Alan Smithee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Alan Smithee adalah nama samaran resmi yang digunakan oleh sutradara film yang ingin menyangkal suatu proyek filmnya, diciptakan pada tahun 1968. Sampai penggunaannya dihentikan secara resmi pada tahun 2000, Alan Smithee adalah satu-satunya nama samaran yang digunakan oleh anggota-anggota Serikat Sutradara Amerika (DGA) ketika seorang sutradara tidak puas dengan produk akhir terbukti dengan kepuasan dari gilda panel bahwa ia telah tidak mampu menjalankan kontrol kreatif film. Direktur juga diwajibkan oleh peraturan serikat tidak membicarakan keadaan menuju bergerak atau bahkan untuk mengakui sebagai sutradara sebenarnya.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum 1968, DGA mengatur untuk tidak mengizinkan sutradara mengkreditkan dengan nama samaran. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah produsen memaksa sutradara, yang akan menghambat perkembangan naskah mereka. Gilda juga mengharuskan sutradara untuk dikreditkan, hal ini bertujuan mendukung filosofi DGA bahwa sutradara adalah kekuatan kreatif utama di balik film.

nama samaran Smithee dibuat pertama kalinya pada film Death of a gunfighter, yang dirilis pada tahun 1969. Selama pembuatan film, aktor utama Richard Widmark tidak pernah bahagia dengan sutradara Robert Totten, dan mengatur agar dirinya digantikan oleh Don Siegel. Siegel kemudian memperkirakan bahwa Totten telah menghabiskan 25 hari syuting, dan dia telah menghabiskan 9-10 scene , termasuk di bagian akhir Siegel. Tapi ia menjelaskan bahwa Widmark bukanlah seorang sutradara yang baik dan efektif. Ketika film selesai, Siegel tidak ingin mengambil kredit untuk itu, dan Totten menolak untuk mengambil kredit di tempat. DGA mendengar sengketa sepakat bahwa film itu tidak mewakili sutradara yang kreatif baik visi

Proposal awal adalah untuk kredit fiktif "Al Smith", tapi nama sudah itu dianggap terlalu umum, dan sebenarnya sudah digunakan oleh banyak industri film. Lalu berubah menjadi "Smithe", maka "Smithee", yang dianggap cukup unik untuk menghindari kebingungan, tetapi tanpa menarik perhatian kepada dirinya sendiri. Para kritikus memuji film tersebut , 'The New York Times' berkomentar bahwa film itu diarahkan oleh Allen Smithee yang mempunyai fasilitas untuk scanning wajah dan latar belakang"[1] yang tajam dan Roger Ebert berkomentar, "Nama itu tidak akrab denganku, dan nama itu memungkinkanku untuk mengungkapkan ceritanya secara alami[2] "

Sementara itu, nama samaran "Alan Smithee" diterapkan pada data sebelumnya untuk Fade-In (juga dikenal sebagai Iron Cowboy), film yang dibintangi oleh Burt Reynolds dan disutradarai oleh Jud Taylor, yang pertama kali disiarkan sebelum rilis Death of a gunfighter[3] Taylor juga meminta nama samaran untuk Kota di Fear (1980) dengan David Janssen. Taylor berkomentar tentang penggunaan nama samarannya ketika ia menerima DGA Robert B. Aldrich Achievement Award Robert B. Aldrich pada tahun 2003.

"Aku punya beberapa masalah dalam karierku yang berkaitan dengan mengedit dan tidak memiliki kontrak-banyak dalam ruangan yang editing agenku tidak bisa memecahkan masalah. Jadi, aku pergi ke Persekutuan dan berkata," apa yang terjadi. " Aku punya Alan Smithee untuk mereka berdua. Ini adalah sinyal untuk industri dari hak kreatif sudut pandang yang menunjukkan telah dirusak" [4]

Nama itu juga diterapkan sebelumnya pada tahun 1955 pada drama televisi yang berdurasi setengah jam Mrs Jarvis yang dibintangi Angela Lansbury ketika dirilis dalam bentuk VHS pada 1992.

