Alexius I dari Trebizond

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alexius I Megas Komnenos
Masa kekuasaan 1204-1222
John I dari Trebizond
Pengganti Andronikos I
Ratu Theodora Axuchina
Anak John, Manuel, Komnene
Ayah Manuel Komnenos (lahir 1145)
Ibu Rusudan

Alexius I Megas Komnenos atau Alexius I Comnenus (bahasa Yunani: Αλέξιος Α΄ Μέγας Κομνηνός, Alexios I Megas Komnēnos; c. 1182 – 1 Februari 1222) adalah Kaisar Trebizond dari tahun 1204 hingga 1222. Ia adalah putra tertua dari pasangan Manuel Komnenos dan Rusudan, putri George III dari Georgia. Maka, ia adalah cucu dari Kaisar Romawi Timur Andronikos I. Andronikos dijatuhkan dari takhtanya dan dibunuh pada tahun 1185. Manuel dibutakan pada saat yang sama dan mungkin juga meninggal; ia meninggalkan dua anak, Alexius dan David. Rusudan melarikan diri antara ke Georgia atau ke pantai selatan Laut Hitam.

Pada April 1204, segera sebelum jatuhnya Konstantinopel ke tangan Tentara Salib, Alexius yang saat itu berusia 22 tahun[1] menduduki Trebizond dengan bantuan dari kontingen Georgia yang disediakan oleh bibinya, Ratu Tamar dari Georgia. Ia kemudian mendirikan Kekaisaran Trebizond dan mengambil gelar Kaisar Romawi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Michael Panaretos, History hal. 266 Lambros.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • The Oxford Dictionary of Byzantium, Oxford University Press, 1991.
  • C. Toumanoff, "On the relationship between the founder of the Empire of Trebizond and the Georgian Queen Thamar" in Speculum vol. 15 (1940) pp. 299–312.
  • W. Miller, Trebizond: The Last Greek Empire of the Byzantine Era, Chicago 1926.