Adven 1914 (Charles Taze Russell)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Adven 1914 (Charles Taze Russell) adalah ramalan adven yang akan terjadi pada tahun 1914 oleh Charles Taze Russell yang merupakan mantan anggota Gereja Advent yang kemudian mendirikan bidat Saksi-Saksi Yehuwa.

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Charles Taze Russell pernah meramalkan bahwa Yesus Kristus akan datang kembali ke dunia (adven II) pada tahun 1853. Sayangnya, ramalan itu ternyata hoax (tidak terbukti). Akibat kekecewaannya, Charles Russell berubah haluan kepada kelompok adven pimpinan Barbour. Kelompok Advent pimpinan Barbour juga meramalkan adven II akan terjadi pada tahun 1878. Tetapi, ramalan advent II versi Advent Barbour tersebut juga hoax (tidak terbukti).

Klimaks[sunting | sunting sumber]

Kekecewaan Charles Russell untuk yang ke-2 kalinya (karena melesetnya ramalan Advent Barbour), mengakibatkan ia menyatakan kemerdekaan (memisahkan diri) dari Advent Barbour, dan mendirikan kelompok perenungan Alkitab (sekarang identik dengan nama Siswa-Siswa Alkitab) serta menerbitkan majalah berjudul Menara Pengawal.
Berdasarkan kalkulasi spesial, Russell mengumumkan adven II akan terjadi sebelum awal 1.000 tahun damai, yaitu pada bulan Oktober 1914. Tetapi, ramalan itu lagi-lagi hoax. Malahan, yang terjadi adalah Perang Dunia I.
Kemudian, Russell merevisi ramalan adven-nya menjadi tahun 1918. Tetapi, pada tanggal 31 Oktober 1916 (2 tahun sebelum revisi ramalan adven-nya dibuktikan), Russell meninggal dunia, dan tidak sempat menyaksikan akibat dari kemelesetan revisi ramalan adven-nya (1918).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lolowang, Harold V. 2010. 2012: Akhir Zaman atau Zaman Baru. Yogyakarta: ANDI.