 9, 2008.

Referensi[sunting | sunting sumber]