Ejaan "Alan Smithee" menjadi standar, dan Internet Movie Database mencatat sekitar dua lusin film dan banyak lagi fitur dan serial televisi episode dikreditkan ke nama ini.[5]

Selama bertahun-tahun nama dan tujuannya menjadi lebih dikenal masyarakat luas. Beberapa Sutradara melanggar undang-undang yang membahas penggunaan nama samaran. Pada tahun 1998, sebuah film Alan Smithee Yang berjudul: An Alan Smithee Film: Burn Hollywood Burn' dirilis, di mana seorang pria bernama Alan Smithee ingin membuat sebuah film yang sebelumnya telah ia arahkan dengan mengingkari undang-undang perfilman yang telah berlaku, namun ia tidak mampu karena satu-satunya nama samaran yang dia inginkan adalah namanya sendiri. Film ini disutradarai oleh Arthur Hiller, yang kemudian dilaporkan kepada produser Joe Eszterhas dan dianggap sebagai film yang telah mengganggu kreatifitas, dan berhasil dihapus namanya dari film, jadi "Alan Smithee" dipuji sebagai gantinya. Film ini amat sangat komersial dan gagal dipasaran, film ini menjijikan, dan hanya $ 45,779 di AS dengan anggaran sekitar $ 10 juta[6]. [7] sementara itu situs web Rotten TomatoesTemplat:Http://www.rottentomatoes.com melaporkan bahwa agregat rating kritis hanya 6% positif[rujukan?] .

Tetapi masyarakat sepertinya sudah menarik perhatian pada samaran. Setelah itu, nama Alan Smithee di pensiunkan setelah film Supernova (2000) tidak memuaskan dan nama sutradara Walter Hill dikreditkan sebagai pengganti Thomas Lee

Sementara itu, nama Alan smithee tersebut tetap digunakan di luar industri film, dan terus digunakan di media lain dan proyek-proyek film yang tidak berada di bawah pengawasan badan DGA. Variasi seperti "Alan Smythee" dan "Adam Smithee" juga muncul. {Rujukan} Walaupun nama samaran itu dimaksudkan untuk digunakan oleh sutradara, film tahun 1981 Lembaga Mahasiswa dikreditkan "Allen Smithee" sebagai produser di tempat produser, Michael Ritchie. Sang sutradara, Mickey Rose, mengambil kredit di bawah namanya sendiri.[8]

Sutradara[sunting | sunting sumber]

berdasarkan credit title "Smithee"; Fade-In / Iron Cowboy (1968). Sutradarai oleh Jud Taylor.
Death of a Gunfighter (1969). Disutradarai oleh by Robert Totten dan Don Siegel.
City in Fear (1980). Jud Taylor.
Twilight Zone: The Movie (1983).

Assisten Sutradara[sunting | sunting sumber]

Stitches (1985), Rod Holcomb
Let's Get Harry (1986), Stuart Rosenberg
Morgan Stewart's Coming Home (1987), Paul Aaron and Terry Windsor
The Shrimp on the Barbie (1990), Michael Gottlieb
Solar Crisis (1990), directed by Richard C. Sarafian
The Birds II: Land's End (1994), directed by Rick Rosenthal
National Lampoon's Senior Trip (1995), directed by Kelly Makin
Smithee Raging Angels (1995)
Hellraiser: Bloodline (1996), directed by Kevin Yagher
Mighty Ducks the Movie: The First Face-Off (1997), bekerja sama dengan sutradara Steve Langley
An Alan Smithee Film: Burn Hollywood Burn (1998), Arthur Hiller
River Made to Drown In (1999), James Merendino
Woman Wanted (2000), Kiefer Sutherland

Kru Film[sunting | sunting sumber]

