Albert III dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Albert III, Adipati Austria)
Langsung ke: navigasi, cari
Albert III, Adipati Agung Austria sampai tahun 1395.

Albert III dari Austria (9 September 1349 – 29 Agustus 1395), dikenal sebagai Albert yang Berkepang (Jerman: Herzog Albrecht III "mit dem Copfe"), merupakan Adipati Agung Austria pertama dan anggota keluarga Wangsa Habsburg.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Albert III dilahirkan di Wina, putra ketiga Adipati Albert II dari Austria dan istrinya Johanna dari Pfirt. Meskipun ayahnya memutuskan bahwa putra sulung harus menjadi pewaris tunggal, setelah kematian ayahnya pada tahun 1358, Albert kemudian mewariskan pemerintahan dari kedua kakandanya Rudolf IV dan Frederick III dan kemudian membaginya dengan adiknya Leopold III.

Pada tahun 1377, Albert pergi ke perang salib melawan pagan Lituania dan Samogitian.

Setelah kematian Rudolf dan Frederick tanpa memiliki keturunan, Albert dan saudaranya, Leopold III, pada tahun 1379, membuat Perjanjian Neuberg untuk membagi wilayah-wilayah Habsburg. Albert menerima Austria dan Leopold memerintah Stiria, Kärnten, Tirol dan Austria Selanjutnya.

Pemerintahannya bermanfaat bagi kerajaan, karena ia mendukung kesenian dan ilmu pengetahuan. Albert sendiri juga merupakan seorang yang terpelajar, terutama sebagai ahli matematika. Ia mengembangkan Universitas Wina dan berupaya untuk membarui lagi Wina.

Albert wafat pada tahun 1395 di kastil Schloss Laxenburg. Ia dimakamkan di Makam Bawah Tanah Adipati, Katedral Stephansdom, Wina.

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Albert III menikah dua kali. Pernikahan pertama, setelah tanggal 19 Maret 1366, dengan Elisabeth dari Bohemia (1358-1373), putri Charles IV, Kaisar Romawi Suci. Pernikahan ini tidak menghasilkan keturunan; istrinya meninggal pada usia 15 tahun. Pernikahan keduanya dengan Beatrix dari Nuremberg, putri Frederick V dari Nuremberg dan Elisabeth dari Meissen yang hanya memberikannya seorang putra, Albert IV, yang menjadi pewarisnya. Elisabeth dari Meissen adalah keturunan Wangsa Babenberg para adipati Austria.


Didahului oleh:
Rudolf IV
Adipati Agung Austria
1365–1395
bersama dengan Leopold III (1365-1379)
Diteruskan oleh:
Albert IV, Adipati Austria
Adipati Stiria
1365–1379
bersama dengan Leopold III
Diteruskan oleh:
Leopold III
Adipati Kärnten
1365–1379
bersama dengan Leopold III
Pangeran Tirol
1365–1379
bersama dengan Leopold III
Didahului oleh:
Leopold III
Pangeran Tirol
1386–1395
Diteruskan oleh:
Leopold IV