Adidas Teamgeist

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Teamgeist Berlin untuk partai Final

Teamgeist adalah bola sepak resmi Piala Dunia FIFA 2006. "Teamgeist" adalah bahasa Jerman untuk "semangat tim". Oleh beberapa pemain, bola ini dikritik karena terlalu ringan dan lebih sulit ditangkap penjaga gawang karena lebih mudah melengkung di udara. Berbeda dengan bola-bola Piala Dunia sebelumnya sejak tahun 1970, Teamgeist terbuat dari 14 panel yang direkatkan (bukan dijahit).

Bola ini dibuat oleh Adidas, yang telah menyediakan bola untuk seluruh pertandingan Piala Dunia sejak 1970.

Penelitian Adidas membuktikan, bola baru ini 30 persen lebih akurat ketimbang bola biasa. Bentuk dan jumlah lapisan penutupnya (panel) sangat berbeda dengan bola konvensional. Bola biasa umumnya dilapisi 32 panel berbentuk segi enam dan lima. Adidas memangkas jumlah panel menjadi 14 panel berbentuk baling-baling.

Adidas merancang bola ini bersama Bayer. Mereka membuat lapisan spesial pada kulit Teamgeist. Untuk menjaga bentuk, Bayer telah meningkatkan ketebalan kulit bola dari 0,9 menjadi 1,1 milimeter. Selain itu, Bayer juga menyisipkan busa polyurethane yang dibangun dari jutaan bola kecil berisi gas. Busa ajaib ini menjamin bentuk bola segera pulih setelah ditendang.

Perbedaan mencolok lainnya dengan bola konvensional adalah cara menempelkan panel. Bayer tak lagi menggunakan teknik jahitan, tapi penempelan panas. Panas akan melunakkan permukaan serat dan membuatnya meleleh, dan membentuk ikatan. Saat serat dingin, ikatan ini akan mengeras. Sambungan dan jahitan pada bola konvensional dianggap mengganggu aliran udara di permukaan bola dan mengubah gerakan bola.

Mirip bola baseball[sunting | sunting sumber]

Ken Bray, penulis buku How to Score-Science and the Beautiful Game, seorang peneliti dari Universitas Bath, Inggris, beranggapan bahwa perilaku Teamgeist yang punya 14 panel se-makin mendekati perilaku bola baseball yang hanya punya dua panel.

Pada bola baseball, dikenal istilah knuckleball (bola yang digenggam dengan buku jari tangan). Istilah ini mengacu pada bola yang memiliki gerakan tidak stabil saat dilempar dengan teknik tertentu. Teknik ini membuat bola hanya berputar sebentar di udara, selanjutnya melaju seperti peluru, sehingga bola akan terbang secara acak dan menyulitkan untuk ditebak.

Cara ini, menurut Bray, bila dipraktekkan di sepak bola bisa jadi senjata andalan. Bola ditendang dan hanya diberi sedikit pelintiran. Bola dengan kecepatan putar rendah ini susah ditebak arahnya.

Teamgeist Berlin[sunting | sunting sumber]

Teamgeist Berlin adalah bola yang akan dipakai pada partai final di Berlin, 9 Juli mendatang. Pada Teamgeist Berlin ini, dari 14 panel pada bola, enam panel di antaranya berwarna emas.

Teamgeist Berlin diharapkan menjadi tradisi baru penggunaan bola khusus untuk pertandingan final. Untuk 63 pertandingan lainnya, dari putaran pertama hingga perebutan tempat ketiga, menggunakan bola berwarna hitam-putih. Ke-32 tim akan menerima 40 bola hitam-putih dan 20 bola emas untuk latihan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Adidas Fevernova
Bola Resmi Piala Dunia FIFA
2006
Diteruskan oleh:
Adidas Jabulani