AK-74

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
AK-74
AK-74 NTW 12 92.jpg
AK-74 dengan popor dan pegangan depan kayu laminating
Tipe Senapan serbu
Negara asal Uni Soviet
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1974
Sejarah produksi
Perancang Mikhail Kalashnikov
Tahun 1974
Varian AK-74M, AKS-74, AKS-74U, RPK-74
Spesifikasi
Berat 3,3 kg
Panjang 943 mm
Panjang laras 415 mm

Peluru 5,45 x 39 mm
Mekanisme Operasi gas, bolt berputar
Rata² tembakan 600 – 650 butir/menit
Kecepatan peluru 900 m/s
Jarak efektif 500 m
Amunisi Magazen box 30-butir
Alat bidik Bidikkan besi

AK-74 adalah senapan serbu yang merupakan modernisasi dari AKM. Senapan ini menggunakan peluru yang lebih kecil dengan kaliber 5.45 x 39 mm. pertama kali dibuat tahun 1974. Senapan ini mulai diproduksi masal pada tahun 1976. Varian terbaru senapan ini, AK-74M, adalah senapan serbu standar angkatan bersenjata Rusia sejak awal tahun 1976-an.

Garis besar[sunting | sunting sumber]

Ketika pertama kali muncul, diperkirakan senapan ini akan diproduksi secara terbatas, hanya untuk pasukan khusus. Tapi ternyata Uni Soviet memproduksi masal senapan ini untuk menggantikan senapan standar sebelumnya, yaitu AKM.

Sama seperti pendahulunya, AK-47 dan AKM, AK-74 menggunakan magazen, memiliki selektor tembakan (selective-fire), dengan kaliber peluru menengah, dan menggunakan sistem gas. Receiver stamping logam AK-74 serupa dengan AKM. Perbedaan paling jelas AK-74 dengan AKM adalah muzzle brake-nya, yang dirancang untuk semakin mengurangi tendangan. Dan produksi terbaru AK-74 memiliki railing di sisi kiri untuk pemasangan aksesori seperti bidikan optik semacam teropong PSOP-1,aimpoint cobra, dll.

Awalnya AK-74 menggunakan popor kayu yang dilaminating, tapi produksi selanjutnya, beserta varian AK-74M, menggunakan polimer hitam, yang membuat seluruh senapan berwarna hitam.

magasen AK 74 terbuat dari bakelite yaitu semacam plastik yang pada awalnya berwarna orange, lalu hitam kemerahan, dan hitam.

Pemakaian[sunting | sunting sumber]

Selain negara-negara pecahan Uni Soviet, AK-74 juga banyak dipakai oleh negara-negara lainnya, khususnya negara-negara yang sebelumnya memakai seri AK-47. Seperti AK-47, AK-74 juga diproduksi di luar Rusia secara ilegal, maupun dengan lisensi. Yugoslavia memproduksi senapan ini dengan lisensi dan diberi nama M80, senapan ini akhirnya banyak dipakai pada konflik yang terjadi di negara itu pada tahun 1990-an. Dan sekarang senapan itu masih dipakai pada negara-negara pecahan Yugoslavia. Versi semi-otomatis AK-74 juga populer dalam pemakaian oleh pemilik senjata sipil di Amerika Serikat. Selain itu, AK-74 rampasan juga banyak dipakai oleh Mujahidin, Taliban, dan Al-Qaeda di Afganistan.

Varian[sunting | sunting sumber]

Terdapat cukup banyak varian AK-74. Secara garis besar, inilah varian yang dibuat berdasarkan lisensi di Rusia:

AKS-74[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah AKS-74.
AKS-74 adalah varian AK-74 yang menggunakan popor lipat.
Seorang prajurit Angkatan Laut Rusia berlatih menggunakan AKS-74.

AKS-74 ("S" – Skladnoy (bahasa Rusia); bahasa Indonesia : Lipat) adalah varian AK-74 dengan popor lipat samping berbahan metal dengan bentuk "U" dan tidak dilengkapi dengan bantalan (pad) pada ujung popornya. Popor lipat jenis baru ini dibuat dari lembaran metal yang dicetak dan lebih unggul jika dibandingkan dengan popor AKMS yang menggunakan basis popor pistol mitraliur (sub machinegun) MP40.




AKS-74U[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah AKS-74U.
Sepasang karabin AKS-74U.

AKS-74U (U—Ukorochenniy, bahasa Indonesia : Diperpendek) adalah senapan serbu karabin (pendek) varian AKS-74 buatan Uni Soviet yang dikembangkan pada tahun 1979 oleh Izhmash.

AK-74M[sunting | sunting sumber]

AK-74 varian terbaru dengan furnitur polimer. Pada tahun 1991 pabrik Izhmash di Izhevsk memulai produksi masal dari senapan AK-74 yang sudah dimoderenisasikan menjadi AK-74M (huruf M bermakna Moderenisasi, dalam bahasa Rusia : Модернизированный yang berarti Modernizirovanniy). Senapan model baru ini mempunyai banyak keunggulan dari pendahulunya. Moncong laras diperbaharui untuk meningkatkan performa dan untuk ketahanan terhadap debu dan kotoran. Senapan ini juga dilengkapi dengan rel dibagian samping sebagai dudukan untuk alat bidik optik dan lainnya. Sedangkan di bagian popor menggunakan bahan polimer hitam dengan model popor AK-74, dan dapat dilipat seperti model popor AKS-74. Saat ini penggunaan senapan sudah dipakai secara luas di federasi Rusia.

RPK-74[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah RPK-74.

AK-74 versi senapan mesin ringan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]