Air Sugihan, Ogan Komering Ilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air Sugihan
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Selatan
KabupatenOgan Komering Ilir
Kode Kemendagri16.02.14
Kode BPS1602140
Desa/kelurahan19

Air Sugihan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia. ibu kota kecamatan Air Sugihan berpusat di Desa Kerta Mukti.sebuah kecamatan di yang hampir di kelilingi oleh muara atau sungai-sungai yang di jadikan sarana keluar masuknya atau motorisasi perpindahan di daerah tersebut, karena minimnya laju pertumbuhan pembangunan yakni pembangunan fasilitas jalan yang bahkan sampai sekarang masih menjadi masalah yang belum bisa terselesaikan.

Geografis Kecamatan[sunting | sunting sumber]

Air Sugihan merupakan salah satu wilayah Kecamatan dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan yang terdiri dari 19 Desa. Desa Kertamukti merupakan Desa sebagai Domisili pelaksanaan Administrasi Perkantoran Kecamatan Air Sugihan.

Wilayah administrasi kecamatan Air Sugihan berbatasan dengan:

Utara Kecamatan Muara Sugihan,Kabupaten Banyuasin
Timur Selat Bangka dan Laut Jawa.
Selatan Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir.
Barat Kecamatan Muara Sugihan,Kabupaten Banyuasin.

Sebagian besar wilayah Air Sugihan terdiri dari dataran rendah dan hamparan di mana satu desa merupakan daerah pesisir/ tepi pantai. Desa-desa tersebut terletak di luar kawasan hutan dan di sekitar kawasan hutan. Topografi wilayah Air Sugihan berupa daerah pesisir yakni sebanyak satu desa atau satu persen dari luas kecamatan.

Selanjutnya 18 desa atau sembilan sembilan persen dari luas kecamatan berupa daerah daratan rendah. Sumber: Badan Pusat Statistik, 2010. Statistik daerah kecamatan Air Sugihan tahun 2012 1 dari 19 desa di kecamatan Air Sugihan ada satu desa yang berada di daerah pesisir /tepi Selat Bangka yaitu desa sungai batang peta wilayah kecamatan air sugihan 1 geografi kecamatan air sugihan terletak di bagian timur yang berbatasan dengan selat bangka. topografi kecamatan air sugihan berupa dataran.

Air Sugihan merupakan daerah 3T (Terjauh, Terluar dan Terisolir) Ada pun transportasi air dari Palembang tepatnya di Pasar 16 Ilir yang populernya disebut Pelabuhan Be'Ang ke Air Sugihan menggunakan transportasi air sekitar pukul 13:00 WIB setiap hari sesuai dengan Jalur yang di tuju yang terdiri atas beberapa Dermaga Speedboat di setiap Desa sedangkan untuk ke Palembang transportasi tersedia Jam 06:00 WIB setiap hari.

Perjalanan ke Kecamatan Air Sugihan terdapat perbedaan antara satu jalur dengan jalur sebagaimana Dermaga yang dituju: 1. Palembang-Jalur 23 terdiri atas Desa Tirta Mulya, Suka Mulya, Jadi Mulya dan Marga Tani dengan ongkos Rp 120.000,- 2. Palembang-Jalur 25 terdiri atas Desa Srijaya Baru, Bandar Jaya, Mukti Jaya dan ongkos Rp 100.000,- 3. Palembang-Jalur 27 terdiri atas Desa Nusantara, Kerta Mukti, Nusakerta dan Banyu Biru dengan ongkos Rp 90.000,- 4. Palembang-Jalur 30 dengan Desa Rengas Abang dan Jalur 31 Desa Bukit Batu dengan ongkos Rp 90.000,- 5. Palembang-Jalur Sungai Baung sebagai Dusun dari Desa Bukit Batu dengan ongkos Rp 100.000,- 6. Palembang- Desa Sungai Batang dengan ongkos sewa Speedboat Rp 4.000.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,- karena tidak ada angkutan umum perairan reguler.

Untuk melakukan perjalanan ke Kayu Agung sebagai ibukota Kabupaten. setelah sampai di Palembang untuk menuju Ibukota Kabupaten menggunakan transportasi Darat dengan biaya antara Rp 35.000,- sampai dengan Rp 50.000,-

Melakukan perjalanan Dinas ke ibukota kabupaten yaitu Kayuagung bagi warga Air Sugihan tidak cukup dg waktu 1 hari perjalanan walau acara kedinasan cuma 1 hari, minimal 2 hari bahkan lebih sesuai dgn kondisi urusan kedinasan. Jadi bila melakukan perjalanan dinas ke kabupaten maka mesti mengeluarkan akomodasi penginapan dan biaya konsumsi. Ada pun biaya penginapan yg dikeluarkan antara Rp 100.000,- sd Rp 150.000,- per malam dan konsumsi Rp 100.000,- hari

Selain ongkos sebagaimana disebutkan sebelumnya untuk menuju Desa Sungai Batang juga dapat dilakukan dari Air Sugihan bagian darat dengan mencarter Speedboat atau perahu ketek dgn biaya Rp 2 jt melalui jalur 25 blok D atau lewat muara selat Bangka.

Namun bagi warga Desa Sungai Batang yang mau melakukan perjalanan ke Palembang yang kemampuan ekonominya tidak mampu untuk mencarter Speedboat bisa melalui Sungai Batang - Distrik Bagan Rame PT BAP - Sungai Baung - Palembang. Dari Sungai Baung mengunakan perahu ketek/ Speedboat menuju distrik Bagan Rame PT BAP dari Distrik oleh pihak PT BAP disediakan Angkutan Darat dengan ongkos Rp 350.000,- sd Rp. 400.000,- menuju Sungai Baung. Dari Sungai Baung ke Palembang dgn ongkos Rp 100.000,-

Dari 19 Desa di Air Sugihan terdapat 3 Desa yg termasuk Ektrim dari segi wilayah yaitu 1. Desa Sungai Batang 2. Desa Bukit Batu 3. Desa Tirta Mulya

Sedangkan Tirta Mulya termasuk Desa dgn wilayah agak ekstrim karena wilayah desa yg cukup luas setelah Sungai Batang dan Bukit Batu. Tetapi untuk wilayah ini masih semua lokasi yg ada di desa masih bisa di tempuh dgn perjalanan darat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam Angka 2023. Kabupaten Ogan Komering Ilir: BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir. 2023. hlm. 8. ISSN 2252-908X.