Abraham Cresques

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sepenggal Atlas Catalunya karya Cresques Abraham dan putranya, Jehuda Cresques

Abraham Cresques (Bahasa Katalan: [əβɾəˈam ˈkɾeskəs], 1325–1387), yang nama aslinya Cresques (putra dari) Abraham, adalah kartografer Yahudi abad ke-14 dari Palma, Majorca (saat itu bagian dari Kerajaan Aragon). Bersama putranya, Jehuda Cresques, Cresques tercatat sebagai perancang Atlas Catalunya tahun 1375.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Cresques adalah seorang Yahudi Majorca. Ia merupakan perancang peta ulung dan pembuat jam, kompas, dan instrumen navigasi lainnya. Ia adalah anggota aliran kartografi Majorca yang cukup berpengaruh.

Nama asli Abraham Cresques adalah Eliça (a.k.a. Cresques) putra dari Rabbi Abraham, putra dari Rabbi Benaviste, putra dari Rabbi Eliça. Eliça menjadi nama yang diterimanya setelah ia beranjak dewasa, tetapi lebih dikenal dengan nama Cresques, putra Abraham (Cresques adalah nama pribadinya, Eliça adalah nama tradisinya, Abraham adalah patronim), tetapi urutannya sering terbalik di sejumlah literatur modern. Putranya, Jehuda Cresques, juga merupakan kartografer ternama.

Atlas Catalunya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1375, Cresques dan putraya, Jehuda, mendapat tugas dari Pangeran John dari Aragon (kelak menjadi Raja John I dari Aragon) untuk membuat serangkaian peta laut yang melampaui jangkauan geografis normal peta portolan biasa dan mencakup "Timur dan Barat, dan semuanya dari Selat [Gibraltar] hingga Barat". Untuk tugas ini, Cresques dan Jehuda masing-masing dibayar 150 florin emas Aragon dan 60 pound Mallorca sesuai yang tercantum dalam dokumen abad ke-14 milik pangeran dan ayahnya, Peter IV dari Aragon. Pangeran John hendak menghadiahkan peta tersebut kepada sepupunya, Charles (kelak menjadi Charles VI, Raja Perancis). Pada tahun yang sama, Cresques dan Jehuda menggambar enam peta yang membentuk Atlas Catalunya di rumah mereka di Palma, distrik khusus Yahudi.

Karya[sunting | sunting sumber]

Atlas Catalunya sekitar tahun 1375 adalah satu-satunya peta yang dipastikan sebagai karya Cresques Abraham. Para peneliti telah menduga ada lima peta lain yang bisa jadi dibuat oleh Cresques, Jehuda, atau pekerja lain di atelier Cresques.[1] Seperti Atlas Catalunya itu sendiri, kelima peta ini (empat peta portolan, satu fragmen mappa mundi) tidak bertanda dan bertanggal. Tahun pembuatannya diperkirakan antara 1375 dan 1400.

Menurut Campbell, dari empat peta portolan yang berasal dari atelier Cresques, peta Napoli dan Paris tampak lebih dekoratif ketimbang dua lainnya. Peta Paris (c. 1400) memiliki fitur-fitur yang serupa dengan Atlas Catalunya (c. 1375).[2] Akan tetapi, dugaan buatan atelier Cresques bersifat tentatif. Campbell menulis, "Sudah jelas bahwa kelompok peta ini saling terkait. Namun dari analisis warnanya sendiri, sulit untuk mendapatkan bukti yang menguatkan bahwa keempat peta ini dihasilkan secara teliti di atelier yang sama."[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pujades (2007: p.63), Campbell (2011)
  2. ^ a b Campbell (2011)
  • Campbell, T. (2011) "Anonymous works and the question of their attribution to individual chartmakers or to their supposed workshops", online
  • Pujades i Bataller, Ramon J. (2007) Les cartes portolanes: la representació medieval d'una mar solcada. Barcelona.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Images of the whole Catalan Atlas Bibliothèque Nationale de France, accessed 2008-03-14
  • www.cresquesproject.net --Translation in English of the works of Riera i Sans and Gabriel Llompart on the Jewish Majorcan mapmakers of the Late Middle Ages. They include very complete biographies of Cresques Abraham and his son Jafudà Cresques.