AZCA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
AZCA dari Paseo de la Castellana.
Torre BBVA

AZCA merupakan akronim dari Asociación Mixta de Compensación de la Manzana A de la Zona Comercial de la Avenida del Generalísimo ("Asosiasi Campuran untuk Kompensasi Blok A Wilayah Perdagangan di Jalan Generalissimo"; jalan itu kemudian dinamai Paseo de la Castellana), di Madrid (Spanyol).

Merupakan distrik keuangan di pusat kota Madrid antara jalan Raimundo Fernández Villaverde, Orense, General Perón dan paseo de la Castellana. Konsep aslinya (dan namanya) berasal dari "Plan General de Ordenación Urbana de Madrid", disetujui tahun 1946. Tujuan rencana ini adalah membentuk blok bangunan perkantoran modern dengan hubungan angkutan cepat dan kereta api di wilayah perluasan di utara Madrid, di depan stadion Real Madrid (dinamai Stadion Santiago Bernabéu) dan di samping komplek peemrintahan Nuevos Ministerios. Sebuah taman botanik, perpustakaan dan gedung opera juga dimasukkan dalam rencana, tetapi tidak pernah dibangun.

Pembangunan dimulai tahun 1970-an setelah banyak penundaan. Sekarang beberapa pencakar langit Madrid tertinggi dan terindah terletak di sini. Yang paling penting adalah:

Bulan Februari 2005, Windsor Tower (106 meter) runtuh karena kebakaran.[1]

Selama malam akhir pekan, tingkat bawah tanah menarik penonton Latin ke disko tetapi mereka juga memiliki reputasi terhadap kejahatan gang.[2]

Tahun 2007, sebuah wilayah pencakar langit baru dibangun di utara sepanjang Castellana, di jalan M-30.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Windsor Tower going down" (asp). Diakses 2012-09-25. 
  2. ^ Que la violencia no vuelva a Azca, El Mundo, 7 February 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°26′57″LU,3°41′34″BB