Abdul Ghani Othman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Y.A.B Datuk Haji Abdul Ghani Othman(lahir 14 November 1946), merupakan Menteri Besar Johor.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ia dilahirkan di Sungai Mati, Muar, Johor. Ia mendapat pendidikan awal di Sekolah Laki-laki Tangkak dan kemudian melanjutkan pengajian di Sekolah Tingi Muar (High School Muar). Kemudian beliau menyambung pelajaran ijazah sarjana muda dalam bidang ekonomi di Universitas Australia dan sarjana dalam bidang ekonomi politik dari Universitas Queensland. Sekembalinya ke Malaysia, ia menjadi pensyarah di Fakultas Ekonomi di Universiti Malaya (1974-1984) dan seterusnya dilantik sebagai Dekan Fakultas Ekonomas & Adminisytasi Universitas Malaya (1980-1982).

Politik[sunting | sunting sumber]

Karier politiknya mula berkembang apabila dilantik menjadi Anggota Dewan Negara pada Desember 1984 hingga Juli 1986 dan setelah itu, ia telah dipilih menjadi Angoota Parlemen Ledang pada Agustus 1986. Pada Mei 1987 hingga November 1990, ia telah dilantik menjadi Wakil Menteri Tenaga, Telekom dan Pos dan kemudiannya menjadi Wakil Menteri Keuangan mulai November 1990 hingga 30 November 1993.

Setelah itu, ia dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga mulai 1 Desember 1993 hingga Maret 1995 dan mendapat julukan sebagai 'Bapa Rakan Muda' karena berhasil memperkenalkan program Rakan Muda yang mendatangkan manfaat kepada golongan remaja dan pemuda. Pada 3 Mei 1995, layanan bakti Abdul Ghani mulai ditagih oleh rakyat Johor dan ia bertanding di peringkat DUN Serom setelah lebih 10 tahun bertugas di peringkat Pusat.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Abdul Ghani yang menikah dengan Datin Paduka Prof. Dr. Jamilah Arifin dikaruniai dua orang anak.

Anugerah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1989, ia dikaruniai pingat Seri Mahkota Johor (SMJ) oleh Baginda Sultan Johor. Pada tahun 1996 dikurniakan pingat DK(II) oleh Sultan Johor. Ia pernah menerima anugerah dari Timesport sebagai Sport Toto Man of The Year Award pada 1994.

Jabatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Tan Sri Muhyiddin Yassin
Menteri Besar Johor
1995-1999
Diteruskan oleh:
masih menjabat