Afridi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Afridi adalah sebuah suku bangsa pegunungan di perbatasan antara Afghanistan dan Pakistan, dan masih termasuk kedalam bangsa Afgan. Suku Afridis yang dominan adalah di wilayah kesukuan federal Pakistan dan menghuni sekitar 1.000 mil persegi (3.000km2) dari daerah perbukitan kasar Spin timur Ghar berkisar barat dari Peshawar , yang meliputi sebagian besar Khyber Agency. Wilayah mereka meliputi Khyber Pass dan Maidan.

Secara historis, Afridis dikenal karena mereka selalu menempati lokasi strategis dan secara agresif melawan pasukan dari luar.Suku ini menguasai jalanan di puncak Khaiber dan Kohat, serta menarik pembayaran dari tentara Jenggis Khan, Timur, Baber, Nadir Syah, dan Inggris. Suku ini kemudian masuk ke barisan tentara Inggris setelah dikalahkan. Migrasi suku Afridi juga bisa ditemukan di India, terutama di negara bagian Uttar Pradesh, Bihar, dan Jammu dan Kashmir.

prajurit Afridi dipotret oleh John Burke tahun 1878


Asal Usul[sunting | sunting sumber]

Suku Afridis pada mulanya disebut the Abaörteans (/ˌæbə.ɔrˈtiːənz/; Latin: Abaortae). Wilayah asli mereka adalah di Spin Ghar, wilayah pegunungan di sekitar Durand line yang berlokasi di timur Kabul dan sebelah barat Peshwar. Berdasarkan cerita rakyat Pashtun, suku Afridi menelusuri asal-usulnya kembali ke leluhur eponymous dari Pashtun, Qais Abdur Rashid, melalui putra bungsunya, Karlan. Dengan demikian, suku Afridi adalah salah satu suku Karlani, yang memiliki reputasi yang tangguh sebagai prajurit.

Klan[sunting | sunting sumber]

Orang Inggris mengklasifikasikan suku Afridis dalam 8 klan, yang bersifat hierarkis.[1]

  1. Kuki Khel
  2. Malikdin Khel
  3. Qambar Khel
  4. Kamar Khel
  5. Zakha Khel
  6. Aka Khel
  7. Sepáh
  8. Adam Khel

Kepercayaan[sunting | sunting sumber]

Islam adalah agama yang diikuti oleh sebagaian besar suku Afridis modern. Ilmu keagamaan mereka kebanyakan diperoleh dari Sultan Mahmud Ghazni, seperti Ibbetson dan Haroon Rashid.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)H.A. Rose, IBBETSON, Maclagan (1996). Glossary of the Tribes and Castes of the Punjab and North West Frontier Province (re-edition, first edited in 1919, 1911,1914 ed.). Asian Educational Services. pp. 252–253. ISBN 978-81-206-0505-3.