Aksara Tokharia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Aksara Tokaria)
Aksara Tokharia
Dinding Gua Kizil bergambar Buddha berdiri.Sering dikaitkan pada abad ke-7 M,[1] tetapi berdasarkan penanggalan karbon, gambar itu dibuat pada tahun 245-340 M.[2] Prasasti Tokharia B tertulis:

Se pañäkte saṅketavattse ṣarsa papaiykau
"Buddha ini dilukis oleh tangan Sanketava".[3][4][5][6]
Jenis aksara
BahasaBahasa Tokharia
Periode
abad ke-8 Masehi
Aksara terkait
Silsilah
Aksara kerabat
Aksara Gupta, Aksara Vatteluttu
 Artikel ini mengandung transkripsi fonetik dalam Alfabet Fonetik Internasional (IPA). Untuk bantuan dalam membaca simbol IPA, lihat Bantuan:IPA. Untuk penjelasan perbedaan [ ], / / dan  , Lihat IPA § Tanda kurung dan delimitasi transkripsi.
Contoh aksara Tokharia pada tablet.

Aksara Tokharia,[7] juga dikenal sebagai Aksara Gupta miring Asia Tengah atau Aksara Brāhmī Turkestan Utara,[8] adalah aksara berjenis abugida yang menggunakan sistem tanda diakritik untuk mengasosiasikan vokal dengan simbol konsonan. Aksara ini diturunkan dari aksara Brahmi. Aksara ini digunakan untuk menulis bahasa Tokharia, bahasa Indo-Eropa yang pernah dituturkan di Asia Tengah, pada abad ke-8 Masehi (dengan beberapa yang lebih awal, mungkin pada awal 300 M)[9] yang ditulis pada daun lontar, tablet kayu, dan kertas Tiongkok Kuno, yang terawetkan oleh iklim yang sangat kering di Cekungan Tarim. Contoh bahasa ini telah ditemukan di situs-situs arkeologi di Kucha dan Karasahr, termasuk banyak prasasti mural. Nama ini sebenarnya keliru dalam mengidentifikasi penutur bahasa dan aksara ini dengan bangsa-bangsa di Tokharistan (yaitu Baktria), penulis awal menyebut bahasa ini dengan nama "Tokharia". Penamaan ini terlanjur menjadi umum, meskipun nama Agnea dan Kuchea telah diusulkan sebagai nama pengganti.[10][11]

Bahasa Tokharia A dan B tidak saling dipahami. Berdasarkan interpretasi tentatif twqry yang terkait dengan Tokharoi, hanya Tokharian A yang dapat disebut sebagai Tokharia, sedangkan Tokharia B seharusnya disebut sebagai Kuchea (nama aslinya mungkin kuśiññe), tetapi karena kedua tata bahasa itu biasanya diperlakukan bersama dalam karya ilmiah, istilah A dan B telah terbukti bermanfaat. Bahasa Proto-Tokharia merupakan bahasa leluhur yang membentuk bahasa Tokharia, mungkin dituturkan pada milenium pertama SM. Mengingat jangkauan geografis yang kecil dan kurangnya naskah non-agamis pada bahasa Tokharia A, mungkin dipakai sebagai bahasa liturgis, hubungan antara keduanya dapat dibandingkan dengan bahasa Tionghoa Klasik dan bahasa Mandarin. Namun, kurangnya naskah non-agamis pada bahasa Tokharia A sama sekali tidak pasti, karena pelestarian teks-teks Tokharia umumnya ditemukan secara terpisah-pisah.

Aksara yang ditulis oleh bangsa Tokharia berasal dari aksara Brahmi (berjenis abugida) dan dikenal sebagai aksara Brahmi miring. Segera menjadi jelas bahwa sebagian besar manuskrip adalah terjemahan dari karya-karya Buddha dalam bahasa Sanskerta dan beberapa di antaranya bahkan dwibahasa, memfasilitasi penguraian bahasa baru. Selain teks-teks agama Buddha dan Maniisme, ada juga korespondensi dan catatan biara, naskah perdagangan, izin karavan, dan teks obat-obatan dan sihir, serta satu puisi cinta. Banyak bangsa Tokharia memeluk sinkretisme Maniisme dan Buddha.

