Adelheid dari Meissen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adelheid dari Meissen
Permaisuri Bohemia
Memerintah sebagai pasangan 1198–1199
Pasangan Ottokar I dari Bohemia
Wangsa Wangsa Wettin
Wangsa Přemyslid
Ayah Margrave Otto II dari Meissen
Ibu Hedwig dari Brandenburg
Lahir setelah tahun 1160
Meissen, Jerman
Meninggal 2 Pebruari 1211 (usia 51?)
Meissen, Jerman

Adelheid dari Meissen (bahasa Ceko: Adléta Míšeňská) (sekitar tahun 1160 – 2 Pebruari 1211) merupakan permaisuri pertama Ottokar I dari Bohemia.[1]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Adelheid dilahirkan pada sekitar tahun 1160 sebagai putri Margrave Otto II dari Meissen. Ia bertemu dengan calon suaminya pada tahun 1170, sewaktu ia berada dipengasingan. Kemungkinan pernikahan ini yang terjadi pada tahun (1178) terpaksa karena ia terlanjur hamil. Adelheid melahirkan seorang putra yang bernama Vratislaus tak lama kemudian.

Tak lama setelah pernikahan pasangan itu kembali ke Bohemia—saudara Ottokar Frederick mengambil kendali-kendali Bohemia dan Ottokar merupakan salah seorang pemimpin pasukannya. Pada tahun 1192 Ottokar sendiri menjadi adipati namun pada tahun 1193 digulingkan. Ia meninggalkan Bohemia bersmaa dengan keluarganya kemudian.

Adelheid datang ke saudaranya dan Přemysl Ottokar menjadi tentara bayaran para adipati Jerman. Pada saat ini pasangan tersebut menjadi terasing. Ottokar memutuskan untuk menyelesaikan masalah dengan cara eksklusif ke seluruh kebijakan dinastik.

Dua Ratu[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 1197 Ottokar menjadi adipati untuk yang kedua kalinya. Ia menolak istrinya dan juga putranya yang dewasa. Ottokar kira-kira berusia 40 tahun pada saat itu dan beresiko kehilangan seorang pewaris. Adelheid dan putri-putrinya tinggal di Meissen, dan putranya Vratislaus menjadi seorang tentara bayaran di Jerman dan Italia.

Pada tahun 1199, Ottokar (sekarang raja) menceraikan Adelheid, dengan alasan pertalian darah. Mereka berdua adalah keturunan Henry dari Schweinfurt dan Mieszko II Lambert dan merupakan sepupu kelima yang pernah disingkirkan atau keempat yang pernah disingkirkan. Ia menikahi Constance dari Hongaria, yang merupakan sepupu keempat Ottokar tiga kali dihapus, kemudian pada tahun yang sama.[1] Adelheid tidak melepaskan hak-haknya. Pada tahun 1205 ia kembali ke Praha untuk sementara. Ottokar memutuskan untuk menikahkan putrinya dengan Adelheid, Dagmar/Markéta, ke Valdemar II dari Denmark pada saat ini. Akan tetapi, Constance melahirkan seorang putra, yang dikemudian hari menjadi Raja Wenceslaus, pada tahun 1205. Kemudian Adelheid dan putri-putrinya meninggalkan Bohemia untuk selamanya.

Paus memutuskan bahwa menghentikan pernikahan itu adalah sah. Adelheid masih berjuang, tetapi pada tahun 1210 ia kalah total. Ia meninggal pada tahun 1211 di Meissen.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • ČORNEJ, P. a kol. 234 českých osobností. Praha : Fragment, 2004.
  • Šarochová G. V. - Radostný úděl vdovský. Královny-vdovy přemyslovských Čech. Praha, 2004.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Adelheid dari Meissen
Lahir: 1160? Wafat: 2 Pebruari 1211
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Judith dari Thüringen
Ratu Bohemia
1198–1199
Diteruskan oleh:
Constance dari Hongaria