Abu Tammam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Abu Tammam (Habib ibn Aus) bahasa Arab, أبو تمام حبيب بن أوس (c805845) adalah seorang penyair Arab suku Tayy (meskipun ada yang megatakan bahwa dia adalah anak lelaki dari seorang Kristen Apothecary yang bernama Thaddeus).

Dia dilahirkan di Jasim (Josem), Suriah, tempat ke sebelah timur laut Laut Tiberias atau dekat Manbij (Hierapolis). Dia melewatkan masa mudanya di Homs, meskipun, menurut satu cerita, dia dipekerjakan selama masa kanak-kanaknya sebagai penjual air di mesjid di Kairo.

Penampilan pertamanya sebagai seorang penyair adalah di Mesir, tetapi sewaktu dia merasa gagal di sana dia pergi ke Damaskus, dan lalu ke Mosul. Dari sana dia membuat kunjungan kepada gubernur Armenia, yang menghadiahinnya dengan kekayaan. Setelah tahun 833 dia tinggal di Baghdad, di bawah pimpinan kalifah Mo'tasim. Dari Baghdad dia mengunjungi Khorasan, di mana dia belajar kepada Abdallah ibn Tahir. Sekitar 845 dia tinggal di Ma'arrat, di mana dia menemui penyair al-Buhturi (ca. 820–897). Dia meninggal di Mosul.

Abu Tammam dikenal karena keahliannya pada kesusasteraan sehingga pada abad ke-9 himpunan puisi awalnya dikenal sebagai Hamasah. Hamasah (bahasa Arab, "desakan") adalah salah satu karya antologi bahasa Arab yang paling baik di bidang kesusasteraan yang pernah ditulis.

Abu Tammam mengumpulkan karya ini sewaktu ia di Hamadan, di mana dia mempunyai akses kepada perpustakaan istimewa. Ada sepuluh buku puisi di Hamasah, dan digolongkan dalam beberapa subyek. Beberapa dari mereka adalah seleksi dari puisi panjang. Karya ini adalah salah satu perbendaharaan awal bahasa Arab dalam puisi, dan puisi kecantikan yang luarbiasa.