Ako, Hyogo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ako)
Langsung ke: navigasi, cari
Akō
赤穂市
Lokasi
Negara Jepang
Wilayah Kansai
Prefektur Prefektur Hyogo
Geografi
Luas 126,85 km²
Populasi (data 31 Mar 2008)
     Penduduk 51.642
Lambang
Pohon Sakura
Bunga Azalea
Pemerintah kota Akō
Situs resmi: Kota Ako
Jalan utama di kawasan pelabuhan Sakoshi

Akō (赤穂市 Akō-shi?) adalah kota di Jepang yang terletak di tepi Laut Pedalaman Seto tepatnya di ujung barat daya Prefektur Hyogo. Kota Akō merupakan kota tujuan wisata terkenal dengan objek pariwisata seperti Istana Akō (latar belakang kisah 47 ronin), kota pelabuhan Sakoshi, dan Taman Nasional Tanjung Misaki.

Kota Akō terkenal sejak dulu sebagai pusat industri garam dapur berkualitas tinggi. Garam dapur yang dihasilkan tambak garam di kota Akō terkenal di Jepang dengan sebutan Garam Akō (Akō no shio). Pantai Akō merupakan tempat mengumpulkan kerang. Di awal musim panas, pantai Akō ramai dikunjungi orang yang gemar makan kerang.

Pipa air minum dasar laut yang terpanjang di Jepang (total panjang 14 km) menyalurkan air minum dari kota Akō ke Kepulauan Ieshima.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di zaman dulu, kota Akō hampir seluruhnya merupakan wilayah Provinsi Kibi. Di zaman Yayoi dan zaman Kofun, Provinsi Kibi adalah provinsi yang makmur dengan pemerintahan yang teratur. Kemakmuran Provinsi Kibi bisa dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di bagian barat Jepang seperti Provinsi Tsukushi, Izumo, Yamato, dan Keno. Provinsi Kibi bersekutu dengan Provinsi Yamato dengan tujuan mempersatukan Jepang, tapi akhirnya Provinsi Yamato berbalik menghancurkan Provinsi Kibi dan memecahnya menjadi beberapa provinsi kecil seperti Bizen, Bitchū, Bingo, dan Mimasaka. Kota Akō akhirnya dimasukkan ke dalam wilayah Provinsi Harima yang sekarang bergabung membentuk Prefektur Hyogo.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 34°45′34″LU,134°23′30″BT