Akrapovič

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Akrapovič
Jenis Perusahaan umum terbatas
Didirikan 1990
Pendiri Igor Akrapovič
Kantor pusat Ivancna Gorica, Slovenia
Tokoh penting Igor Akrapovič
Produk Motorcycle exhausts
Pendapatan €23 million (2006)[1]
Laba usaha €5 million (2006)[1]
Karyawan 450
Situs web www.akrapovic.com

Akrapovič (Templat:IPA-sl) adalaha perusahaan yang berasal dari Slovenia yang bergerak dalam pembuatan Sistem pembuangan atau Knalpot,khususnya untuk sepeda motor. Perusahaan ini pemasok terbesar knalpot untuk sepeda motor sport,digunakan di balap motor seperti Moto GP, superbike,supersport, supermoto, motocross,dan masih banyak lagi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Akrapovic didirikan pada tahun 1990 sebagai oleh pembalap Slovenia Igor Akrapovic. Sekitar 18 tahun lalu, Igor Akrapovic memulai kariernya sebagai tukang insinyur knalpot. Ia merancang dan membuat knalpot di bengkel kecil di Slovenia. Berbekal ilmu teknik yang diwarisi dari ayahnya, Igor memulai usaha ini di sebuah gudang tempat tinggalnya sekitar tahun 1990. Kemudian ia mendapatkan bantuan dari Slavko Trstenjak yang memiliki keahlian welding. Usaha ini terus berkembang dengan bergabungnya Marko Adamic yang menjabat sebagai manager pemasaran beberapa tahun kemudian sesudah Slavko bergabung. Hari ini, bengkel kecil itu telah berkembang menjadi sebuah perusahaan yang mendunia dan mempunyai 400 orang pegawai. Akrapovic memproduksi hampir semua bagian yang diperlukan untuk knalpot-knalpot racing yang bisa bersuara di ajang balap moge dunia, bahkan hingga baut-baut titaniumnya. Menurut Akrapovic, titanium sangat digemari di dunia balap, sebab lebih tahan banting dibandingkan karbon dan berbobot hanya sedikit lebih berat dibandingkan karbon. Akrapovic mulai dikenal dunia ketika ia mengajak tim Kawasaki Belanda untuk mencoba knalpot buatannya. Dan ternyata tim balap tersebut terkejut dengan hasilnya yang lebih baik dibanding knalpot buatan pabrikan. Dari tim inilah nama Akrapovic terus menjalar ke tim-tim WSBK lainnya hingga pada tahun 1999 seluruh tim WSBK kompak menggunakan knalpot Akrapovic.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini memiliki mitra kerjasama seperti dengan Yamaha yang menawarkan akan di pasang pada produknya sepeda balap R1 dan MT-01, dan BMW Motorrad juga menawarkan kepada Akrapovič akan di pasang F800R, HP2 Megamoto, dan sebagai pilihan pada kebanyakan sepeda lainnya. Knalpotnya juga dipasang pada banyak sepeda balap Kawasaki, terutama model knalpot Z1000 serta Honda,. Aprilia dan Suzuki. Akrapovič memasok sistem pembuangan untuk mobil LMP Audi sejak 2009 dan merupakan mitra Sport Audi resmi untuk pertama kalinya di musim 2012, Audi R18. Banyak pengendara motor terkemuka di seri Supersport diketahui mengendarai dengan menggunakan Akrapovič termasuk Roger Lee Hayden yang telah dipasang untuk Kawasaki nya

Bahan[sunting | sunting sumber]

Knalpot Akrapovic di sepeda motor Yamaha

Knalpot dibuat dari bahan-bahan seperti serat karbon dan titanium di pabrik perusahaan yang memiliki sendiri pengecoran titanium dan mesin hydroforming. Pengecoran titanium terletak 800 m2 di bangunan lokasi utama perusahaan di Ivancna Gorica proses pengecoran melibatkan injeksi lilin, sinar-X radioscopy, dan berbagai analisis kimia, dibantu oleh CAD / CAM / CEA.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

[2] [3][4][5]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]