Dune (1984) diperpanjang dan disunting untuk siaran televisi, David Lynch; Lynch's penulis naskah untuk "Judas Booth", dan gurauan kecil untuk Lynch.
Ganheddo (AKA GunHed) (1989) dirilis di Amerika, sutradara Masato Harada
The Guardian (1990) sebagai editing tv, sutradara William Friedkin
Backtrack (1990) yang di rilis di bioskop, sutradara Dennis Hopper,
Scent of a Woman (1992) editing broadcast tv, sutradara Martin Brest
Rudy (1993) editor tv, sutradara David Anspaugh
Showgirls (1995) editing tv, sutradara Paul Verhoeven (yang menggunakan nama samaran smith pada "Jan Jensen").
Heat (1995) editing tv, sutradara Michael Mann
Meet Joe Black (1998), editing tv, oleh Martin Brest

The Insider (1999) sebagai editor tv, sutradara Michael Mann

Sutradara TV[sunting | sunting sumber]

Tiny Toon Adventures, yang sering tidak konsisten dan dialog karya seni yang telah ditulis ulang pada menit terakhir, memiliki beberapa episode yang dikreditkan ke "Alan Smithee"; beberapa episode ini benar-benar diarahkan oleh Art Leonardi.
A Nero Wolfe Mystery, "Motherhunt" (2002), episode ke 5 season 2
It's Academic (June 19, 2006); episode ini telah banyak dikaitkan dengan kredit Smithee.[11]
Karen's Song first episode.
La Femme Nikita, "Catch a Falling Star", episode 16 musim 4 Serial TV Amerika, Sutradara Joseph Scanlan.
MacGyver, "Pilot" and "The Heist" episode (1985).
Moonlight TV movie and pilot for an unsold series (1982) (tidak menjadi bingung dengan CBS), sutradara Jackie Cooper and Rod Holcomb.

The Simpsons, "D-oh in the Wind" episodes (1998), disebutkan sebagai nama sutradara dalam film kredit untuk promosi video pada pekerjaan nuklir.

Sutradara video klip[sunting | sunting sumber]

"I Will Always Love You" - Whitney Houston (1992)
"Heaven n' Hell" - Salt-N-Pepa (1994)
"Digging The Grave" - Faith No More (1995)
"Building A Mystery" - Sarah McLachlan (1997),
"I Don't Want to Wait" - Paula Cole (1997)
"So Help Me Girl" - Gary Barlow (1997)
"Kiss the Rain" - Billie Myers (1998)
"The First Night" - Monica (1998)
"Sweet Surrender" - Sarah McLachlan (1998),
"Reunited" - Wu-Tang Clan (1998)
"Waiting For Tonight" - Jennifer Lopez (1999)
"The Future Is X-Rated" - Matthew Good Band (1999)
"Maria" - Blondie (1999)
"No More" - Ruff Endz (2000)
"In Your Eyes" - Jeffrey Gaines (2001)
"Lose My Breath" - Destiny's Child (2005)
"Juicebox" - The Strokes (2005)
"Hunting for Witches" - Bloc Party (2000)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thompson, Howard (May 10 1969). "Screen: Tough Western: 'Death of a Gunfighter' Stars Widmark" New York Times [1]
  2. ^ "Roger Ebert's review of Death of a Gunfighter". Rogerebert.suntimes.com. 1969-05-12. Diakses 2010-01-27. 
  3. ^ Posted by Notorc @ 6/12/2006 11:45:00 AM (2006-12-06). "Postscripts: Almost Famous: The Spelvins, the Plinges and the Smithees". Notorc.blogspot.com. Diakses 2010-01-27. 
  4. ^ "MAGAZINE | FEATURES | DGA Awards Aldrich: Jud Taylor | VOL 27-6: MAR 2003". Dga.org. Diakses 2010-01-27. 
  5. ^ Internet Movie Database listing for "Alan Smithee"
  6. ^ "Burn Hollywood Burn at Box Office Mojo". Boxofficemojo.com. Diakses 2010-01-27. 
  7. ^ "Burn Hollywood Burn at Rotten Tomatoes". Rottentomatoes.com. 2003-08-05. Diakses 2010-01-27. 
  8. ^ Student Bodies at Internet Movie Database