Abbalove Ministries

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Abbalove Ministries
Gereja Yesus Kristus Tuhan

Logo Abbalove Ministries

Para Penatua 2007 - Hammond, Jeff
- Kosasih, Sumarno
- Leo, Eddy
- Sutedja, Sofjan
- Widjaja, Seno
- Winarno, Lukas
Lokasi - Jabodetabek
- Bali
- Lombok

Abbalove Ministries atau Gereja Yesus Kristus Tuhan merupakan sebuah sinode gereja Kristen Protestan yang berbadan hukum di Indonesia dan berpusat di Jakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pelayanan Abbalove Ministries berawal dari sebuah persekutuan kecil yang dipimpin oleh Sofjan Sutedja, pada sekitar awal tahun 1980. Kemudian Samiton Pangellah dan Eddy Leo bergabung bersama di dalam persekutuan tersebut.

Dari pelayanan yang kecil ini, lahir pelayanan lainnya, seperti perpustakaan, vocal group, dan kelompok tumbuh bersama. Pelayanan misi mulai dilakukan ke Tangerang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Palembang dan Medan. Kepemimpinan mulai terbentuk ketika mereka mempelajarinya dari kepemimpinan gereja-gereja lain. Pada tahun 1983, lewat seminar Jeff Hammond, seorang hamba Tuhan asal Australia, Samiton mendapatkan pengertian tentang visi kesatuan tubuh Kristus, gereja sekota dan kepenatuaan majemuk.

Pada tahun 1986, tiga serangkai yakni Sofjan Sutedja, Samiton Pangellah dan Eddy Leo ditetapkan sebagai pemimpin di jemaat ini. Selama tujuh tahun berikutnya terjadi pertumbuhan jemaat di dalam berbagai hal seperti pengajaran, nilai kejemaatan, kepemimpinan, struktur dan infrastruktur pelayanan dan pekerjaan misi.

Pada tahun 1988, jemaat ini mulai menggunakan gedung di kompleks Speed Plaza sebagai tempat ibadah dan sentra pelayanan. Jemaat ini kemudian didaftarkan pada Departemen Agama dengan nama Gereja Yesus Kristus Tuhan dan Yayasan Pelayanan Bersama Indonesia.

"Gereja Yesus Kristus Tuhan" mempunyai pilar-pilar pelayanan berupa pembinaan dan pemuridan yang berkesinambungan, kehidupan berjemaat, pemulihan hati Bapa, pengaktivasian karunia-karunia Roh Kudus, pelayanan lima jawatan, karunia-karunia motivasi, peperangan rohani, dan pujian penyembahan. Selain itu ada pelayanan-pelayanan yang bersifat umum seperti penggembalaan, misi, dan pelayanan kelompok usia, mulai dari anak, pelajar, mahasiswa, karyawan hingga keluarga.

Hubungan yang kuat juga terwujud dengan gereja GBI Ujung Pandang & GKKD Bogor. Inilah cikal bakal lahirnya jarigan gereja Integrated Global Mission Network IGMN.

  • Pada tahun 1997, Jeff Hammond bergabung dengan jemaat ini dan diteguhkan menjadi salah satu penatua jemaat.
    Dikembangkan pula pelayanan 5 jawatan seperti departemen apostolik (pengutusan & hubungan antar-gereja), profetik (kenabian, doa & penyembahan), penginjilan (pemberitaan kabar baik), penggembalaan (kehidupan rohaniah & jasmaniah), dan edukasi (pembinaan iman & teologia).
    Beberapa yayasan dibentuk untuk mengakomodasi dan mengakselerasi kegerakan, seperti penerbit dan toko buku Metanoia, Mainstream School of Arts, Sekolah Tunas Bangsa, Sekolah Tinggi Teologi LETS dan juga pelayanan masyarakat lewat Yayasan Bina Mandiri
  • Untuk menyongsong milenium baru, maka menjelang akhir milenium lalu, para penatua memperkenalkan suatu identitas baru bagi jemaat ini, yaitu Abbalove Ministries, dengan logo baru berupa telapak tangan Yesus yang meneteskan darah sedang menjamah hati orang berdosa yang semerah kirmizi dan memperbaruinya menjadi seputih salju.

Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Pelayanan di Abbalove Ministries dapat dibagi menjadi 3 bagian:

Pelayanan Gereja Lokal[sunting | sunting sumber]

Pelayanan ini lebih berfokus kepada pertumbuhan dan pengembangan jemaat. Dengan ketiga pilar (Komunitas Sel, Sekolah Saya Pengikut Kristus dan Ibadah Raya), jemaat membangun kesaksian Kerajaan Allah di setiap area sehingga terbentuk gereja lokal menurut pola Perjanjian Baru di setiap gereja (gereja sekota).

Pelayanan Gerakan Berkati[sunting | sunting sumber]

Pelayanan ini berkaitan dengan bagaimana menjadi berkat setelah suatu gereja/jemaat diberkati Tuhan: diberkati untuk memberkati. Jemaat ini melakukan tiga gerakan untuk memberkati:

  1. Gerakan Berkati Keluarga dan Generasi: Gerakan membangun keluarga dan menyiapkan generasi baru sebagai kesaksian Kasih Bapa.
  2. Gerakan Berkati Tubuh Kristus: Gerakan memberkati Tubuh Kristus sebagai Rumah Bapa.
  3. Gerakan Berkati Kota dan Suku Bangsa: Gerakan menyejahterakan masyarakat dan menjangkau bangsa-bangsa sebagai pusaka Bapa.

Pelayanan Kemitraan[sunting | sunting sumber]

Pelayanan ini bertujuan mengakomodasi dan mengakselerasi setiap kegerakan. Melalui kemitraan, pelayanan ini dapat menjangkau bidang-bidang yang lebih luas, seperti dunia kerja (market place), hiburan (entertainment), media, musik, dan pendidikan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]