Aeroflot Penerbangan 593

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aeroflot Penerbangan 593
Ilustrasi A310 F-OGQS
Ringkasan peristiwa
Tanggal23 Maret 1994
RingkasanKesalahan pilot, seorang anak mengendalikan pesawat.
LokasiRusia Mezhdurechensk, Russia
Penumpang63
Awak12
Tewas75
Selamat0
Jenis pesawatAirbus A310-304
OperatorAeroflot[1]
RegistrasiF-OGQS
AsalBandara Internasional Sheremetyevo, Moscow Rusia
TujuanBandara Kai Tak, Hong Kong Hong Kong

Bencana Aeroflot Penerbangan 593 adalah sebuah kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 23 Maret 1994 yang melibatkan pesawat penumpang Aeroflot Airbus A310-304, dengan kode registrasi F-OGQS. Pesawat jatuh di perbukitan Siberia dengan korban tewas seluruh 75 penumpang termasuk kru. Dari perekam suara kokpit diketahui bahwa anak sang pilot yang masih berumur 15 tahun, Eldar Kudrinsky, mengendalikan kontrol pesawat pada awal insiden dan secara tidak sengaja mengaktifkan suatu fitur otomatis dari autopilot A310. Pilot tidak menyadari hal tersebut dan tidak ada alarm yang bisa menginformasikan pilot akan hal itu.

Kronologi[sunting | sunting sumber]

Pesawat saat itu sedang dalam perjalanan dari Bandara Internasional Sheremetyevo ke Bandara Kai Tak, Hong Kong. Kebanyakan penumpang adalah para pekerja dari Hong Kong dan Taiwan yang sedang mencari pekerjaan di Rusia.

Sang pilot, Yaroslav Kudrinsky (Rusia: Ярослав Кудринский), juga membawa anaknya sebagai penerbangan pertama mereka dan akhirnya dibawa ke kokpit saat ia sedang menerbangkan pesawat. Dengan autopilot aktif, Kudrinsky, bersama dengan keluarganya, mempersilahkan mereka duduk di kokpit. Anak perempuannya Yana duduk di kursi kokpit depan. Kudrinsky mengaktifan autopilot sehingga anak perempuannya mengira ia menerbangkan pesawat walaupun sebenarnya tidak. Setelah itu, anak lelakinya Eldar Kudrinsky (Rusia: Эльдар Кудринский) duduk di kursi pilot. Dan akhirnya mengendalikan seluruh kontrol pesawat.

Yang tidak diketahui oleh sang pilot adalah anaknya secara tidak sengaja mematikan autopilot dan komputer penerbangan telah mengubah aileron menjadi manual, namun pesawat tidak memperingatkan adanya bahaya; walaupun lampu peringatan telah menyala, hal ini tidak diketahui oleh sang pilot. Yang mengetahui kejadian ini pertama kali adalah Eldar, ia melihat pesawat berbelok ke kanan dengan tajam. Setelah itu, indikator jalur penerbangan muncul dengan cepat, hal ini membingungkan pilot dalam waktu sembilan detik.

Dengan cepat pesawat terbalik 45-derajat (pesawat ini tidak didesain untuk berputar lebih dari 45-derajat). Ini meningkatkan G-Force pada pilot dan kru, sehingga tubuh mereka akan terasa lebih berat daripada normalnya, sehingga akan sangat sulit meletakkan sang anak duduk di kursi. Setelah terbalik 90-derajat, fungsi autopilot berusaha dengan otomatis meletakkan kembali posisi pesawat pada ketinggian yang tepat dengan posisi vertikal. Kopilot dan Eldar berusaha menurunkan posisi pesawat, yang membuat G-Force kembali normal. Walaupun Eldar dan kopilot berhasil melakukannya, ketinggian pesawat sudah terlalu rendah, pesawat akhirnya jatuh ke tanah.

Keluarga-keluarga korban menebarkan bunga di tempat jatuhnya pesawat, keluarga korban etnis Cina menebarkan kertas dengan pesan-pesan untuk korban.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Авиакатастрофа в Кемеровской области" (dalam bahasa Russian). Kommersant. 1994-03-24. Diakses tanggal 2007-10-22.