Ali Akbar bin Husain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ali al-Akbar)
Ali al-Akbar bin Al-Husain
عَلِيّ ٱلْأَكْبَر ٱبْن ٱلْحُسَيْن
Nama Ali al-Akbar bin Al-Husain dalam kaligrafi Arab
Informasi pribadi
LahirSenin, 11 Sya'ban, 33 H / 30 November 652 (Kalender Masehi)
MeninggalJumat, 10 Muharram, 61 H / 10 Oktober 680 (kalender Masehi) (usia 27-28 bertahun-tahun)
Karbala’, ‘Irak
MakamMakam Husain bin Ali
AgamaIslam
Orang tua

Ali al-Akbar bin Al-Husain,( عَلِيّ ٱلْأَكْبَر ٱبْن ٱلْحُسَيْن) umumnya dikenal hanya sebagai Ali Akbar, adalah putra Husain bin Ali, Imam ketiga, dan Umm Layla.[1]

Dia terbunuh pada usia 18 or 25 tahun pada hari Asyura, dalam Pertempuran Karbala. Menurut tulisan Jean Calmard di Iranica, 'Reputasi Ali Akbar sebagai pejuang yang gagah berani dari Rumah Tangga Muhammad mungkin telah mendahului reputasi Abbas bin Ali.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ali Akbar lahir di Madinah pada 11 Syaban 33 H (10 Maret 654 M). Ayahnya adalah Husain bin Ali dan ibunya adalah Layla. Dia berusia 18 atau 25 tahun di pertempuran Karbala. Dua saudaranya juga bernama Ali Asghar bin Husain dan Ali bin Husain (Zainal Abidin).[3]

Ahli silsilah dan sejarawan menganggapnya sebagai putra tertua Husan karena nama Akbar. Akbar adalah kata Arab yang berarti "lebih besar" atau "terbesar". Remaja itu sangat mirip dengan kakek dari pihak ibu, Muhammad, sehingga Husain bin Ali sering berkata, "Setiap kali aku merindukan kakek dari pihak ibu, aku memandang wajah Ali al-Akbar." Ali Akbar dibunuh oleh Murrah ibn Munqad pada 10 Muharram 61 H dalam pertempuran Karbala.[4]

Pertempuran Karbala[sunting | sunting sumber]

Sebelum kematiannya, Muawiya, penguasa Umayyah, menunjuk putranya, Yazid sebagai penggantinya. Ide ini bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam dan posisi penguasa bukanlah milik pribadi seorang penguasa untuk diberikan kepada keturunannya.[5] Yazid bin Muawiyah mencoba untuk menginginkan otoritas agama dengan mendapatkan kesetiaan dari Husain bin Ali, tetapi Husain tidak akan melepaskan prinsip-prinsipnya. Setelah orang-orang Kufah mengirim surat kepada Husain dan meminta bantuannya dan bersumpah setia kepadanya, Husain dan anggota keluarganya (termasuk Ali Akbar bin Husain) dan para sahabatnya melakukan perjalanan dari Mekah ke Kufah di Irak tetapi dipaksa oleh tentara Yazid untuk berkemah di Karbala.[6]

Pertempuran dan narasi[sunting | sunting sumber]

Ali al-Akbar adalah salah satu orang terakhir yang tewas di medan perang.[7] Pada pagi hari Asyura, Husain bin Ali meminta Ali Akbar untuk mengumandangkan adzan. Husain bin Ali dan banyak wanita di tenda mereka mulai menangis ketika Ali Akbar mulai mengumandangkan Adzan, curiga bahwa itu mungkin kali terakhir mereka mendengar Ali Akbar mengumandangkan Adzan.

Ali Akbar berdiri di depan Husain bin Ali setelah salat Zuhur dan berkata: "Ayah saya mohon izin untuk pergi dan memerangi musuh-musuh Islam." Ayahnya memberinya izin dan berkata, "Semoga Allah bersamamu! Tapi Akbar, kamu tahu betapa ibu, saudara perempuan, dan bibimu mencintaimu. Pergi dan ucapkan selamat tinggal kepada mereka." Ali Akbar masuk ke tenda ibunya, Umme Layla. Setiap kali dia ingin keluar dari tenda, ibu, bibi, dan saudara perempuannya akan menarik jubahnya dan berkata, "Wahai Akbar, Bagaimana kami akan hidup tanpamu?" Husain bin Ali harus memohon dengan segala cara untuk melepaskan Ali Akbar.

