Alfons Mucha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alphonse Mucha
Alfons Mucha LOC 3c05828u.jpg
Alphonse Mucha
Nama lahir Alfons Maria Mucha
Lahir 24 Juli 1860
Ivančice, Moravia, Kekaisaran Austria
Wafat 14 Juli 1939 (umur 78)
Praha, Protektorat Bohemia dan Moravia
Kewarganegaraan Cekoslovakia
Bidang Lukisan, Ilustrasi, Seni dekoratif
Pelatihan Munich Academy of Fine Arts
Académie Julian
Académie Colarossi
Aliran Art Nouveau
Karya terkenal The Slav Epic (Slovanská epopej)
Pembeli hasil karya Count Karl Khuen dari Mikulov
Dipengaruhi oleh Neoklasikisme
Mempengaruhi Paul Harvey
Kevin Wasden

Alphonse Maria Mucha (lahir di Ivančice, Moravia, Kekaisaran Austria, 24 Juli 1860 – meninggal di Praha, Protektorat Bohemia dan Moravia, 14 Juli 1939 pada umur 78 tahun) adalah seorang pelukis gaya Art Nouveau dan seniman dekoratif dari Ceko.[1]

Le Pater[sunting | sunting sumber]

Le Pater adalah karya yang dianggap oleh Mucha sendiri sebagai mahakaryanya, dan menyebutkannya dalam terbitan The Sun Newspaper (New York) 5 Januari 1900 sebagai tempat "ia telah menaruh jiwanya". Dicetak 20 Desember 1889, Le Pater adalah penelitian Mucha terhadap musik The Lord's Prayer dan hanya 510 kopi yang dibuat.

Slovanská epopej[sunting | sunting sumber]

Jendela Mucha di St. Vitus Cathedral Praha dirancang pada awal 1930-an

Ia menghabiskan bertahun-tahun menyelesaikan apa yang ia anggap sebagai mahakarya seninya, "Hikayat Orang Slavia" (Slovanská epopej), sekumpulan dua puluh lukisan raksasa yang menceritakan sejarah orang Ceko dan Slavia, di kota Praha tahun 1928. Ia memiliki mimpi untuk menyelesaikan kumpulan seperti ini, perayaan sejarah Slavia, sejak ia muda. Sejak 1963 kumpulan ini dipajang di kastil di Moravsky Krumlov.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Gelombang naiknya fasisme tahun 1930-an memiliki dampak pada karya Mucha, juga nasionalisme Slavianya, disebutkan oleh pers sebagai 'reaksioner'. Ketika tentara Jerman masuk ke Cekoslowakia pada musim semi 1939, Mucha adalah salah satu orang pertama yang ditahan oleh Gestapo. Selama interogasi seniman tua ini terserang penyakit pneumonia. Meskipun dibebaskan, ia tak pernah sembuh dari penyakit itu. Ia meninggal di Praha tanggal 14 Juli karena infeksi paru-paru, dan dimakamkan di Pemakaman Vyšehrad. [1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Mucha, Noted Artist, Dropped First Name; Death Due To Shock Caused By Germans' Seizure Of Prague.". New York Times. 18 July, 1939. Diakses 2008-04-20. "The artist Mucha-he always signed his work without his given name, which he preferred to ignore - died here ..." 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]