Adèle dari Perancis (1009-1079)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Adèle Kapetia, Adèle dari Perancis atau Adela dari Flandria,[1] juga dikenal sebagai Adèle yang Suci atau Adèle dari Messines; (1009 – 8 Januari 1079, Messines) merupakan putri kedua Robert II (yang Saleh), dan Constance dari Arles. Sebagai mas kawin kepada calon suaminya, ia menerima dari ayahnya gelar Comtesse Corbie.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia adalah anggota keluarga Wangsa Kapetia, para penguasa Perancis. Sebagai istri Baudouin V, ia merupakan Comtesse Flandria dari tahun 1036 s/d tahun 1067.

Ia menikah pertama-tama pada tahun 1027 dengan Richard III dari Normandia (997 † 1027). Mereka tidak memiliki keturunan. Sebagai seorang janda, ia menikah lagi pada tahun 1028 di Paris dengan Baudouin V dari Flandria (1012 † 1067). Keturunan mereka adalah :

Pengaruh politikal[sunting | sunting sumber]

Pengaruh Adèle yang utama terletak di dalam hubungan keluarganya. Atas kematian kakandanya, Henri I dari Perancis, perwalian dari putranya yang berusia 7 tahun Philippe I jatuh bersama-sama atas jandanya, Anne dari Kiev, dan atas saudara iparnya, suami Adèle, jadi dari tahun 1060 s/d tahun 1067, mereka merupakan wali raja Perancis.

Pertempuran Cassel (1071)[sunting | sunting sumber]

Ketika putra ketiga Adèle, Robert I dari Flandria, akan menyerang Flandria pada tahun 1071 untuk menjadi pangeran yang baru (pangeran pada saat itu adalah cucu Adèle, Arnoul III), ia meminta Philippe I untuk menghentikannya. Philippe mengirim pasukan dengan upaya untuk membantu Arnoul, berada di antara kelompok pasukan yang dikirim oleh raja sebuah kontingen dari ksatria sepuluh Normandia yang dipimpin oleh William FitzOsborn. Pasukan Robert menyerang Arnoul pasukan superior secara numerik di Cassel sebelum dapat diorganisasikan, dan Arnoul sendiri terbunuh bersama dengan William FitzOsborn. Kemenangan besar Robert membuat Philippe menginvestasikannya dengan Flandria, membuat perdamaian. Setahun kemudian, Philippe menikahi anak tiri Robert, Bertha dari Holland, dan pada tahun 1074, Philippe memulihkan seigneurie di Corbie ke atas takhta.

Pengaruh gereja[sunting | sunting sumber]

Adèle memiliki niat besar di dalam politik gereja reformasi Baudouin V dan berada di belakang suaminya mendirikan beberapa universitas gereja. Secara langsung ataupun tidak, ia bertanggung jawab atas pendirian Colleges of Aire (1049), Lille (1050) dan Harelbeke (1064) dan juga biara-biara di Messines (1057) dan Ename (1063). Setelah kematian Baudouin pada tahun 1067, ia pergi ke Roma, mengambil cadar biarawati dari tangan Paus Aleksander II dan mengundurkan diri ke biara Benedictine di Messines, dekat Ypres. Disana ia meninggal dan dimakamkan di biara yang sama. Dilantik sebagai seorang santa di dalam Gereja Katolik Roma, hari peringatannya adalah 8 September.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Other forms of her name are Adela, Adélaïde, Adelheid, Aelis and Alix.