al-Biruni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Abu Raihan al-Biruni)

Infobox orangAl-Biruni
Nama dalam bahasa asli(fa) ابو ریحان بیرونی
Biografi
Kelahiran4 September 973
Kath (en)
Kematian9 Desember 1048 (75 tahun)
Ghazni
Data pribadi
AgamaIslam
Kegiatan
SpesialisasiFisika, matematika, astronomi, ilmu alam, sejarah, Kronologi, laborer (en), Indologi, ilmu kebumian, geografi, filsafat, Kartografi, antropologi, astrologi, kimia, kedokteran, psikologi, teologi, farmakologi, Sejarah agama dan Mineralogi
PekerjaanFilsuf, kimiawan, ahli geografi, polimatik, matematikawan, kartografer, astronom, penerjemah, antropolog, fisikawan, astrologer (en), sejarawan, ahli bahasa, indologist (en), penulis, apoteker, humanist (en) dan ahli botani
PeriodeZaman Kejayaan Islam
Murid dariAbu Nashr Mansur
Karya kreatif

Abu Raihan Muhammad bin Ahmad al-Biruni (juga, Abu Raihan al-Biruni Biruni, al-Biruni) (4 September 973 – 13 Desember 1048) (bahasa Persia: ابوریحان محمد بن احمد بیرونی ; bahasa Arab: أبو الريحان محمد بن أحمد البيروني) merupakan matematikawan Persia, astronom, fisikawan, sarjana, penulis ensiklopedia, filsuf, pengembara, sejarawan, ahli geografi, ahli farmasi dan guru, yang banyak menyumbang kepada bidang matematika, filsafat, obat-obatan.

Al-Biruni dilahirkan di Khawarazmi, Turkmenistan atau Khiva di kawasan Danau Aral di Asia Tengah yang pada masa itu terletak dalam kekaisaran Persia. Dia belajar matematika dan pengkajian bintang dari Abu Nashr Mansur.

Al-Biruni merupakan teman filusuf dan ahli obat-obatan Abu Ali Al-Hussain bin Abdullah bin Sina/Ibnu Sina, sejarawan, filsuf, dan pakar etik Ibnu Miskawaih, di universitas dan pusat sains yang didirikan oleh putera Abu Al Abbas Ma'mun Khawarazmshah. Abu Raihan Al-Biruni juga mengembara ke India dengan Mahmud dari Ghazni dan menemani dia dalam ketenteraannya di sana, mempelajari bahasa, falsafah dan agama mereka dan menulis buku mengenainya. Dia juga menguasai beberapa bahasa diantaranya bahasa Yunani, bahasa Suriah, dan bahasa Berber, bahasa Sanskerta.

Karya[sunting | sunting sumber]

Al-Biruni menulis banyak buku dalam bahasa Persia (bahasa ibunya) dan bahasa Arab.

Berikut karya-karya Al-Biruni ialah:

  • Ketika berusia 17 tahun, dia meneliti garis lintang bagi Kath, Khwarazm, dengan menggunakan altitude maksima matahari.
  • Ketika berusia 22 tahun, dia menulis beberapa hasil kerja ringkas, termasuk kajian proyeksi peta, "Kartografi", yang termasuk metodologi untuk membuat proyeksi belahan bumi pada bidang datar.
  • Ketika berusia 27 tahun, dia telah menulis buku berjudul "Kronologi" yang merujuk kepada hasil kerja lain yang dihasilkan oleh dia (sekarang tiada lagi) termasuk sebuah buku tentang astrolab, sebuah buku tentang sistem desimal, 4 buku tentang pengkajian bintang, dan 2 buku tentang sejarah.
  • Dia membuat penelitian mengenai jari-jari Bumi senilai 6.339,6 kilometer (hasil ini diulang di Barat pada abad ke 16).

Hasil karya Al-Biruni melebihi 120 buah buku.

Sumbangannya pada bidang matematika yakni:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]