Instrumen musik tiup kayu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
contoh reeds-resonator suara pada instrumen musik tiup kayu
Contoh audio:

Instrumen musik tiup kayu (Bahasa Inggris: woodwind instrument) merupakan instrumen musik yang menghasilkan suara dari getaran pada celah sempit yang terdapat pada tepi instrumen saat ditiup oleh pemainnya. Kebanyakan instrumen musik ini dulu dibuat dari kayu, namun beberapa di antaranya, seperti saksofon dan hampir semua jenis flute, umumnya terbuat dari bahan lain seperti logam atau plastik.

Jenis instrumen musik tiup kayu[sunting | sunting sumber]

  • Reed tunggal, instrumen musik ini menggunakan sebuah reed-resonator penghasil suara, biasanya terbuat dari kayu tipis, rotan, ataupun plastik yang diikat pada mouthpiece khusus. Saat udara ditiupkan di antara reed dan mouthpiece, reed akan bergetar dan getaran itulah yang menghasilkan suara. Instrumen dengan reed tunggal di antaranya adalah klarinet dan saksofon.
  • Reed ganda, instrumen musik jenis reed ganda menggunakan dua buah reed yang menjepit satu sama lain, saat ditiup ke dua sisi tersebut akan menghasilkan getaran yang menimbulkan suara pada instrumen. Instrumen yang termasuk dalam kategori ini contohnya adalah oboe. Ada dua jenis sub kategori:
    • Double reed exposed, reed terletak pada bibir pemain. Termasuk ke dalam jenis instrumen musik ini adalah oboe, bassoon.
    • Double reed capped, reed diletakkan pada lubang dan ditutup dengan penutup khusus, Untuk memainkannya pemain meniupkan udara ke dalam lubang tersebut. Termasuk dalam jenis ini contohnya adalah jenis-jenis bagpipe, yaitu instrumen musik tradisional Inggris dan Skotlandia.
  • Flute, jenis instrumen musik ini menghasilkan suara saat udara ditiup pada sisi dari dari lubang khusus yang terdapat pada badan instrumen. Terdapat dua sub kategori pada jenis instrumen musik ini:
    • Open flute, kebanyakan jenis flute yang umum dikenal merupakan instrumen yang termasuk dalam kategori open flute. Saat dimainkan, bibir pemain membentuk suatu aliran udara pada sisi sehingga menimbulkan resonansi suara. Contoh yang paling mendekati dalama hal ini adalah cara yang umum dilakukan untuk menghasilkan bunyi saat meniup sebuah botol.
    • Closed flute, Saat instrumen ini dimainkan, udara yang ditiupkan oleh pemain akan dibentuk oleh instrumen dan mengarahkan pada celah khusus sehingga menghasilkan bunyi. Contoh jenis ini yang umum dikenal adalah peluit dan rekorder.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]