Air terjun Balangdaras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air Terjun Balangdaras

Air terjun Balangdaras adalah sebuah air terjun yang terletak 25 km dari Kota Pelaihari, Tanah Laut, Kalsel, tepatnya di Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Tanah Laut.

Air terjun Balangdaras memiliki panorama pegunungan yang indah dan eksotik. Berada di ketinggian pegunungan dengan ketinggian ± 45 meter. Air Terjun Balangdaras yang berada di kawasan Pegunungan Meratus.

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Air terjun Balangdaras berada di kawasan pegunungan Maratus terletak di Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, berjarak sekitar 25 km dari kota Pelaihari. Dan berjarak sekitar 69 km jika dari Kota Banjarmasin dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan transportasi darat berupa mobil. Akses jalan menuju kawasan air terjun Balangdaras ini hanya terdapat jalan setapak yang menjadi jalan utama yang merupakan jalan bagi para pengangkut kayu dari Hutan Meratus. Sehingga untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan sepeda motor trail atau dengan cara mendaki. Sepeda motor trail dapat disewa di kawasan ini. Tersedia juga jasa pemandu wisata yang merupakan penduduk asli di sekitar kawasan objek wisata ini.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Terjun Balangdaras, Wisata Eksotis di Pegunungan Kalimantan Selatan"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-13. Diakses tanggal 2018-05-12.