Pada tahun 1998, ahli bahasa berkebangsaan Tiongkok bernama Ji Xianlin menerbitkan terjemahan dan analisis pecahan prasasti dari Maitreyasamitināṭaka, yang ditemukan pada tahun 1974 di Yanqi, Xinjiang.[12][13][14]

Aksara Tokharia mungkin tidak dipakai lagi sejak tahun 840 M, ketika suku Uighur diusir dari Mongolia oleh bangsa Kirgiz, mundur ke Cekungan Tarim. Teori ini didukung oleh penemuan terjemahan teks Tocharian ke dalam bahasa Uyghur. Selama pemerintahan Uyghur, orang-orang bercampur dengan Uyghur untuk menghasilkan banyak populasi modern yang sekarang disebut Xinjiang.

Huruf[sunting | sunting sumber]

Aksara Tokharia didasarkan pada aksara Brahmi, dengan masing-masing konsonan memiliki vokal bawaan, yang dapat diubah dengan menambahkan tanda vokal atau dihilangkan dengan tanda pembatalan khusus, wirama. Seperti Brahmi, Tokharia menggunakan susun untuk konsonan konsonan dan memiliki bentuk konjungsi tidak beraturan dari huruf , ra.[15] Tidak seperti aksara Brahmi lainnya, Tokharia memiliki set karakter kedua yang disebut sebagai Fremdzeichen, yang menggandakan beberapa konsonan standar, tetapi dengan vokal "Ä" yang melekat.[16] Kesebelas Fremdzeichen paling sering ditemukan sebagai pengganti konsonan+virama standar dalam konjungsi, tetapi mereka dapat ditemukan dalam konteks apa pun selain dengan tanda vokal "Ä" yang eksplisit. Fremdzeichen sebagai konsonan+wirama tidak ditemukan dalam teks Tokharia selanjutnya.

Tabel huruf Tokharia[sunting | sunting sumber]

Vokal Tokharia
Vokal independen A Ā I Ī U Ū
R̥̄ E Ai O Au Ä
Vokal diakritik
(di sini diterapkan pada
sebagai contoh)
Tha Thā Thi Thī Thu Thū
Thr̥ Thr̥̄ The Thai Tho Thau Thä
Konsonan Tokharia
Velar Ka Kha Ga Gha Ṅa
Baku
Fremdzeichen
Palatal Ca Cha Ja Jha Ña
Retrofleks Ṭa Ṭha Ḍa Ḍha Ṇa
Dental Ta Tha Da Dha Na
Baku
Fremdzeichen
Labial Pa Pha Ba Bha Ma
Baku
Fremdzeichen
Sonoran Ya Ra La Va
Baku
Fremdzeichen
Sibilan Śa Ṣa Sa Ha
Baku
Fremdzeichen
Tanda baca lain
Wisarga Anuswara Wirama (pada na) Jihwamuliya Upadhmaniya

Evolusi dari aksara Brahma ke Tokharia[sunting | sunting sumber]

Bahasa Sanskerta abad ke-2 M, Gua Kizil. Baris pertama: "... [pa]kasah tasmad asma(d)vipaksapratipaksas..." . Spitzer, Naskah pecahan folio 383.

Naskah dalam bahasa Sanskerta, ditulis dalam aksara Brahmi Pertengahan gaya Kushan, memakai metode penanggalan karbon, sehingga naskah itu berasal dari abad ke-2 M, telah ditemukan di Cekungan Tarimdan khususnya di Kizil. Beberapa fragmen, sangat mungkin manuskrip Sanskerta tertua dari jenis apa pun yang terkait dengan agama Buddha dan Hindu yang ditemukan sejauh ini, ditemukan pada tahun 1906 dalam bentuk tumpukan lebih dari 1.000 fragmen daun palem di Gua Kizil, selama ekspedisi Turfan ketiga yang dipimpin oleh Albert Grünwedel. Usia manuskrip yang dikalibrasi dengan teknik Carbon-14 adalah 130 M (80–230 M), sesuai dengan aturan raja Kushan bernama Kanishka.

Aksara Tokharia berevolusi dari aksara Brahmi Pertengahan gaya Kushan,[17]

Evolusi dari aksara Brahmi ke Brahmi Kushan, dan ke Tokharia[18]
a i u e o k- kh- g- gh- ṅ- c- ch- j- jh- ñ- ṭ- ṭh- ḍ- ḍh-
Brahmi 𑀅 𑀇 𑀉 𑀏 𑀑 𑀓 𑀔 𑀕 𑀖 𑀗 𑀘 𑀙 𑀚 𑀛 𑀜 𑀝 𑀞 𑀟 𑀠
Brahmi Kushan
Tokharia
ṇ- t- th- d- dh- n- p- ph- b- bh- m- y- r- l- v- ś- ṣ- s- h-
Brahmi 𑀡 𑀢 𑀣 𑀤 𑀥 𑀦 𑀧 𑀨 𑀩 𑀪 𑀫 𑀬 𑀭 𑀮 𑀯 𑀰 𑀱 𑀲 𑀳
Brahmi Kushan
Tokharia



Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Härtel, Herbert; Yaldiz, Marianne; Kunst (Germany), Museum für Indische; N.Y.), Metropolitan Museum of Art (New York (1982). Along the Ancient Silk Routes: Central Asian Art from the West Berlin State Museums : an Exhibition Lent by the Museum Für Indische Kunst, Staatliche Museen Preussischer Kulturbesitz, Berlin, Federal Republic of Germany (dalam bahasa Inggris). Metropolitan Museum of Art. hlm. 107. ISBN 978-0-87099-300-8. 
  2. ^ Waugh (Historian, University of Washington), Daniel C. "MIA Berlin: Turfan Collection: Kizil". depts.washington.edu. 
  3. ^ Härtel, Herbert; Yaldiz, Marianne; Kunst (Germany), Museum für Indische; N.Y.), Metropolitan Museum of Art (New York (1982). Along the Ancient Silk Routes: Central Asian Art from the West Berlin State Museums : an Exhibition Lent by the Museum Für Indische Kunst, Staatliche Museen Preussischer Kulturbesitz, Berlin, Federal Republic of Germany (dalam bahasa Inggris). Metropolitan Museum of Art. hlm. 107. ISBN 978-0-87099-300-8. 
  4. ^ Le Coq, Albert von. Die Buddhistische Spätantike in Mittelasien : vol.5. hlm. 10. 
  5. ^ "A dictionary of Tocharian B". www.win.tue.nl. 
  6. ^ In Ashokan Brahmi: 𑀲𑁂𑀧𑀜𑀓𑁆𑀢𑁂 𑀲𑀡𑁆𑀓𑁂𑀢𑀯𑀝𑁆𑀲𑁂 𑀱𑀭𑁆𑀲 𑀧𑀧𑁃𑀬𑁆𑀓𑁅
  7. ^ Diringer, David (1948). Alphabet A Key To The History Of Mankind. hlm. 347–348. 
  8. ^ "BRĀHMĪ – Encyclopaedia Iranica". www.iranicaonline.org. Diakses tanggal 2019-03-28. 
  9. ^ Earliest paintings from Kizil Caves with Tocharian inscriptions, now carbon dated to 245-340 CE, see Waugh (Historian, University of Washington), Daniel C. "MIA Berlin: Turfan Collection: Kizil". depts.washington.edu. 
  10. ^ Namba Walter, Mariko (October 1998). "Tokharian Buddhism in Kucha: Buddhism of Indo-European Centum Speakers in Chinese Turkestan before the 10th Century C.E." (PDF). Sino-Platonic Papers. 85: 2-4. 
  11. ^ Diringer, David (1948). Alphabet A Key To The History Of Mankind. hlm. 347–348. 
  12. ^ "Fragments of the Tocharian Diarsipkan 2008-02-01 di Wayback Machine.", Andrew Leonard, How the World Works, Salon.com, January 29, 2008
  13. ^ "Review of 'Fragments of the Tocharian A Maitreyasamiti-Nataka of the Xinjiang Museum, China. In Collaboration with Werner Winter and Georges-Jean Pinault by Ji Xianlin'", J. C. Wright, Bulletin of the School of Oriental and African Studies, University of London, Vol. 62, No. 2 (1999), pp. 367–370
  14. ^ "Fragments of the Tocharian a Maitreyasamiti-Nataka of the Zinjiang Museum, China", Ji Xianlin, Werner Winter, Georges-Jean Pinault, Trends in Linguistics, Studies and Monographs
  15. ^ Gippert, Jost. "Tocharian Brahmi Script". TITUS Didactica. Diakses tanggal 8 May 2013. 
  16. ^ Wilson, Lee. "Proposal to Encode the Tocharian Script (in the Unicode Standard / ISO 10646)" (PDF). Diakses tanggal 2020-06-09. 
  17. ^ Joshi, R. Malatesha; McBride, Catherine (11 June 2019). Handbook of Literacy in Akshara Orthography (dalam bahasa Inggris). Springer. hlm. 27. ISBN 978-3-030-05977-4. 
  18. ^ Diringer, David (1948). Alphabet A Key To The History Of Mankind. hlm. 247–248. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]