Albert Eduard Stoové

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Albert Eduard Stoové
AEStoove.png
Albert Eduard Stoové
Pengabdian Bendera Belanda Hindia-Belanda
Lama dinas 1939-1946
1954-1976
Pangkat Sersan
Kesatuan 2-VLG-V
334 Squadron
Perang Pertempuran Malaya
Pertempuran Muar
Pertempuran Balikpapan
Pertempuran Selat Makassar
Pertempuran Jawa
Penghargaan Vliegerkruis

Albert Eduard Stoové (lahir di Yogyakarta, Hindia-Belanda (kini Indonesia), 26 Desember 1920 – meninggal di Delft, Belanda, 23 September 2010 pada umur 89 tahun) adalah seorang penerbang di AU KNIL berpangkat sersan semasa Perang Dunia II. Atas dinasnya di 2-VLG-V di bawah pimpinan Kapt. Jacob Pieter van Helsdingen, pada tanggal 24 Februari 1942 Stoové dianugerahi Salib Penerbang.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Singapura[sunting | sunting sumber]

Bantuan Belanda untuk Singapura sudah direalisasikan sebelum dimulainya perang. Sejak bulan Oktober 1940, militer Belanda dan Britania Raya saling bertukar informasi. Di bulan November, diselenggarakan diskusi pertama antara Britania Raya, Australia, dan Belanda mengenai pertahanan wilayah yang diselenggarakan bersama-sama. Pada tanggal 9 Desember 1941, sekelompok pesawat bertolak ke Singapura; Stoové berada di antara mereka yang menaiki 2-VLG-V. Secara keseluruhan, terdapat 27 Glenn Martin, 139 pesawat pengebom dan 12 Brewster Buffalo yang ditempatkan di Lapangan Udara Kallang.

Dari lapangan udara tersebut, Stoové menjalankan berbagai misi untuk mempertahankan Singapura, yang saat itu salah satu misinya adalah menenggelamkan 1 kapal torpedo Jepang, dan 4 pesawat Jepang ditembak jatuh. Selama aksi tersebut, seorang pilot (Sersan Groot) tewas. Kelompok itu kembali ke Jawa pada tanggal 18 Januari 1942. Bersama dengan 7 pilot Brewster Buffalo lainnya, ia terbang ke Lapangan Udara Semplak (kini Lapangan Udara Atang Sendjadja) di Buitenzorg (kini Bogor), sementara 23 pilot lainnya terbang ke LU Andir (kini Bandar Udara Husein Sastranegara) di Bandung dan LU Cililitan (kini Bandar Udara Halim Perdanakusuma) di Batavia (kini Daerah Khusus Ibukota Jakarta).

Selat Makassar[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Januari, Stoové adalah salah satu pilot yang melakukan bombardemen atas kapal-kapal Jepang di Selat Makassar. Secara keseluruhan, terdapat 20 Brewster Buffalo yang masing-masing membawa 2 bom berbobot 50 kg. Semuanya ada 8 hit yang didaftarkan di 4 kapal. Pada aksi ini, 1 Brewster Buffalo ditembak jatuh oleh Jepang.