Alberto Hurtado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Alberto Hurtado
Lahir 22 Januari 1901, Chili
Wafat 18 Agustus 1952 (umur 51), Chili
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Dibeatifikasikan 1994, Santiago oleh Yohanes Paulus II
Dikanonisasikan 2005, Roma oleh Benediktus XVI
Hari peringatan 18 Augustus
Atribut Jesuit robes, an old green van
Pelindung Chili, orang-orang miskin, anak jalanan, pekerja sosial

Santo Alberto Hurtado Cruchaga, dilahirkan Luis Alberto Hurtado Cruchaga (22 Januari 1901 Viña del Mar, Chili - 18 Agustus 1952, Santiago, Chili), adalah seorang pastur Jesuit, pekerja sosial dan penulis, pendiri gerakan Hogar de Cristo. Dia dikanonisasi pada 23 Oktober 2005 oleh Paus Benediktus XVI, menjadi santo ke-2 negara tersebut.

Hidup dan karya[sunting | sunting sumber]

Sejak awal masa belajar hukum buruh sebelum dia menjadi seorang Yesuit, Hurtado telah menyiapkan pikiran dan hati untuk menangani masalah sosial. Pada 1936 tugas Hurtado termasuk menggembala para miskin di Chili, terutama orang muda. Dia adalah profesor agama dan kemudian mengajar di Pontificia Universidad Católica de Chile.

Gerakan buruh dan Doktrin sosial Gereja[sunting | sunting sumber]

Pada 1947, Hurtado bergabung ke gerakan buruh, menggembala pekerja Chili. Terinspirasi oleh Ajaran sosial gereja dia mendirikan Trade Union Association Chili, bermaksud untuk melatih pemimpin dan menanamkan nilai Kristen dalam persatuan buruh negaranya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Hurtado memiliki jiwa spiritual yang dalam tanpa letih bekerja untuk para pekerja dan orang muda, menggabungkan refleksi intelektual dan aksi nyata. Selalu optimis dan riang dia juga memiliki kepribadian yang menarik yang membawa banyak orang kepada Kristus dan Gereja, baik tua dan muda, intelek dan pekerja.

Suatu hari pada 1952, Romo Hurtado diserang sakit yang amat sangat dan dibawa ke rumah sakit. Dia didiagnosa dengan kanker pankreatik. Kuat terhadap keyakinannya dia menerima bahwa sesuatu tak dapat dielakkan. Tidak lama sejak menderita penyakitnya dia meninggal pada 18 Agustus 1952 di Santiago.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]