Akresi (astrofisika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gambar menunjukkan kesan artistik dari sebuah galaksi di alam semesta, 2 miliar tahun setelah ledakan dahsyat, dalam proses menarik gas dingin (ditunjukkan dalam warna oranye) dari sekitarnya.
Gambar menunjukkan kesan artistik dari sistem binari dengan piringan akresi mengelilingi lubang hitam.

Dalam astrofisika, istilah akresi digunakan untuk setidaknya dua proses yang berbeda.

Yang pertama dan paling umum adalah bertumbuhnya sebuah obyek yang besar dimana gravitasi obyek tersebut menarik lebih banyak materi, biasanya materi gas di piringan akresi.[1] Piringan akresi umum ada di sekitar bintang yang lebih kecil atau sisa-sisa bintang biner atau lubang hitam di pusat galaksi spiral.

Proses kedua adalah serupa dengan yang ada di salah satu ilmu atmosfer. Dalam teori nebula, akresi mengacu pada tabrakan dan menempelnya debu mikroskopis yang dingin dan partikel es elektrostatis, dalam cakram protoplanet dan sistem protoplanet raksasa gas, yang akhirnya menimbulkan planetisimal dan gravitasinya menghisap partikel kecil serta planetisimal lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Science with the VLTI". European Southern Observatory. 2008-08-08. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 24 May 2011. Diakses 2011-04-11.