Al-Haram Al-Khalil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Enclosure Al-Haram Al-Khalil di bawah lantainya merupakan Gua Machpelah

Al-Haram Al-Khalil atau Al-Haram Al-Ibrahimi atau Masjid Ibrahimi adalah sebuah masjid di kota Hebron (Al-Khalil).

Maksudnya "Haram" artinya suci, seperti pada istilah Tanah Haram (tanah suci), Masjidil Haram (Masjid Suci) yang maksudnya tempat yang diharamkan melakukan perbuatan yang melanggar kesuciannya.

Dalam literatur ada pula disebutkan; "In Arabic, the flatform created by an enclosure walls is called a haram".

Sedangkan Al-Khalil adalah gelar bagi Nabi Ibrahim, yang selengkapnya disebut "Khalilullah" (artinya, Kekasih Allah). Karena itu kota Hebron dinamakan Al-Khalil, dimana terdapat makam dari Nabi Ibrahim dan keluarganya yaitu di komplek Mesjid Ibrahim (Al-Haram Al-Khalil) yang tepatnya berada di bawah lantai Masjid Ibrahimi yang disebut gua Machpelah (bahasa Yahudi, Ma'arat Ha-Machpelah).

Di dalam Masjid Ibrahimi terdapat beberapa buah cenotaph, yang melambangkan masing-masing jasad yang dikubur yaitu Nabi Ibrahim dan keluarganya. Kuburan asli para Nabi tersebut sebenarnya terletak di bawah lantai bangunan ini dan dapat dimasuki melalui lubang kecil pada lantai di samping mihrab/pengimaman sholat. Cenotaph berada dalam ruangan berbentuk segi delapan (oktagonal) untuk makam para laki-laki seperti Nabi Ibrahim, Nabi Ya'kub dan Nabi Ishak. Untuk cenotaph untuk makam para wanita berada dalam ruangan berbentuk segi enam, seperti Sarah dan Leah.

Menurut literatur; "A cenotaph is a tomb or monument erected in honor of a person whose body is elsewhere".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]