Akademi Teknik Arsitektur YKPN Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Akademi Teknik Arsitektur YKPN Yogyakarta
Didirikan 17 Februari 1972
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Lokasi Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Indonesia
Situs web http://atykpn.ac.id/
Logo ATA YKPN.png

Akademi Teknik Arsitektur Yayasan Keluarga Pahlawan Negara atau disingkat sebagai ATA-YKPN adalah sekolah tinggi yang terletak di kota Yogyakarta, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Akademi Teknik YKPN Yogyakarta didirikan pada tanggal 17 Februari 1972. Nama pada saat didirikan adalah “Akademi Arsitektur YKPN”, sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus Pusat YKPN No. 001/Kep/P-PYKPN/II/72, tentang Pendirian/Pembukaan Akademi Arsitektur YKPN di Yogyakarta tertanggal 17 Februari 1972. Tiga tahun setelah menjalankan operasinya, berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V DIY, nomor 26 tertanggal 22 Desember 1975, Akademi Arsitektur YKPN menerima akreditasi dengan status TERDAFTAR. Dua tahun setelah itu tepatnya tahun 1977 Akademi memindahkan lokasi kegiatannya dari kampus lama di Gayam ke kampus baru di Kompleks Pendidikan YKPN, Balapan, Yogyakarta. Dikampus baru ini secara bertahap terus dilakukan pengembangan di segala aspek. YKPN adalah kependekan dari Yayasan Keluarga Pahlawan Negara, sebuah yayasan yang bergerak dibidang sosial pendidikan, didirikan oleh para isteri-isteri Pahlawan Negara yang berkedudukan di Jakarta.

Sepuluh tahun kemudian (1985) status Akademi ditingkatkan menjadi DIAKUI, dinyatakan dengan Surat Keputusan MENDIKBUD RI Nomor 0186/O/1985, tertanggal 10 April 1985. Selain menetapkan status, SK MENDIKBUD RI ini juga menetapkan nama dari Akademi, yaitu yang semula bernama Akademi Arsitektur YKPN Yogyakarta menjadi Akademi Teknik YKPN Yogyakarta, dengan 1 (satu) bidang studi : Jurusan Teknik Arsitektur. Berdasarkan Surat Keputusan MENDIKBUD RI Nomor 0664/1991, tertanggal 22 Desember 1991, Akademi Teknik YKPN Yogyakarta ditingkatkan statusnya menjadi DISAMAKAN.

Hingga saat ini, sesuai dengan peraturan yang ada Akademi Teknik YKPN telah memiliki Ijin Operasional dan perpanjangannya pada tahun 2003; 2007; dan 2009. Adapun Program Studi Teknik Arsitektur, Akademi Teknik YKPN Yogyakarta pada tanggal 2 April 2009 telah menperoleh Sertifikat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B.

Prospek Lulusan[sunting | sunting sumber]

Alumni Akademi Teknik Arsitektur YKPN Yogyakarta dapat langsung bekerja dibidang Perencanaan, Perancangan, Lansekap, Interior, Pengawas Pelaksanaan Bangunan, Pelaksanaan Penelitian, Estimator, Pemborong, Developer dan berwirausaha lainnya melalui kerjasama dengan para alumnus lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]