Achdiat K. Mihardja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Achdiat K. Mihardja
09achdiat.gif
Achdiat K. Mihardja
Lahir 6 Maret 1911
Bendera Belanda Cibatu, Garut, Jawa Barat, Hindia Belanda
Meninggal 8 Juli 2010 (umur 99)
Bendera Australia Canberra, Australia
Pekerjaan sastrawan, penulis, guru, dosen, dramawan
Kewarganegaraan Bendera Indonesia Indonesia
Penghargaan Penghargaan Sastra BMKN 1957 (Keretakan dan Ketegangan)
Penghargaan Tahunan Pemerintah RI 1969 (Atheis)

Achdiat Karta Mihardja (lahir di Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911 – meninggal di Canberra, Australia, 8 Juli 2010 pada umur 99 tahun [1]), yang lebih dikenal dengan nama pena singkatnya Achdiat K. Mihardja, adalah seorang sastrawan dan penulis Indonesia.

Karier dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia berpendidikan AMS-A Solo dan Fakultas Sastra dan Filsafat Universitas Indonesia. Ia pernah bekerja sebagai guru di perguruan Taman Siswa, redaktur Balai Pustaka, Kepala Jawatan Kebudayaan Perwakilan Jakarta Raya, dosen Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1956-1961), dan sejak 1961 hingga pensiun dosen kesusastraan Indonesia pada Australian National University, Canberra, Australia. Achdiat juga pernah menjadi redaktur harian Bintang Timur dan majalah Gelombang Zaman (Garut), Spektra, Pujangga Baru, Konfrontasi, dan Indonesia. Di samping itu, ia pernah menjadi Ketua PEN Club Indonesia, Wakil Ketua Organisasi Pengarang Indonesia, anggota BMKN, angggota Partai Sosialis Indonesia, dan wakil Indonesia dalam Kongres Internasional PEN Club di Lausanne, Swiss (1951).

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Kumpulan cerpennya, Keretakan dan Ketegangan (1956) mendapat Penghargaan Sastra BMKN tahun 1957 dan novelnya, Atheis (1949) memperoleh Penghargaan Tahunan Pemerintah RI tahun 1969 (R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972) dan Sjumandjaja mengangkatnya pula ke layar lebar pada tahun 1974 dengan judul yang sama, yaitu Atheis.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Achdiat K. Mihardja adalah kakek dari Jamie Aditya, presenter, aktor, dan penyanyi Indonesia yang kerap dikenal dari acara musik MTV. Salah satu putrinya, Ati Ashyawati,[2] menikah dengan seorang berkebangsaan Australia saat Achdiat sedang mengajar di Canberra, dan Jamie adalah anak ketiga dari pasangan tersebut. [3]

Karya sastra[sunting | sunting sumber]

Buku-buku studi tentang Achdiat K. Miharja[sunting | sunting sumber]

Beberapa buku studi mengenai karya Achdiat juga telah diterbitkan, antara lain oleh Boen S. Oemarjati yang menerbitkan Roman Atheis: Sebuah Pembicaraan (1962) dan Subagio Sastrowardoyo yang menulis artikel "Pendekatan kepada Roman Atheis" dalam Sastra Hindia Belanda dan Kita (1983).

Kematian[sunting | sunting sumber]

Achdiat Karta Mihardja meninggal dunia pada tanggal 8 Juli 2010 di Canberra, Australia, karena serangan stroke. [1], [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Penulis Atheis Diistirahatkan di Canberra - Jakarta Post Daring 9 Juli 2010
  2. ^ PROFIL JAMIE ADITYA kapanlagi.com
  3. ^ Carlton, M. 2008. Indonesia: A Reporter's Journey. DV1 (Video Dokumenter)