Ahn Chang-ho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ahn Chang-ho

Ahn Chang-ho di Los Angeles, kalifornia.
Nama Korea
Hangeul 안창호
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan An Chang-ho
McCune–Reischauer An Ch'angho
Nama pena
Hangeul 도산
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Dosan
McCune–Reischauer Tosan

Ahn Chang-ho adalah pahlawan nasional Korea Selatan.

Ahn lahir di Gangseo, (sekarang di Korea Utara) pada tahun 1878, di akhir periode Dinasti Joseon (1392-1910) di mana Korea sedang mengalami masa-masa kekacauan.

Ketika Perang Sino-Jepang Pertama (1894-1895) pecah, Ahn yang saat itu masih menjadi pelajar, mulai menyadari perlunya untuk memperkenalkan kebudayaan baru dan peradaban ke negaranya dan meningkatkan status dan kekuatan Korea sebagai negara independen. Ketika Jepang memenangkan perang dan mulai mengarahkan pandangannya ke Korea, Ahn pergi ke Seoul untuk belajar. Pada tahun 1896 ia mengikuti pendidikan di Gusae Hakdang, sekolah yang disponsori misionaris yang didirikan oleh Horace G Underwood dan masuk Kristen. Pada tahun 1897, ia bergabung dengan Asosiasi Kemerdekaan, sebuah lembaga sosial politik yang memfokuskan pada pentingnya kemandirian dan tidak bergantung pada pengaruh asing. Ia juga memulai karirnya sebagai aktivis kemerdekaan dan pengajar pada saat yang sama. Pada usia 22 tahun, ia mendirikan sekolah dasar swasta pertama di Korea.

Pada tahun 1902, ia pergi ke Amerika untuk belajar di kota San Fransisco. Saat belajar di sana, ia melihat adanya disikriminasi yang dilakukan kepada orang korea lain dan mulai mendedikasikan waktunya untuk melindungi hak asasi orang korea lokal dengan mendirikan masyarakat persaudaraan korea (Korean fellowship society). Aktivismenya membawanya menjadi salah seorang yang pertama kali menyatukan komunitas Korea-Amerika. Perjanjian Eulsa antara Jepang dan Korea pada tahun 1905, yang secara resmi mengesahkan Korea sebagai koloni Jepang membawa Ahn kembali ke Korea. Sekembalinya, ia membentuk Asosiasi Masyarakat Baru, sebuah organisasi rahasia untuk memperjuangkan kemerdekaaan korea. Kemudian, ia mendirikan Sekolah Menengah Daesung dan mengorganisasikan asosiasi siswa pemuda untuk membina pemimpin masa depan Korea.

Ahn Chang-ho diburu otoritas penjajahan Jepang, sehingga ia berpindah-pindah ke Cina lalu ke Vladivostok untuk melanjutkan perjuangan. Ia pindah ke Amerika lewat Siberia setelah menyatukan komunitas Korea di Rusia Timur Jauh. Pada tanggal 1 maret 1919, protes terhadap Jepang merebak di seluruh Korea. Para aktivis kemerdekaan berkumpul di Shanghai untuk mendirikan pemerintahan sementara. Ahn bergabung dan mendedikasikan dirinya untuk kemerdekaan. Ia memegang peran sebagai sekretaris interior, deputi perdana menteri dan sekretaris pekerja. Ia dipenjara oleh Jepang pada tahun 1938.

Ahn meninggal 7 tahun sebelum Pembebasan Korea tanggal 15 Agustus 1945. ia dimakamkan di Taman Dosan, Seoul yang dibuka pada tahun 1973 untuk memperingati jasa-jasanya. Ahn mendedikasikan hidupnya untuk memperjuangkan kemerdekaan korea dan merupakan tokoh terkenal di pesisir barat Amerika sehingga tanggal 11 Agustus di Riverside, Kalifornia diperingati sebagai Hari Dosan Ahn Chang Ho. Di Los Angeles ada jalan bernama dosan Ahn Chang Ho Memorial Interchange dan di Koreatown ada kantor pos yang diambil dari nama dirinya. Ia juga menjadi orang Asia pertama yang dimasukkan ke dalam International Civil Rights Walk of Fame di Martin Luther King Jr. Center pada tanggal 6 Januari 2012. Pusat itu dibuka pada tahun 1968 untuk menghargai pelopor hak asasi manusia di seluruh dunia. termasuk Jimmy Carter, Bill Clinton, Andrew Young (mantan dubes untuk PBB), Rosa Parks (pejuang HAM Afrika Amerika), Stevie Wonder dan Jesse Jackson.