7 Kurcaci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
7 Kurcaci
Latar belakang
Lahir 1998
Bendera Indonesia Bandung, Jawa Barat
Jenis Musik Rap, Rock, Punk
Tahun aktif 2000 - sekarang
Perusahaan rekaman Indie Label (2008-sekarang)
Musica Studios (2000-2008)
Anggota
Munkee (vokal)
DJ Slide (DJ)
Akew (gitar)
Edwood (gitar)
Kuple (bass)
Rifki (drum)
Mantan Anggota
Resy (vokal)
DJ Cruz (DJ)
Devit (gitar)
Ryad (gitar)
Alm. Vicky (drum)
Fardinov (gitar)

7 Kurcaci adalah grup musik asal Indonesia yang berdiri pada tahun 1998. Grup musik yang sukses telah melahirkan hits-hits mereka yang tidak biasa, seperti Malam Minggu, Junkeezz, Ini Bukan Lagu Cinta, Kembali dan Lelah ini beberapa kali telah mengalami pergantian personel. Hingga saat ini, grup musik ini terdiri dari Munkee, Kuple, DJ Slide, Rifki, Akew dan Edwood. Grup musik yang telah merilis 2 album ini, rencananya akan kembali merilis album ketiganya pada tahun 2014.

Profil[sunting | sunting sumber]

1998 - 2000: Awal Terbentuk[sunting | sunting sumber]

7 Kurcaci adalah grup musik yang terbentuk dari 7 anak muda yang terdiri dari Munkee, Resy, DJ Cruz, Devit, Ryad, Vicky, Kuple. Sehingga mereka memberi nama band ini 7 Kurcaci pada tanggal 11 Oktober 1998. Akhirnya mereka pun menandatangani kontrak rekaman dengan Musica Studios.

Album pertama mereka diberi nama 7Kurcaci pada tahun 2000 yang melahirkan single Malam Minggu & Junkeezz. Single Malam Minggu sendiri telah mendominasi musik indonesia pada saat itu yang dimana grup ini pertama kalinya membawakan musik rock dengan bersentuhan rap. Sehingga nama 7Kurcaci pun cepat dikenal oleh pendengar musik indonesia.

2000 - 2003: Masa Vakum[sunting | sunting sumber]

Setelah album pertama dirilis, grup musik ini vakum. Karena beberapa personel sibuk dengan proyeknya masing-masing. Namun tepat pada tahun 2002, 3 personel Resy, Devit, DJ Cruz mengundurkan diri dikarenakan kesibukan masing-masing personel yang begitu berat. Sehingga grup musik ini menyisakan Munkee, Ryad, Kuple, dan Vicky.

2003 - 2006: Album Kedua, Masa Vakum[sunting | sunting sumber]

Grup musik ini pun kembali mengerjakan album keduanya yang masih berada dibawah naungan Musica Studios. Akhirnya 7 Kurcaci melempar album keduanya kepasaran di beri nama 2 Da Beat pada Oktober 2003. Album ini melahirkan single Ini Bukan Lagu Cinta, 'Kembali dan Lelah. Ketiga single ini telah mendominasi beberapa radio & televisi yang kebetulan digarap video klipnya pada tahun 2004.

Namun grup musik ini kembali vakum dikarenakan kesibukan personel. Karena kevakuman yang cukup lama, membuat Ryad pun hengkang.

2008 - 2012: Single Bebas[sunting | sunting sumber]

Grup musik ini pun mendapatkan pengganti Ryad & Vicky, yaitu Edwood & Rifki. Dengan kehadiran 2 personel baru, 7 Kurcaci siap kembali dengan karya terbarunya. Namun kali ini, 7 Kurcaci kembali dengan single Bebas yang dirilis pada tahun 2008. Single ini pun juga mendapatkan komentar yang positif dari para pendengarnya. Dengan sentuhan additional DJ, grup musik ini lebih produktif dalam memainkan lagu tersebut. Namun kali ini, single Bebas sudah tidak dirilis dengan label lama mereka, Musica Studios. Melainkan dengan Label Indie.

Namun pada tahun 2010, mantan drummernya, Vicky meninggal dunia akibat Kanker Paru - Paru yang dideritanya.

Dan pada tahun 2012, grup musik ini mengangkat additonal DJ, DJ Slide menjadi personel tetap menggantikan DJ Cruz yang sudah hengkang pada tahun 2002.

2013: Single Berakhir Dengan Senyuman[sunting | sunting sumber]

7 Kurcaci siap kembali dengan single terbarunya yaitu Berakhir Dengan Senyuman pada Maret 2013. Rencananya single ini akan dirilis setelah proses pembuatan album ketiga nanti, dan menjadi salah satu single untuk album tersebut bersama dengan Bebas yang telah dirilis sebelumnya.

Beberapa bulan setelah rilis single Berakhir Dengan Senyuman, Fardinov memutuskan untuk keluar dari 7 Kurcaci karena adanya perbedaan visi dengan anggota lainnya & rekaman dari album baru 7 Kurcaci sempat ditunda. Namun setelah Fardinov keluar, Akew & Edwood menjadi gitaris baru 7 Kurcaci menggantikan Fardinov & proses rekaman dari 7 Kurcaci di lanjutkan dan telah selesai pada Desember 2013 dan siap dirilis pada Februari 2014.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio
Single lagu
  • Single Bebas (2008)
  • Single Berakhir Dengan Senyumman (2013)

Pranalar Luar[sunting | sunting sumber]