Adit (penyanyi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adit

Aditya Putra Wijaya (biasa dipanggil Adit, lahir di Semarang, Jawa Tengah, 3 November 1984; umur 30 tahun) adalah salah satu finalis Akademi Fantasi Indosiar (AFI) putaran kedua. Lolos sebagai wakil dari daerah audisi Surabaya, Adit berhasil menjadi Akademia Favorit dalam konser e-club (eliminasi club) atau mereka-mereka yang tidak terpilih masuk 5 besar. Dalam ajang yang sama, bersama Nia Kartika Putri (sesama wakil Surabaya), Adit kembali menjadi Akademia Favorit untuk kategori Duet.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Adit lahir sebagai sulung dari 3 bersaudara. Masa kecilnya dihabiskan di Semarang, sebelum pindah mengikuti keluarganya ke Kota Malang. Sebelum ikut serta dalam Akademi Fantasi Indosiar , Adit mengenyam pendidikan di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Di kota Malang ini Adit mulai aktif bermusik sebagai vokalis di grup band yang diberi nama MAEN BAND.

Penampilan di AFI[sunting | sunting sumber]

Konser Judul Lagu Penyanyi Asli Hasil
Audsi "Jomblo" Gigi Lolos 3 Besar Surabaya
Pre Eliminasi "Nirwana" "Gigi" Lolos 12 Besar
Konser Perdana "How Deep Is Your Love" feat Haikal,Micky,Adi Bee Gees -
Konser Bersama Akademia "Gejolak Kawula Mudai" Club 80's -
Konser Eliminasi 1 "Tak Pantas Untukmu" Jikustik Safe
Konser Eliminasi 2 "Jadikan Aku Raja" Ada Band Bottom 3
Konser Eliminasi 3 "Kala Cinta Mengoda" Chrisye Safe
Konser Eliminasi 4 "Aku Cinta Kau dan Dia" Ahmad Dhani Safe
Konser Eliminasi 5 "Pernah Mencoba" Protonema Voted Off
E Club "Orkes Sakit Hati" Slank Terfavorit


Setelah AFI[sunting | sunting sumber]

Selepas Akademi Fantasi Indosiar, seperti juga akademia yang lainnya, Adit membintangi sinetron, film televisi dan film layar lebar produksi Indosiar. salah satu film televisi yang dibintanginya adalah Cinta Tak Harus Memiliki, bersama dengan teman-teman AFI lainnya seperti Jovita dan Veri. Dalam FTV ini Adit masuk nominasi Piala Vidia FFI 2005 untuk kategori Aktor Terbaik, tetapi belum berhasil meraih piala. Karena dianggap berbakat dan bermain bagus, Panitia FFI memberikan penghargaan khusus kepada Adit sebagai "Aktor Pendatang Baru dengan Akting Memukau"

Pada bulan Juli 2006, Adit mendapat kesempatan menggelar konser di Amerika Serikat. Keberangkatannya ini tidak sendiri, melainkan bersama 3 jebolan Akademi Fantasi Indosiar lainnya: Tia (Juara I AFI-2), Ade (Juara I AFI-2005), dan Indri (Juara II AFI-2005). Rekaman perjalanan mereka telah ditayangkan di Indosiar sebanyak 4 episode dalam acara bertajuk Dreams Come True.

Adit juga punya andil dalam memopulerkan lagu Selangkah Lagi yang kini digunakan sebagai theme song untuk audisi calon akademia Akademi Fantasi Indosiar . Lagu ciptaan I Gde Kurniawan tersebut merupakan Lagu Terbaik dalam ajang Lomba Cipta Lagu Indosiar. Dalam ajang pemilihannya, lagu tersebut dinyanyikan oleh Adit. Lagu tersebut kemudian masuk dapur rekaman dengan aransemen yang berbeda dan dinyanyikan oleh rekan Adit sesama akademia AFI-2, Rindu.

Selepas AFI, Adit sempat membawakan acara Fifi si Ikan Terbang, acara lagu anak-anak di Indosiar, bersama Tiwi AFI 2005 (kemudian digantikan Eky AFI-3). Selain itu, hingga kini duet Adit & Nia masih dapat dinikmati dalam acara Fresh, yang mengupas lagu-lagu pilihan di CTV Banten.

Saat ini, bersama Nia Kartika Putri, Adit membentuk duo band yang diberi nama Djawa. Album sudah siap diluncurkan, dan kini mereka tengah mempersiapkan promonya.