Kiko, Putri Akishino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pangeran Akishino dan Putri Kiko pada tahun 2005.

Kiko, Putri Akishino (秋篠宮紀子親王妃 Akishino-no-miya Kiko-shinnōhi?, terlahir dengan nama Kawashima Kiko (川嶋紀子) di Prefektur Shizuoka pada 11 September 1966-) adalah istri Pangeran Akishino yang merupakan putra kedua Akihito, Kaisar Jepang yang sedang berkuasa. Kiko adalah anggota keluarga kekaisaran kedua yang berasal dari kalangan biasa. Mertuanya, Ratu Michiko, adalah yang pertama.

Masa Kecil dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kawashima Kiko adalah putri sulung dari Kawashima Tatsuhiko, profesor ekonomi di Universitas Gakushuin, dan ibunya, Kazuyo. Sejak kecil, dia dipanggil Kiki oleh teman-temannya. Masa prasekolah dilaluinya di Amerika Serikat saat ayahnya mengambil doktor di Universitas Pennsylvania. Kiko menempuh pendidikan dasar dan menengah atas di Vienna, Austria saat ayahnya menjadi kepala riset di Laxenburg, Austria, sehingga fasih berbahasa Inggris dan Jerman. Tahun 1989 ia lulus S1 Departemen Psikologi dari Universitas Gakushuin, dan menyandang gelar master psikologi di universitas yang sama pada tahun 1995.[1]

Pernikahan dan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1985, Kiko bertemu dengan Fumihito, Pangeran Akishino yang saat itu juga mahasiswa S1 di Universitas Gakushuin. Mereka melewati masa pacaran selama lima tahun. Pangeran Akishino dan Kiko bertunangan pada bulan September 1989, dan keduanya menikah pada 29 Juni 1990.

Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1997, Pangeran Akishino dan Putri Kiko berserta anak-anaknya menempati Istana Akasaka di Motoakasaka, kawasan Minato, Tokyo. Keduanya telah dikaruniai tiga orang anak:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://kliksosok.blogspot.com/2008/01/putri-kiko-yang-membuat-seluruh-jepang.html
  2. ^ https://www.mail-archive.com/forum-pembaca-kompas@yahoogroups.com/msg31281.html