ABC 2000 Today

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ABC 2000 Today
Format acara televisi menjelang milenium ketiga
Pemeran Peter Jennings
Negara Amerika Serikat
Produksi
Lokasi Times Square Studios, Manhattan, New York City (studio)
Durasi 23 jam 10 menit
Siaran
Saluran asli ABC
Periode siaran 31 Desember 1999 pukul 04.50 EST1 Januari 2000 pukul 04.00 EST


ABC 2000 Today adalah liputan ABC News menjelang milenium ketiga dari 31 Desember 1999 hingga 1 Januari 2000. Peter Jennings membawakan laporan pesta malam pergantian tahun dari berbagai kota di dunia, Tokyo, Los Angeles, Moskwa, Berlin, Paris, dan Sydney.

Acara berdurasi 23 jam 10 menit ini dibawakan Jennings dari Times Square Studios, Manhattan, New York City. ABC untuk sementara mengubah studio yang biasanya menjadi markas Good Morning America sebagai "pusat komando milenium". Sebuah meja disediakan untuk Jennings yang berdiri membawakan acara dari belakang meja hampir sepanjang acara. Studio juga dilengkapi dua sofa untuk Jennings sewaktu mewawancarai tamu, layar besar dengan peta dunia dan zona waktu, dan ruang redaksi sementara untuk staf yang memantau berita mutakhir.

Koresponden dan tamu[sunting | sunting sumber]

Dick Clark membawakan malam pergantian tahun dari Times Square, New York City seperti yang biasa dilakukannya sejak 1972 untuk Dick Clark's New Year's Rockin' Eve. Nama Dick Clark ditulis dalam kreditasi sebagai koresponden. Liputan ABC 2000 Today menggantikan acara malam tahun baru yang biasa dibawakannya.

Selama acar berlangsung, Jack Ford melaporkan dari lokasi di Times Square, dan menyampaikan detik-detik pergantian tahun bersama Dick Clark. Koresponden Charles Gibson melaporkan dari London, Diane Sawyer dari New York, Barbara Walters dari Paris, Sam Donaldson dari Pusat Komado Y2K di Washington, Cokie Roberts bersama sang ibu dan Duta Besar AS untuk Vatikan, Carole Simpson dari Chicago, Connie Chung dari Las Vegas, Deborah Roberts dari Walt Disney World, Morton Dean dari Moskwa, dan Aaron Brown sebagaipembaca narasi. Acara ini didukung oleh lebih dari 1.000 reporter, teknisi, dan staf.

Komedian Dame Edna, David Blane, dan Al Franken termasuk di antara tamu yang diundang. Musikus yang tampil di antaranya the Bee Gees, Neil Diamond, Faith Hill, Enrique Iglesias, Kenny G, Charlotte Church, Billy Joel, Bonnie Raitt, *NSYNC, James Taylor, Christina Aguilera dari studio MTV dari seberang jalan, Aerosmith, dan Phish.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Acara ini awalnya bernama ABC 2000, tapi secara resmi diganti menjadi ABC 2000 Today. Hal ini dilakukan karena ABC bekerja sama dengan stasiun televisi di 60 negara dalam menyampaikan liputan menjelang milenium ketiga. Jaringan televisi yang ikut dalam konsorsium 2000 Today di antaranya PBS, BBC, ABC Australia, TV Asahi Jepang, GMA Network Filipina, RTL Jerman, dan CBC Kanada.

Peter Jennings memandu acara hingga selesai, dan hanya istirahat selama tayangan iklan dan laporan dari koresponden lain. Setidak-tidaknya 175 juta penduduk Amerika Serikat menonton sebagian acara ABC 2000 Today. Acara ini memenangi Penghargaan Peabody.[1]

Musik tema ABC 2000 Today berasal dari musik pertunjukan kembang api IllumiNations: Reflections of Earth di Epcot, Walt Disney World Resort, Florida. Komponisnya bernama Gavin Greenaway yang memenangi Penghargaan Emmy untuk karyanya ini. Musik tema yang sama juga dipakai untuk liputan Pemilu Presiden tahun 2000, ABC 2000: The Vote yang juga ditayangkan dari Times Square Studios.

Kesuksesan ABC 2000 Today dilanjutkan dengan acara malam tahun baru ABC 2002, 31 Desember 2001 dari Rose Center for Earth and Space. Peter Jennings membawakan dari Rose Center for Earth and Space di Museum Sejarah Alam Amerika Serikat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Peabody Winners Include 2 New Series" (html). New York Times. Diakses 2008-11-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]