U.S. Arezzo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari A.C. Arezzo)
Arezzo
Logo USD Arezzo
Nama lengkapUnione Sportiva Dilettantistica
Arezzo
JulukanAmaranto (Merah Tua)
Berdiri1923
(didirikan ulang 2010)
StadionStadion Città di Arezzo,
Arezzo, Italia
(Kapasitas: 13.128)
KetuaMauro Ferretti
ManajerDavide Mezzanotti
LigaSerie D/E
2012–13Seri D/E, ke-9
Kostum kandang
Kostum tandang

Unione Sportiva Arezzo (dahulu bernama Associazione Sportiva Dilettantistica Atletico Arezzo/Associazione Calcio Arezzo) adalah klub sepak bola Italia yang bermarkas di kota Arezzo, regional Toscana. Seragamnya berwarna merah marun.

Arezzo didirikan oleh sekelompok pemuda yang menjalin pertemanan, dan mengidolakan Juventus F.C. pada 10 September 1923 dengan nama Juventus FC Arezzo (Sebagai bentuk penghargaan untuk Juventus F.C. Turin. Kota Arezzo memang terkenal sebagai basis utama pendukung fanatik Juventus. Hal ini menjadi alasan mengapa suporter S.S. Lazio terlibat bentrok di kota Arezzo, tetapi bukan dengan pendukung AC Arezzo, melainkan pendukung Juventus F.C. pada November 2007, yang menyebabkan salah seorang pendukung, Gabriele Sandri, tewas ketika hendak menuju Milano untuk menonton pertandingan Lazio melawan Internazionale Milano, di kota Milan.

Tahun 1930, Juventus Arezzo berubah menjadi US Arezzo setelah merger dengan klub-klub kecil lain di kota itu. Arezzo pailit pada 1988, dan muncullah klub pengganti bernama AC Arezzo, yang dipimpin oleh mantan pemain bintang Arezzo, Ciccio Graziani.

Referensi[sunting | sunting sumber]