Agnes dari Zator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Agnes dari Zator (bahasa Polandia: Agnieszka Zatorska; lahir sebelum 1490 – wafat setelah 1505) merupakan seorang puteri anggota keluarga Wangsa Piast di cabang Zator dan Adipati Wanita yang berdaulat di Wadowice selama 1494–1503.

Ia adalah putri tunggal Adipati Władysław dari Zator dan istrinya Anna.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian ayahnya pada tahun 1494, Agnes mendapatkan Wadowice sebagai warisan menurut wasiatnya, meskipun secara resmi pamannya Jan V menjalankan pemerintahan penuh atas seluruh wilayah adipati Zator, yang dipersatukan dibawah pemerintahannya.

Agnes menerima Wadowice hanya sebagai kepemilikan duniawi tanpa kekuasaan keadipatian; namun, praktisnya ia disebut "Adipati Wanita Berdaulat Wadowice".

Setelah sembilan memerintah, pada tahun 1503 Raja Alexander dari Polandia memberikan Wadowice kepada Piotr Myszkowski dari Mirów. Agnes memperjuangkan warisannya, namun pada tahun berikutnya (1504) Raja mengkonfirmasikan warisan Wadowice kepada Piotr.[1]

Agnes menikah sebelum tahun 1504 dengan Jan Kobierzycki, Pangeran Tworkow dan Kobierzyn.[2][3][4] Mereka memiliki seorang putra.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Women in Power 1450–1500
  2. ^ SILESIA
  3. ^ Complete Genealogy of the House of Piast
  4. ^ Chronological Dates in Stoyan