Aksi Anak Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Aksi Anak Bangsa
Format Talent show
Variety show
Juri Rina Nose
Ira Maya Sopha
Sule
Limbad
Dik Doank
Jojon
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia
Jumlah seri 1
Produksi
Durasi 120 menit
Siaran
Saluran asli RCTI
Periode siaran 6 November 2010–23 Januari 2011

Aksi Anak Bangsa adalah sebuah acara pencarian bakat anak-anak bangsa yang dikemas dalam sebuah program bergenre talent show. Acara ini tayang di RCTI dan musim pertamanya dimulai 6 November 2010.

Pendaftaran Aksi Anak Bangsa dilakukan via internet dan radio partner. Audisinya dilakukan di kota-kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Bandung dan Jakarta.

Seluruh kontestan Aksi Anak Bangsa yang telah terseleksi setiap minggunya akan disaingkan dalam “Panggung Aksi Bangsa”. Penampilan para kontestan akan dikomentari oleh para Juri, antara lain Ira Maya Sopha, Rina Nose, Dik Doank (terkadang digantikan Sule, Master Limbad atau Opa Jojon). Sistem pemilihan Aksi Anak Bangsa diadakan dengan cara voting SMS. Pada babak “Penetuan Aksi Anak Bangsa”, satu sampai dua peserta dengan voting terendah harus tereliminasi setiap minggunya. Pada babak “Penentuan Aksi Anak Bangsa”, diadakan Babak pilihan Juri. Lima hingga tiga yang mendapatkan voting terendah akan menghadapi Babak pilihan ini, dimana Juri akan menyelamatkan peserta yang dinilai layak untuk bertahan dan menunjukkan kembali aksinya pada minggu berikutnya. Apabila peserta yang diselamatkan adalah peserta dengan voting terendah maka yang tereliminasi adalah peserta yang memiliki voting terendah kedua.

Acara ini tidak sama dengan Indonesia Mencari Bakat, acara serupa yang tayang di Trans TV. Tapi sama-sama pernah diparodikan melalui program Big Show TPI menjadi Indonesia Mencari Maaf. Pada Grand Final 23 Januari 2011 yang menjadi juara 1 adalah Sensen dari Surabaya juara 2 adalah Purwa Kembar dari Purwakarta dan juara 3 adalah Five Boys dari Semarang

Musim Pertama[sunting | sunting sumber]

Pada Musim ini, Aksi Anak Bangsa menggelar audisi di 5 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Malang, Semarang, dan Surabaya. Audisi ini diadakan untuk mencari 14 peserta terpilih. Keempat belas peserta / Grup Aksi Anak Bangsa Season 1 menurut abjad adalah:

  • Afifah Ifahnda / Afifah (Pop Singer)
  • Khaeirul Fadhilah / Arul (Tambour Arts)
  • De’Little Kreenz / DLK (Hip Hop Dancer Group)
  • Deva Ananda Arjunka / Deva (Singer)
  • Apjpyanti Meidiana / Didi (Drummer)
  • Edgar Xavier Marvelo / Edgar (Wushu Arts)
  • Five Boys / FB (Boys Band Group)
  • Muslimin Budiman / Iyan (All around Dancer)
  • Nabila Intania Putri / Nabila (Traditional Dancer)
  • Andreas Nico / Nico (Basketball Action)
  • Purwa Kembar / Kembar (Traditional Dancer Group)
  • Putri Susilowati / Putri (Bollywood/Indian Dancer)
  • Luke Waters / Sensen (Modern Singer)
  • Wilson Herinanto / Wilson (Breakdancing)
Peserta Aksi Anak Bangsa
Finalis
(disertai tanggal eliminasi)
Sensen Juara
Kembar Runner Up
FB 23 Januari
Edgar 16 Januari
Arul 16 Januari
Deva 9 Januari
Didi 2 Januari
Nabila 26 Desember
DLK 19 Desember
Afifah 12 Desember
Iyan 5 Desember
Wilson 28 November
Nico 21 November
Putri 21 November

Panggung Aksi Anak Bangsa membawakan sebuah konsep yaitu Babak Pilhan Juri yang diadakan pada “Penetuan Aksi Anak Bangsa” hari berikutnya setelah penampilan mereka di “Panggung Aksi Anak Bangsa”. Juri akan menyelamatkan 1 dari 3 hingga 5 peserta dengan voting terendah yang berpenampilan baik dan dinilai layak untuk melanjutkan aksinya. Babak Pilihan Juri hanya berlangsung sampai 7 besar saja karena mulai 6 besar keputusan diserahkan kepada hasil voting SMS. Pada akhir Aksi Anak Bangsa ini, Five Boys, Purwa Kembar dan Sensen masuk ke grand final dan pada Penentuan Grand Final Aksi Anak Bangsa, Sensen terpilih menjadi juara Aksi Anak Bangsa yang pertama.

Hasil Penentuan Panggung Aksi Anak Bangsa[sunting | sunting sumber]

SMS Tertinggi Diselamatkan Juri Tidak Aman Lolos tanpa kecuali Eliminasi
Babak: Spektakuler Final
Minggu: 14/11 21/11 28/11 05/12 12/12 19/12 26/12 02/01 09/01 16/01 23/01
Posisi Nama Peserta Hasil
1 Sensen Aman Aman Aman TA Juara
2 Kembar TA Aman AJ Aman Runner Up
3 FB Lolos Aman Runner Up
4-5 Edgar TA TA Elim
Arul AJ AJ TA
6 Deva Aman Aman Aman Aman TA TA Elim
7 Didi AJ TA Elim
8 Nabila AJ Elim
9 DLK TA AJ Elim
10 Afifah Elim
11 Iyan TA AJ Elim
12 Wilson AJ TA Elim
13-14 Nico Elim
Putri TA
  • Catatan = Pada babak 14 Besar Five Boys dinyatakan tidak tereliminasi dan diberikan kesempatan untuk melanjutkan aksinya minggu depan bersama Putri dan bintang bangsa yang lain, dan pada babak 14 Besar yang sebenarnya (minggu berikutnya), ternyata ada dua peserta yang harus tereliminasi karena pada minggu sebelumnya tidak ada yang tereliminasi. Lalu pada babak 5 Besar ada dua peserta yang harus tereliminasi sekaligus yaitu Edgar dan Arul, sementara 3 peserta yang lain yaitu Five Boys, Purwa Kembar dan Sensen langsung lolos ke Grand Final yang digelar minggu berikutnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]