Ab initio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ab initio yang merupakan istilah latin berarti sejak semula atau dari permulaan, yang digunakan dalam beberapa konteks yang berbeda-beda

  • saat menjelaskan literatur: diceritakan sejak permulaan sebagao lawan dari in medias res (yang berarti mulai dari tengah cerita).
  • digunakan pula sebagai istilah dalam hukum dan peraturan.
  • dalam sains (khususnya kimia dan fisika): berasal dari prinsip-prinsip pertama. Suatu perhitungan dikatakan sebagai "ab initio" (atau "berasal dari pirinsip-prinsip pertama") jika perhitungan tersebut bergantung pada hukum-hukum alam dasar dan juga yang telah mapan (established) tanpa tambahan asumsi-asumsi atau model abstrak khusus sebagai pendekatan. Masukan yang berasal dari eksperimen bagi perhitungan ab initio dibatasi hanya dalam menentukan nilai-nilai konstanta fisis mendasar.
  • dalam penerbangan (aviasi): tingkatan paling dasar dari pelatihan terbang.
  • sebagai bagian dari kualifikasi berkaitan dengan pendidikan (edukasi), sebagai contoh International Baccalaureate, bahasa asing dapat diambil sebagai ab initio - bagi para pemula.
  • dalam ETL (Extract, Transform, Load): Ab Initio adalah sebuah alat untuk memanipulasi data.

Kimia kuantum[sunting | sunting sumber]

Dalam kimia kuantum, ab initio adalah salah satu metode perhitungan kimia komputasi. Metode ini mempunyai akurasi paling tinggi dibanding metode lainnya, namun sebagai konsekwensinya dari pencapaian ketelitian yang tinggi dari metode ab initio ini, diperlukan waktu operasi yang lama sehingga hanya mungkin diterapkan pada molekul-molekul kecil.

Metode perhitungan mekanika kuantum ab initio merupakan salah satu metode perhitungan kimia selain metode mekanika kuantum semi empiris atau pun metode mekanika molekuler. Keunggulan dari metode ab initio ini adalah ia dikembangkan sebagai sebuah konsep yang bersifat umum yang dapat menjelaskan tentang “kimia model”. Kimia model teoritis terdiri dari suatu metode HF, MP2, dan lain-lain dan himpunan basis set.