Aleksandr II dari Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Aleksandr II
Alexander II 1870 by Sergei Lvovich Levitsky.jpg
Kaisar dan Autokrat seluruh Rusia
Memerintah 2 Maret 1855 – 13 Maret 1881
Koronasi 7 September 1855
Pendahulu Nicholas I
Pengganti Alexander III
Pasangan Marie dari Hessen dan by Rhine
Anak
Aleksandra Aleksandrovna
Tsarevich Nikolai Aleksandrovich
Alexander III dari Rusia
Vladimir Aleksandrovich
Aleksei Aleksandrovich
Maria Aleksandrovna
Sergei Aleksandrovich
Paul Aleksandrovich
Nama lengkap
Aleksandr Nikolaevich Romanov
Wangsa Wangsa Holstein-Gottorp-Romanov
Ayah Nikolai I dari Rusia
Ibu Aleksandra Feodorovna
Lahir 29 April 1818
Kremlin, Moskwa, Kekaisaran Rusia
Meninggal 13 Maret 1881 (umur 62)
Istana Musim Dingin, St. Petersburg, Kekaisaran Rusia
Tanda tangan Tanda tangan Aleksandr II dari Rusia
Agama Ortodoks Rusia

Aleksandr II dari Rusia (bahasa Rusia: Александр II Николаевич, Aleksandr II Nikolaevich) (lahir 29 April [K.J.: 17 April] 1818 – meninggal 13 Maret [K.J.: 1 Maret] 1881), juga dikenal sebagai Aleksandr sang Pembebas (bahasa Rusia: Александр Освободитель, Aleksandr Osvoboditel') adalah Kaisar Rusia dari 2 Maret 1855 hingga pembunuhannya pada tahun 1881. Ia juga adalah Raja Polandia dan Pangeran Agung Finlandia.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Aleksandr II semasa anak-anak. (George Dawe,1827)

Lahir di Moskwa, ia adalah anak tertua dari Nikolai I dan Charlotte dari Prusia, putri Frederick William III dari Prusia dan Louise dari Mecklenburg-Strelitz. Kehidupan awalnya memberikan sedikit indikasi potensi utamanya, sampai saat aksesi pada tahun 1855, usia 37, hanya sedikit yang membayangkan bahwa ia akan dikenal sebagai pemimpin yang mampu untuk melaksanakan reformasi yang paling menantang untuk dilakukan di Rusia sejak pemerintahan Peter yang Agung.

Pada masa hidupnya sebagai putra mahkota, suasana intelektual dari Saint Petersburg adalah tidak menguntungkan untuk setiap jenis perubahan: kebebasan berpikir dan segala bentuk inisiatif swasta sedang ditekan keras. Sensor pribadi dan resmi marak, kritik terhadap pemerintah dianggap sebagai pelanggaran serius. 26 tahun sesudahnya, ia memiliki kesempatan untuk menerapkan perubahan; meski begitu, akhirnya ia akan dibunuh di depan umum oleh Narodnaya Volya sebuah organisasi teroris.[1]

Pendidikannya sebagai kaisar masa depan dilakukan di bawah pengawasan penyair romantis liberal dan penerjemah berbakat, Vasily Zhukovsky,[2] menangkap segelintir dari banyak subyek besar dan menjadi akrab dengan bahasa-bahasa utama Eropa modern. Luar biasa untuk saat itu, Aleksandr muda ikut pada tur enam bulan Rusia, mengunjungi 20 provinsi di negara itu.[3] Ia juga mengunjungi banyak negara terkemuka di Eropa Barat.[4] Sebagai Tsarevich, Aleksandr menjadi pewaris Romanov pertama yang mengunjungi Siberia.[5]

Memerintah[sunting | sunting sumber]

Lukisan oleh Mihály Zichy, penobatan Kaisar Aleksandr II dan Permaisuri Maria Aleksandrovna, yang berlangsung pada tanggal 26 Agustus/7 September 1856 di Katedral Dormition, Kremlin Moskwa. Lukisan menggambarkan momen penobatan di mana Kaisar memahkotai Permaisuri

Aleksandr II berhasil naik takhta setelah kematian ayahnya pada tahun 1855. Tahun pertama pemerintahannya dikhususkan untuk proses penuntutan atas Perang Krimea dan, setelah jatuhnya Sevastopol, untuk melakukan perundingan damai, yang dipimpin oleh Pangeran Gorchakov. Negara ini telah habis dan dipermalukan oleh perang.[6] Suap, pencurian dan korupsi di mana-mana.[7] Didorong oleh opini publik ia memulai periode reformasi radikal, termasuk upaya untuk tidak bergantung pada aristokrasi bertanah yang mengendalikan orang miskin, sebuah langkah untuk mengembangkan sumber daya alam Rusia dan untuk mereformasi semua cabang pemerintahan. Pada tahun 1867 dia menjual Alaska ke Amerika Serikat sebesar $ 7 juta (setara dengan sekitar $ 200 juta dolar saat ini) setelah mengakui kesulitan besar untuk mempertahankannya melawan Inggris atau bekas koloni Inggris dari Kanada.

