Abbokongeng, Kulo, Sidenreng Rappang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Abbokongeng
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Sulawesi Selatan
Kabupaten Sidenreng Rappang
Kecamatan Kulo
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Abbokongeng adalah salah satu desa di kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sebelah selatan desa ini berbatasan desa tonrong yang merupakan wilayah kecamatan Baranti, sebalah Utara berbatasan desa jampu sebelah barat batas Pinrang Penduduk asli daerah ini adalah suku Bugis yang ta'at beribadah dan memegang teguh tradisi saling menghormati dan tolong-menolong. Didesa ini dapat dengan mudah ditemui bangunan masjid yang besar dan permanen (al mubaraq).dan merupakan salah satu mesjid yang mewa di kecamatan kulo ini.

Topografi

Desa Abbokongang ini terletak pada ketinggian antara 10 m – 1500 m dari permukaan laut. Keadaan Topografi wilayah di desa ini berupa wilayah datar.

Perekonomian

Desa Abbokongan merupakan salah satu desa penghasil beras di Sulawesi Selatan. Hal ini terutama didukung oleh jaringan irigasi teknis yang mampu mengairi sawah sepanjang tahun.

Selain penghasil utama beras , desa ini juga merupakan penghasil utama telur ayam dan telur itik. Komoditas pertanian lainnya adalah kakao. Sebagian besar bisnis disini dijalankan oleh individu dan group di rumah mereka sendiri.

wisata

Jika anda mengunjungi desa ini anda akan menyaksikan Bentuk khas rumah bugis yang banyak dilengkapai peralatan pertanian, kadang terlihat sawah yang terdapat dibelakang rumah penduduk

Transportasi

Desa Abbokongang berjarak ± 12 km dari kota Rappang dan terletak di persimpangan antara jalur kulo terus ke Enrekang dan pinrang. Untuk menelusuri Desa ini bisa menggunakan kendaraan Roda Empat dan Roda dua. Referensi