Adaminte Makan Abu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Adaminte Makan Abu
(Abu, Putra Adam)
SutradaraSalim Ahamed
ProduserSalim Ahamed
Ashraf Bedi
Ditulis olehSalim Ahamed
PemeranSalim Kumar
Zarina Wahab
Penata musikSkor latar belakang:
Isaac Thomas Kottukapally
Lagu:
Ramesh Narayan
SinematograferMadhu Ambat
PenyuntingVijay Shankar
Perusahaan
produksi
Allens Media
DistributorLaughing Villa
Allens Media
through
Kalasangam
Khas
Manjunatha
Tanggal rilis
  • 24 Juni 2011 (2011-06-24)
[1]
Durasi101 menit
NegaraIndia
BahasaMalayalam
Anggaran15 juta (US$210,000)[2]

Adaminte Makan Abu (Abu, Putra Adam) adalah sebuah film drama India 2011 yang ditulis, disutradarai dan diproduksi oleh Salim Ahamed; film tersebut adalah debutnya. Film tersebut dibintangi oleh Salim Kumar dan Zarina Wahab sebagai pemeran utama dengan Mukesh, Kalabhavan Mani, Suraj Venjarammoodu, dan Nedumudi Venu sebagai pemeran pendukung. Sinematografinya ditangani oleh Madhu Ambat dan film tersebut disunting oleh Vijay Shankar. Film tersebut menampilkan lagu-lagu yang dikomposisikan Ramesh Narayan, dan skornya oleh Isaac Thomas Kottukapally.

Film tersebut mengisahkan tentang kisah seorang penjual attar (sejenis parfum) yang miskin bernama Abu (Salim Kumar) yang hanya memiliki satu keinginan dalam hidupnya yakni menunaikan ibadah Haji.

Pengembangan pada Adaminte Makan Abu dimulai pada satu dekade sebelum film tersebut dirilis. Film tersebut direkam menggunakan digital selama satu bulan yang dimulai pada 7 November 2010. Thrissur dan Kozhikode di Kerala, India adalah tempat pemfilman utamanya.

Didistribusikan oleh Laughing Villa, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Salim Kumar dan Allens Media, Adaminte Makan Abu dirilis di bioskop-bioskop pada 24 Juni 2011. Film tersebut meraih berbagai sambutan, dengan pujian untuk ceritanya, sutradaranya, pemerannya, sinematografinya, dan skor. Film tersebut mendapatkan penghargaan untuk musiknya, sinematografinya dan penulisannya, serta untuk penampilan Salim Kumar. Film tersebut mendapatkan empat Penghargaan Film Nasional: Film Terbaik, Aktor Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Skor Latar Belakang Terbaik, di Penghargaan Film Nasional ke-58. Film tersebut juga ditampilkan di Penghargaan Film Negara Bagian Kerala 2010, di mana film tersebut memenangkan penghargaan untuk Film Terbaik, Aktor Terbaik, Permainan Latar Terbaik dan Musik Latar Belakang Terbaik. Film tersebut dikirim sebagai entri resmi India untuk Film Berbahasa Asing Terbaik untuk Penghargaan Akademi pada 2011 namun tidak masuk nominasi.[3]

Alur[sunting | sunting sumber]

Abu (Salim Kumar) dan Aishumma (Zarina Wahab) adalah sepasang Muslim Moplah tua yang tinggal di wilayah Malabar di Kerala. Keinginan mereka adalah pergi untuk pergi Haji, berziarah ke Mekkah. Putra mereka Sattar telah bermigrasi ke Timur Tengah (sebagai bagian dari bom Teluk Kerala) dengan keluarganya dan meninggalkan orangtuanya. Sekarang pada usia 70an akhir, pasangan tersebut berkeinginan untuk pergi Haji pada tahun tersebut.


Abu menjual attar (sebuah parfum yang terbuat dari bunga), buku agama dan pengobatan Unani yang tak satupun orang menginginkannya. Aishumma menjual sapi dan ayam, untuk membantu suaminya untuk mewujudkan mimpi mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penampilan Salim Kumar membuatnya mendapatkan penghargaan tingkat nasional dan negara bagian, dan lain-lain.

Musik[sunting | sunting sumber]

Adaminte Makan Abu
Album lagu tema karya Ramesh Narayan
Dirilis2011 (2011)
GenreSoundtrack film fitur
Durasi23:22
LabelManorama Music
Kronologi Ramesh Narayan
Makaramanju
(2011)Makaramanju2011
Adaminte Makan Abu
(2011)

Film tersebut menampilkan skor asli karya Isaac Thomas Kottukapally.

Kottukapally juga menggunakan tabla, flut, drum-drum dari Kerala Utara dan juga drum-drum Afrika.

Daftar track[sunting | sunting sumber]

No.JudulPenyanyiDurasi
1."Makkah Madeenathil"Shankar Mahadevan, Ramesh Narayan5:32
2."Kinavinte Minarathil"Hariharan3:40
3."Mutholakunnathe"Sujatha5:16
4."Kinavinte Minarathil"Madhusree Narayan3:40
5."Mutholakunnathe"Srinivas5:14
Durasi total:23:22

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ആദാമിന്റെ മകന്‍ അബു 24ന്". Mathrubhumi (dalam bahasa Malayalam). 21 June 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-25. Diakses tanggal 24 Juni 2011. 
  2. ^ Sreenivasa Raghavan (21 Mei 2011). "Small-budget Adaminte Makan... set for big release". Deccan Chronicle. India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-24. Diakses tanggal 25 Mei 2011. 
  3. ^ "9 Foreign Language Films Vie for Oscar". Diakses tanggal 19 Januari 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]