Emansipasi budak[sunting | sunting sumber]

Segera setelah kesimpulan dari perdamaian, perubahan penting dibuat dalam undang-undang mengenai industri dan perdagangan, dan kebebasan baru sehingga menghasilkan sejumlah besar perseroan terbatas. Rencana dibentuk untuk membangun jaringan kereta api besar, sebagian untuk tujuan mengembangkan sumber daya alam negara, dan sebagian untuk tujuan meningkatkan kekuatan pertahanan dan serangan.

Keberadaan perbudakan ditanganinya dengan berani, mengambil keuntungan dari petisi yang diajukan oleh pemilik tanah Polandia dari provinsi Lithuania dan, berharap bahwa hubungan mereka dengan budak mungkin diatur dengan cara yang lebih memuaskan (yang berarti dengan cara yang lebih memuaskan bagi pemilik), ia resmi membentuk komite "untuk perbaikan kondisi para petani," dan meletakkan prinsip-prinsip perbaikan itu harus dilakukan.

Pada 3 Maret 1861, 6 tahun setelah berkuasa, hukum emansipasi ditandatangani dan diterbitkan.

Reformasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Dalam menanggapi kekalahan besar (1856) yang diderita oleh Rusia dalam Perang Krimea, dan kesadaran akan kemajuan militer yang telah diterapkan di negara-negara Eropa lainnya, pemerintah Rusia melakukan pengorganisasian ulang angkatan darat dan angkatan laut dan mempersenjatai ulang mereka. Perubahan termasuk wajib militer universal, diperkenalkan pada 1 Januari 1874.[8] Sekarang semua anak-anak "perkebunan", kaya dan miskin, harus bertugas di militer.[9] Reformasi militer lainnya adalah menyiapkan cadangan militer dan sistem distrik militer, pembangunan kereta api yang strategis, dan penekanan pada pendidikan militer korps perwira. Hukuman fisik di militer sebagai hukuman dilarang.[10]

Pernikahan dan anak-anak[sunting | sunting sumber]

Pada 16 April 1841, saat berusia 23, Tsarevich Aleksandr menikahi Putri Marie dari Hessen di Saint Petersburg, yang kemudian dikenal di Rusia sebagai Maria Aleksandrovna.

Marie adalah putri sah dari Ludwig II dari Hessen-Darmstadt dan Wilhelmine dari Baden, meskipun beberapa gosip menyebut bahwa Baron August Ludwig von Senarclens-Grancy, adalah ayah kandungnya.

Pernikahan menghasilkan enam anak laki-laki dan dua anak perempuan:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edvard Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar (Free Press: New York, 2005) pp. 261, 391 & 404–421.
  2. ^ The McGraw-Hill encyclopedia of world biography, vol. 1. McGraw-Hill, 1973. ISBN 978-0-07-079633-1; p. 113
  3. ^ Edvard Radzinsky, Alexander II: the Last Great Tsar, p. 63.
  4. ^ Edvardx Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar, pp. 65–69, 190–191 & 199–200.
  5. ^ Edvard Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar, p. 62.
  6. ^ Edvard Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar, p. 107.
  7. ^ Edvard, Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar p. 107.
  8. ^ Edvard Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar p. 150.
  9. ^ Edvard Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar, p. 150.
  10. ^ Edvard Radzinsky, Alexander II: The Last Great Tsar, pp. 150–151.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Aleksandr II dari Rusia
Cabang kadet Wangsa Oldenburg
Lahir: 17 April 1818 Wafat: 13 Maret 1881
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Nicholas I
Kaisar Rusia
2 Maret 1855 – 13 Maret 1881
Diteruskan oleh:
Alexander III
Rusia
Didahului oleh:
Constantine I dari Rusia
Pewaris takhta Rusia
1825–1855
Diteruskan oleh:
Nicholas Alexandrovich