Akademi Keperawatan Bethesda Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Akper Bethesda Yogyakarta
Didirikan 1996
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Niken WN Palupi., S.Kp., M.Kes
Lokasi Yogyakarta
Situs web akperbethesda.ac.id
Logo AKPER BETHESDA

Akademi Keperawatan Bethesda, disingkat Akper Bethesda, adalah perguruan tinggi swasta kesehatan di Yogyakarta, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1996.

Daftar Isi

  1. Sejarah
  2. Pimpinan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal mula Pendidikan Kesehatan atau Sekolah Perawat di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta didirikan lebih kurang akhir tahun 1899, yaitu setelah beberapa bulan berdirinya Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta pada tanggal 20 Mei 1899. Sekolah Perawat pada waktu itu diberi nama Sekolah Djuru Rawat, sekolah ini didirikan atas ide seorang dokter yaitu dr. Scheurer yang merasa berat mengemban pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bethesda pada saat itu. Pada tahun 1906 Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta bernama Zendingziekenhuis Petronella yang oleh masyarakat lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit “ Toeloeng” atau “Dokter Toeloeng”. Pada saat itu di bawah pimpinan dr. Pruys, pendidikan atau Sekolah Juru Rawat semakin ditingkatkan dan mulailah dicetak buku-buku Keperawatan dalam bahasa Jawa sebagai sumber referensi dan sekaligus dikembangkan Sekolah Bidan yang pola pendidikannya langsung tidak melalui jenjang Pendidikan Perawat terlebih dahulu.
Sejak tahun 1949 Sekolah Perawat di Bethesda Yogyakarta semakin berkembang. Pada tahun 1972 dalam Struktur Organisasi Rumah Sakit Bethesda mulai dicantumkan adanya Direktur Pendidikan dan Perawatan yang merupakan bagian dari Direkturium Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta saat itu.

Perkembangan Sekolah Perawat di Rumah Sakit Bethesda :

  1. Sekolah Djuru Kesehatan(DK)
  2. Sekolah Penjenang Kesehatan (PKC/PKE)
  3. Sekolah Pengatur Rawat

Sekolah Perawat di Rumah Sakit Bethesda yang bersifat Hospital Oriented, pada tahun 1980 sesuai dengan kebijakan pemerintah khususnya Departemen Kesehatan maka dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang bersifat Community Oriented.
Bersamaan dengan waktu tersebut, Rumah Sakit Bethesda selain mengelola Sekolah Perawat Kesehatan, masih mengelola juga Sekolah Bidan yang pada perkembangan berikutnya Sekolah Bidan merupakan lanjutan dari Sekolah Perawat (pada saat itu disebut Sekolah Pengatur Rawat), dengan masa pendidikan selama minimal 1 (satu) tahun, oleh sebab itu output nya disebut Perawat Bidan. Rumah Sakit Bethesda meluluskan Perawat Bidan terakhir tahun 1996.

Perkembangan berikutnya ada kebijakan Pemerintah yang menekan tidak diperbolehkannya Institusi Pendidikan Kesehatan untuk mengelola 2 (dua) macam Pendidikan Tinggi sekaligus, maka Rumah Sakit Bethesda saat itu memilih untuk berkonsentrasi di bidang Keperawatan. Sehingga sesuai SK Menkes R.I. No. HK.00.06.1.1.349.A. tertanggal 5 Februari 1996, SPK Bethesda dikonversi menjadi Akademi Keperawatan Bethesda (AKPER) yang merupakan Jenjang Pendidikan Tinggi Keperawatan.

Status kepemilikan Institusi Pendidikan tersebut harus secara langsung berada di bawah naungan Yayasan. Oleh sebab itu secara yuridis formal AKPER Bethesda Yogyakarta tidak lagi bernaung di bawah Rumah Sakit Bethesda tetapi menginduk langsung ke YAKKUM.
Akademi Keperawatan Bethesda yang berlokasi di Jalan Johar Nurhadi No. 6 Yogyakarta pada tahun akademik 1996/1997 resmi diijinkan oleh Pusdiknakes membuka Program Diploma III Keperawatan sesuai SK diatas yang telah mengalami beberapa pembaharuan perpanjangan izin dengan SK perpanjangan Izin yang terakhir Nomer : HK.03.2.4.1.04013, tanggal 5 Februari 2004. Pada tahun 1999 AKPER Bethesda dengan Strata Akreditasi B. Dari tahun 2002 sampai saat ini Strata Akreditasi A sesuai dengan SK. Kapusdiknakes. Depkes. RI Nomer : HK.00.06.2.2.3001 tanggal 16 Agustus 2002.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Pimpinan AKPER Bethesda Yogyakarta saat ini adalah :
Direktur : Niken WN Palupi S.Kp., M.Kes
Pembantu Direktur I Bidang Akademik : Ruthy Ngapiyem S.Kp., M.Kes
Pembantu Direktur II Bidang Keuangan : I Wayan Sudarta S.Pd., S.Kep., Ns.
Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaaan : Widyastuti Esti Rahaju., APP., S.Pd.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]