Husain bin Ali membantu putranya menaiki kudanya. Saat Akbar mulai melaju menuju medan perang, dia mendengar langkah kaki di belakangnya. Dia menoleh ke belakang dan melihat ayahnya. Dia berkata: "Ayah, kami telah mengucapkan selamat tinggal. Mengapa kamu berjalan di belakangku?" Husain bin Ali menjawab, "Anakku jika kamu memiliki anak seperti dirimu maka kamu pasti akan mengerti!"

Menurut Bal'ami, Ali Akbar menyerang musuh sepuluh kali dan membunuh dua atau tiga dari mereka setiap kali. Umar bin Sa'ad memerintahkan tentaranya untuk membunuhnya, dengan berkata, "Ketika dia meninggal, Husain tidak akan mau hidup! Ali Akbar adalah nyawa Husain." Sementara beberapa tentara menyerang Ali Akbar, Murrah bin Munqad melemparkan tombak ke dada Ali Akbar. Murrah ibn Munqad kemudian mematahkan bagian kayu dari tombak tersebut dan meninggalkan bilahnya di dada Ali Akbar, sehingga membuatnya semakin kesakitan. Ketika Ali Akbar jatuh dari kudanya, dia berkata, "Yaa bata alayka minni salaam" setelah mendengar panggilan putranya, dikatakan bahwa Imam Hussain kehilangan penglihatannya. Ketika Imam Husain tiba di dekatnya dan mencoba mengeluarkan tombak dari dadanya, kepala tombak itu telah tersangkut di pembuluh darahnya dan ketika Imam Husain mencabutnya, jantungnya keluar di sampingnya. Dia kemudian dikelilingi dan dipotong-potong.

Dia berjalan menuju medan perang. Ketika dia pergi ke Akbar, Akbar meletakkan tangan kanannya di dadanya yang terluka dan lengan kirinya di atas bahu ayahnya. Al-Husain bertanya, "Akbar, mengapa engkau memelukku hanya dengan satu tangan?" Akbar tidak menjawab. Husain mencoba menggerakkan tangan kanan Akbar, tapi Akbar melawan. Kemudian Al-Husain dengan paksa menggerakkan tangan dan melihat bilah tombak itu. Dia membaringkan Akbar di tanah dan duduk berlutut, meletakkan kedua tangannya di ujung tombak. Dia memandang Najaf, tempat ayahnya dimakamkan, dan berkata, "Ayah, saya juga telah datang ke Khaybar saya!" Dia mencabut bilahnya, dengan itu sampai ke jantung Akbar. Husain, putus asa melihat putranya dalam kesakitan dan stres seperti itu, menangis. Akbar mengirim Salam terakhirnya dan meninggal.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Flaskerud, Ingvild (2010-12-02). Visualizing Belief and Piety in Iranian Shiism (dalam bahasa Inggris). A&C Black. ISBN 978-1-4411-4907-7. 
  2. ^ Foundation, Encyclopaedia Iranica. "Welcome to Encyclopaedia Iranica". iranicaonline.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-09. 
  3. ^ N.U.S, Syed Akbar Hyder Assistant Professor of Asian Studies and Islamic Studies University of Texas at Austin (2006-03-23). Reliving Karbala : Martyrdom in South Asian Memory: Martyrdom in South Asian Memory (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press, USA. ISBN 978-0-19-970662-4. 
  4. ^ "Battle of Karbala | History, Summary, & Significance". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-09. 
  5. ^ Lewis, Bernard (2002-03-14). Arabs in History (dalam bahasa Inggris). OUP Oxford. ISBN 978-0-19-164716-1. 
  6. ^ Gordon, Matthew; Gordon, R. (2005). The Rise of Islam (dalam bahasa Inggris). Greenwood Publishing Group. ISBN 978-0-313-32522-9. 
  7. ^ "The Martyrdom Of The Family Members Of Al-Husayn (as)". www.al-islam.org (dalam bahasa Inggris). 2014-12-11. Diakses tanggal 2021-10-09. 
  8. ^ alali, Ali Husayn (2000). Karbala and Ashura. Ansariyan Publications. ASIN B000EEP2NM. 

Rujukan[sunting | sunting sumber]