Aiko dari Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Aiko (putri))
Langsung ke: navigasi, cari
Putri Aiko
Lahir 1 Desember 2001 (umur 12)
Tokyo, Jepang
Gelar Putri Toshi
Kerabat Putra Mahkota Naruhito dan Putri Mahkota Masako

Putri Aiko (敬宮愛子内親王 Toshi-no-miya Aiko Naishinnnō?, lahir di Tokyo, 1 Desember 2001; umur 12 tahun) adalah putri sulung pasangan Putra Mahkota Naruhito dan Putri Mahkota Masako. Cucu ke-3 Kaisar Akihito. Gelarnya adalah Putri Toshi (敬宮 Toshinomiya?). Simbol resminya bunga Rhododendron quinquefolium (bahasa Jepang:goyōtsutsuji). Berdasarkan Hukum Rumah Tangga Kekaisaran, gelar kehormatannya adalah Yang Mulia (殿下 denka?). Media massa Jepang memanggilnya Aiko-sama (愛子さま?). Lulusan Taman Kanak-kanak Gakushūin, dan sekarang bersekolah di Sekolah Dasar Gakushūin.

Putri Aiko dilahirkan 1 Desember 2001 di Rumah Sakit Rumah Tangga Kekaisaran, distrik kota Chiyoda, Tokyo. Pada 7 Desember 2001, Kaisar Akihito memberinya gelar dan menamakannya Aiko atas usulan cendekiawan bernama Ken Akiyama, Tadashi Kamata, dan Toratarō Yoneyama. Sumber nama Aiko adalah kitab Li Lou buku 2 karya Mengzi.

Putri Aiko sangat menggemari sumo. Pada 9 Oktober 2006, Aiko bersama kedua orang tua pergi menonton sumo di Ryōgoku Kokugikan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]