A1 Skyraider

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A1 Skyraider

A1 Skyraider adalah pesawat tempur penyerang satu tempat duduk yang dibangun oleh Douglas Aircraft Company] (setelah itu McDonnell Douglas dan kini bagian dari perusahaan Boeing ). Pesawat ini menjadi satu kejanggalan karena menjadi pesawat berkipas yang sangat sukses melakukan misi pada zaman pesawat jet.


Pesawat A1 Skyraider digunakan sebagai pesawat pengiring helikopter penyelamat, dan untuk Pesawat serang antigerilya (close air support) bagi unit-unit militer darat yang membutuhkan bantuan. Pesawat di dibuat oleh Ed Heinemann , dari perusahaan Douglas Aircraft. A1D Skyraider adalah sebuah pesawat yang lama, dapat membawa muatan perang yang banyak dan bisa melayang berjam-jam di atas area operasi untuk menunggu panggilan dari tim yang membutuhkan bantuan. A1D Skyraider dikreditkan dengan sukses menembak jatuh sebuah pesawat MiG-17 . Di penghujung Perang Vietnam, tugas A1D Skyraider diambil alih pesawat A-37 Dragonfly dan A-7 Corsair II .

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

A1 Skyraider di Kapal induk USS Kearsarge

Pesawat ini dirancang oleh desainer terkenal Ed Heinemann . Dia terkenal karena menjadi desainer pesawat A-4 Skyhawk . Heinemann membuat Skyraider sebagai satu pilihan yang lebih mudah pada desain pesawat XBTD-1. penerbangan perdana prototipe dibuat pada 18 Maret 1945. Pesawat ini memiliki mesin Wright R-3350, dan 7 stasiun persenjataan di setiap sayap, memungkinkannya membawa muatan senjata banyak.

Skyraider terlalu lambat untuk beraksi dalam Perang Dunia II , tetapi memberikan pelayanan cemerlang selama Perang Korea . Keunggulan pesawat ini adalah membawa muatan perang yang banyak dan kemampuannya melayang untuk waktu yang lama (selama 10 jam) membuatnya paling sesuai untuk memenuhi misi serangan bantuan dekat (close air support). Skyraider melalui beberapa versi dimulai dengan AD-1, dan kemudian AD-2 sebelum diganti dengan versi AD-3. Versi AD-4 memiliki mesin Wright R-3350-26WA yang lebih kuat, dan versi AD-5 memiliki dua orang pilot. Versi produksi terakhir adalah AD-7 yang menggunakan mesin Wright R-3350-26WB. Setelah konstruksi mencapai 3,180 unit, produksinya telah dihentikan pada tahun 1957. Pada tahun 1962 , pesawat ini diubah penamaannya kepada A-1 Skyraider dan digunakan selama Perang Vietnam oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan Angkatan Laut Amerika Serikat . A1D Skyraider mengilhamkan pesawat A-10 Thunderbolt II yang dirancang sebagai pesawat khusus serangan bantuan dekat untuk misi tempur di teater Eropa

Pengguna[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]